13 Penyekat Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

0
129
Sumber: houzz.in/Designed by Ar Chandrashekhar Kanetkar

Rumah dengan konsep terbuka memang terasa luas dan menyenangkan. Namun, dengan memberikan penyekat antara ruang tamu dan keluarga akan membuat ruangan terkesan lebih rapi. Alih-alih merenovasi rumah, kamu nggak harus memberikan batasan tembok untuk memisahkan ruangan tersebut. Melainkan, kamu dapat mencoba alternatif teknik lain dengan menggunakan sekat ruangan yang fleksibel dan dapat kamu ubah sewaktu-waktu bila ingin mengganti model ruangan.

Penyekat Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Pemilihan sekat ruang bukan cuma memberikan nilai fungsional tetap juga akan memengaruhi hasil akhir visualisasi dari ruangan. Tidak mengherankan lagi bila kebanyakan orang yang dengan sengaja merancang sekat ruangan dengan material khusus dan mahal seperti kayu, kaca, besi, dan lain sebagainya. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kamu juga dapat mewujudkan tampilan sekat ruangan yang estetik dengan biaya yang hemat dan terjangkau. Berikut ini merupakan sejumlah inspirasi desain sekat ruangan yang dapat kamu coba.

Kreasikan sekat menjadi beragam bentuk unik

Penyekat ruangan kayu
Sumber: maxhouzez.com/youtube @vkshomedecor

Dengan menggunakan sedikit kreativitas, material kayu dapat menjadi beragam model desain sekat ruangan yang cantik dan multifungsi. Salah satu cara mudah dan praktis yakni dengan menghadirkan sekat ruangan berbahan kayu yang dimodifikasi menjadi garis hingga bentuk pohon abstrak yang unik. Selain ketahanannya yang kokoh, penggunaan material kayu juga dapat memberikan kesan natural pada ruangan. Namun, kamu juga dapat memberikan warna tambahan sesuai keinginanmu jika tekstur dan warna kayu dirasa kurang serasi dengan tampilan interior ruanganmu.

Rak kabinet minimalis

Sumber: decoist.com

Bukan hanya sekedar penyekat ruangan, melainkan kamu bisa mengubahnya menjadi rak kabinet ataupun lemari multifungsi yang cantik. Mulai dari tempat rak buku, pajangan kesukaanmu, hingga menjadi rak televisi. Mengangkat konsep minimalis dengan elemen warna putih mampu membantu menggambarkan eksan elegan kepada pemilik rumah. Hanya saja resiko untuk membersihkan area rumah menjadi lebih besar karena rentan terlihat jelas bila kotor. Namun, jika kamu telaten dalam membersihkan area tersebut, tentu saja ini bukanlah masalah yang besar.

Penggunaan plat yang memanjang

Sumber: maxhouzez.com/youtube @vkshomedecor

Plat yang memanjang hingga langit-langit memang memiliki keunikan visual yang menarik. Rak seperti ini sangat cocok ditempatkan sebagai sekat antar ruangan. Jika kamu akan meletakkannya pada lokasi yang berdekatan, maka kamu dapat melakukan variasi model diantara keduanya. Inspirasi penyekat ruangan ini menggunakan warna kayu dan tekstur alami dari kayu. Kesan natural dari perpaduan warna gelap dan terang ini memberikan tampilan ruangan menjadi tidak monoton. Tunggu apalagi? Yuk, coba aplikasikan partisi seperti ini di rumahmu agar semakin terlihat menarik.

Tanaman gantung sebagai penyekat ruang tamu

Sumber: livspace.com

Tidak hanya berfungsi sebagai penyekat, melainkan furnitur ini juga memiliki fungsi lain seperti tempat gantung tanaman yang dapat mempercantik tampilan ruangan. Elaborasi warna kayu pada furnitur rumah, ditambah dengan dekorasi elemen alam dari tanaman, dijamin akan membuat kamu semakin nyaman menikmati nuansa alam yang adem dipandang. Selain itu, penggunaan elemen kayu dan tanaman juga membantu menyerap hawa panas dari dalam rumah.

Susun sejajar pot bunga

Sumber: pinterest.com/picrevise.net

Berikan sedikit sentuhan dekorasi tanaman hidup untuk menambahkan kesan natural alami di dalam rumah. Misalnya dengan manambahkan vas tanaman kecil yang dirangkai membentuk pola horizontal pada rangka kayu. Untuk pemilihan tanamanya sendiri, kamu dapat memilih tanaman asli atau artifisial sesuai seleramu. Namun, jika penggunaan tanaman asli, pastikan kamu memilih tanaman kering yang dapat awet pada ruangan tertutup dan minim air.

Sekat rangka besi dan kaca

penyekat ruang tamu besi
Sumber: youtube.com/@vkshomedecor

Tidak melulu tembok dan kayu, kini kamu juga bisa berkreativitas menggunakan material dari rangka-rangka besi dengan tambahan dekorasi cermin. Selain memiliki tampilan yang cantik,  permainan pantulan cahaya dari cermin mampu menciptakan kesan ruangan yang luas. Kemudian tampilan ini akan memberi ilusi mata yang seakan-akan tidak terdapat pembatas antar ruangan tersebut.

Penyekat ruang tamu minimalis kontemporer

Sumber: pinterest.com/@adtogroup

Permainan garis dan warna yang gelap membuat tampilan abstrak dari sekat kayu ini terlihat extraordinary. Dengan gaya ala kontemporer membuat hunian terasa berbeda dan antimainstream. Pembatas ruangan ini menggunakan model meninggi dengan penempatan yang minim pada ruangan. Umumnya, pembatas model satu ini kerap menjadi pilihan pada ruang tamu dan ruang keluarga.

Tampil mewah dengan warna emas

penyekat ruang tamu warna emas
Sumber: pinterest.com/@civilengineeringdiscoveries

Pembatas jenis ini sangat cocok bila digunakan sebagai pembeda antara ruang tamu dan ruang makan di apartemen maupun rumah berukuran besar. Penggunaan warna emas pada besi bermotif ini memberikan sentuhan kesan peralatan yang berkelas kepada sang pemilik rumah. Tampilan sekat akan terlihat semakin cantik terutama ketika permainan tata lampu di rumah memberikan pantulan cahaya pada sisi kilau besi.

Sekat rangka bambu

penyekat ruang tamu dengan bambu
Sumber: pinterest.com/scapewallpaper.com

Tambahkan kesan natural dengan penggunaan batang bambu sebagai penyekat ruangan. Alternatif yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan yang memiliki gaya natural. Hal menarik dari pembatas ini adalah kamu bisa menggunakan sistem low budget dengan mengambil batang bambu asli dari alam, kemudian baru kamu olah kembali menjadi bentuk yang kamu inginkan. Untuk pemilihannya, kamu dapat memilih batang bambu dengan diameter yang lebih besar agar kekokohannya dapat terjaga.

Kamu dapat menata batang bambu secara rapi ataupun acak dengan ukuran dan sudut kemiringan yang berbeda untuk menghadirkan beragam formasi yang dinamis. Kemudian, kamu dapat menambahkan lampu pada sisi bawah bambu untuk menampilkan pantulan cahaya dan bayangan yang dihasilkan.

Manfaatkan penggunaan jendela

penyekat ruang tamu bentuk jendela
Sumber: livspace.com

Siapa bilang jendela hanya dapat digunakan di dinding? Rupanya kamu bisa menggunakan jendela sebagai partisi ruangan juga. Perpaduan material kaca dengan kayu membentuk jendela klasik bak rumah-rumah jaman dulu. Ditambah penggunaan lantai klasik polos, membuat kesan tampilan rumah anti ribet dan cantik.

Untuk menghemat biaya, kamu dapat menyulap bingkai jendela bekas menjadi partisi minimalis pada rumahmu. Bila kamu menyukai kesan rustic minimalis, maka kamu dapat membiarkan tekstur dan warna asli dari bingkai jendela itu sendiri. Namun, bila gaya dekorasi tersebut tidak cocok dengan interior ruanganmu, jangan ragu untuk melakukan pengecatan ulang dengan warna yang sesuai keinginanmu.

Penggunaan kaca transparan

penyekat ruang tamu kaca transparan
Sumber: houzz.in/Designed by Ar Chandrashekhar Kanetkar

Penggunaan sekat ruang dengan pembatas kaca transaparan memberikan kesan ruangan yang terbuka namun tetap terdapat pembatas dari fungsi setiap ruang. Kesan modern ini akan nampak jelas dan menambah elegansi antar satu ruang dengan ruangan lain. Sebagai tambahan, kamu dapat menambah lukisan pada salah satu sisi ruangan untuk menjadi aksen pelengkap kecantikan ruangan di rumah.

Sekat rangka tanaman

Sumber: decoist.com

Terkadang penataan rumah tidak perlu selalu menggunakan materi mahal dan rumit. Misalnya seperti memanfaatkan tanaman tinggi dan merangkainya secara berjarak membuat kesan rumah menjadi menarik dan estetik. Meski memiliki kesan yang sederhana, sekat ruangan ini dapat kamu modifikasi dengan sentuhan permainan lampu pada ruangan sehingga ruangan terlihat lebih hidup.

Perpaduan gaya tradisional dan modern

penyekat ruang tamu gaya tradisional modern
Sumber: zingyhomes.com/Design Idea by Interior Designer Rohit Mitra
See more at: https://www.zingyhomes.com/latest-trends/living-room-hall-divider-design-ideas/

Siapapun pasti akan setuju bahwa kombinasi penyekat ruangan ini memiliki gaya interior yang cantik dan oriental sehingga mampu menampilkan keserasian visual yang menarik. Bentuknya yang unik dan menarik mampu mengangkat kesan mewah dengan kombinasi ukiran dan pencahayaan lampu pada ruangan. Untuk bahan dasarnya sendiri, kamu dapat menggunakan material kayu ataupun besi untuk membentuk ukiran yang menarik.

Itu dia sejumlah rekomendasi penyekat ruang tamu yang dapat kamu coba aplikasikan di rumahmu. Jika kamu sedang mencari furnitur perlengkapan rumah tangga, kamu dapat mengunjungi ruparupa.com. Selain memiliki kualitas produk yang baik, ruparupa.com juga punya banyak penawaran menarik di setiap bulannya.

Berikut merupakan sejumlah referensi produk dari ruparupa.com sebagai pelengkap dekorasi interior penyekat ruangan.