Jarang Diketahui, Ini Beda Blender dan Food Processor

0
1491
Kris Food Processor - Putih
Kris Food Processor - Putih

Beberapa alat masak elektronik memang punya bentuk yang sama, tetapi beda fungsi. Selain microwave dan oven, ada lagi peralatan dapur minimalis yang sekilas terlihat mirip, yaitu blender dan food processor.   

Baik blender ataupun food processor memang sama-sama bisa digunakan untuk menghaluskan dan mencampurkan bahan makanan. Namun, jenis makanan yang bisa diolah juga berbeda lho, Ruppers. 

Ruparupa Banner

Apa itu Blender? 

Blender adalah alat elektronik yang digunakan untuk mencampur bahan padat dengan cair, seperti membuat jus dan smoothies. Sama seperti food processor, blender terdiri dari empat bagian, yaitu alas, wadah, mata pisau, hingga penutup. 

Philips Food Processor Hr7310 - Putih
Philips Food Processor Hr7310 – Putih

Namun, blender hanya bisa digunakan untuk mengolah makanan yang mengandung cairan, baik yang encer ataupun kental. Alat ini tidak bisa bergerak jika mengolah bahan makanan kering dan keras. Namun, kamu tidak dapat mengisi blender hingga terlalu penuh, ya. 

Hal tersebut dapat membuatnya kesulitan bergerak dan tidak mampu mengolah bahan makanan. Jadi, lebih baik isi wadah blender hanya ¾ bagian saja.

Berikut ini beberapa rekomendasi blender yang bisa kamu beli. 

Philips 2 Ltr Blender Kaca Hr2222/30
Philips 2 Ltr Blender Kaca Hr2222/30

Beli di sini

Kels Set 3 Pcs Belle Blender
Kels Set 3 Pcs Belle Blender

Beli di sini

Apa itu Food Processor

Food processor adalah alat elektronik multifungsi yang bisa membantu kamu menyiapkan berbagai jenis bahan makanan dengan mudah.

Jadi, kamu bisa masak dengan lebih efektif dan efisien, mulai dari memotong, menghancurkan, menghaluskan, hingga mencampur adonan. 

Baca Juga:   Tips Pemilihan Panci Sebagai Peralatan Dapur Terbaik

Philips Food Processor Hr731000 - Putih

Biasanya, food processor terdiri dari empat bagian utama, yaitu wadah, alas, mata pisau, hingga penutup. Food processor juga dilengkapi dengan corong tinggi. Jadi, saat alat sedang berkerja, kamu tetap bisa menambahkan bahan makanan ke dalamnya.

Fitur lain dari food processor adalah memiliki pengaturan kecepatan menyesuaikan jenis makanan yang ingin diolah.  Nah, alat elektronik ini bisa digunakan untuk menghaluskan makanan kering. Jadi, kamu tidak perlu menambahkan air ke dalamnya.

Ini dia beberapa rekomendasi food processor terbaik yang bisa kamu beli. 

Kels Set 6 Pcs Campbell Food Processor untuk kuah bakso
Kels Set 6 Pcs Campbell Food Processor

Beli di sini

Kris Food Processor - Putih
Kris Food Processor – Putih

Beli di sini

Lalu, Apa Beda Blender dan Food Processor?

Nah, daripada salah menggunakannya, langsung saja simak perbedaan blender dan food processor berikut ini.

1. Mata Pisau

Biasanya, blender hanya memiliki satu mata pisau pada bagian bawah wadahnya dan tidak dapat diganti-ganti. Mata pisau ini dapat membantu menghaluskan, mencairkan bahan makanan, hingga menghancurkan es batu. 

Sedangkan food processor memiliki banyak mata pisau yang berbeda, seperti untuk menghaluskan, memotong, mencampur, hingga menguleni bahan makanan dalam wadah.

2. Wadah

Blender memiliki wadah yang tinggi untuk membantu menampung bahan cair dan padat dengan baik. Bentuk dan ketinggiannya ini dapat membantu menjaga bahan makanan agar tidak ada cipratan yang keluar dari wadah saat diolah. 

Biasanya, wadah blender dilengkapi dengan satu gagang dan pada bagian bibirnya terdapat sedikit sudut kecil untuk membantu menuangkan bahan makanan yang sudah diolah. 

Baca Juga:   6 Jenis Alat Masak Food Grade yang Aman Digunakan

Sedangkan food processor memiliki wadah yang bentuknya lebih besar dan lebar. Tujuannya adalah untuk memberi lebih banyak ruang bagi alat saat mengolah makanan yang besar dan keras, seperti ubi, mentimun, dan lain-lain. 

3. Jenis makanan

Dari segi jenis makanan, blender hanya dapat mengolah bahan yang mengandung cairan. Namun, kamu tetap bisa menghancurkan bahan makanan yang padat, tetapi pastikan untuk menambahkan ¼ air ke dalam wadahnya. 

Sedangkan food processor lebih multifungsi. Kamu bisa mengolah bahan makanan kering hingga kental, tapi tidak terlalu cair ya, Ruppers. 

Lalu, mana yang sebenarnya kamu butuhkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa melihat kembali keperluan kamu di dapur.

Kalau kamu lebih suka peralatan yang praktis, multifungsi, dan dapat meningkatkan efisiensi dapur, gunakan food processor. Namun, kalau lebih sering membuat sup, smoothies, atau jus, kamu bisa memilih blender. 

Jadi, mana yang sudah kamu punya di rumah food processor atau blender? Atau kamu memiliki keduanya? 

TEmukan food proseccor dan blender dengan harga terjangkau klik di sini

Selain rekomendasi produk di atas, kamu juga bisa menemukan berbagai alat elektronik dapur berkualitas di ruparupa.com, lho.

Situs belanja online ini juga menyediakan perlengkapan dapur dan perabot rumah tangga dari merek ternama, seperti Informa, ACE, dan lain-lain. 

Yuk, temukan alat masak terbaik buat di rumah kamu. Makanan yang lezat dan sehat #BerawalDariRumah.