Apa Fungsi dan Kelebihan Panci Kukus?

0
152

Apakah kamu suka membuat makanan yang dikukus, seperti pepes atau dimsum? Kalau iya, maka kamu wajib memiliki alat masak praktis berupa panci kukus atau  panci steamer di dapur. 

Memang, makanan yang dikukus jauh lebih sehat daripada menu makanan lainnya yang berminyak. Soalnya, makanan satu ini mengandung kolesterol yang lebih rendah daripada makanan yang digoreng.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, kamu bisa membuat makanan yang dikukus dengan lebih mudah memakai panci steamer atau panci kukus.

Lalu, Apa Itu Panci Kukus?

Panci kukus atau panci steamer adalah alat masak yang berbentuk panci dengan dua gagang. Panci ini dilengkapi dengan lapisan dandang pengukus, baik dari satu lapis hingga empat lapis. 

Bahan panci kukusan terbuat dari material kaca, stainless steel, bambu, hingga alumunium. Namun, biasanya bahan yang paling sering digunakan adalah kaca dan stainless steel karena mudah dibersihkan.

Seiring perkembangan teknologi, ada juga jenis panci ini sudah ada yang berbentuk elektrik. Jadi, kamu bisa langsung memasak di atas panci dengan praktis, tanpa menggunakan kompor.

Selain untuk mengukus, kamu bisa menggunakan panci ini untuk membuat kue, memasak sayuran, memanaskan makanan, dan masih banyak lagi.

panci kukus
Cooking Color Set 8 Pcs Keagan Perlengkapan Masak – Putih

Fungsi Panci Kukus

Fungsi utama panci ini memang untuk membuat makanan yang dikukus, seperti pepes, dimsum, ataupun kue. Banyak orang yang mulai memilih menggunakan panci ini karena lebih praktis untuk mengurangi makanan yang berminyak.

Baca Juga:   Tips Memilih Stoples untuk Kue Kering di Rumah

Jenis panci ini dilengkapi dengan  dua bagian, satu bagian yang digunakan untuk menampung air, satu pagi berupa lapisan dandang sebagai tempat meletakkan bahan makanan.

Nah, saat membeli panci kukusan, tips yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah ukurannya.

Kalau mau memasak makanan dalam jumlah yang banyak, maka kamu bisa memilih panci yang lebih besar. Namun, kalau ingin memasak makanan yang lebih sedikit, kamu bisa menggunakan panci kukusan plate type.

Dandang plate type adalah jenis kukusan yang menyerupai piring dari bahan stainless steel dengan ukuran diameter sekitar 20 cm saja.  Biasanya, alat ini bisa dimasukkan ke dalam panci atau wajan yang tidak memiliki lapisan dandang.

Bagaimana Cara Menggunakan Panci Kukus?

Memasak makanan dengan panci kukus sebenarnya cukup mudah. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

 1. Isi air ke panci secukupnya. Namun, hindari sampai menyentuh bagian saringannya agar saat air mendidih, tidak terkena makanan yang sedang kamu masak.

2. Masukkan lapisan dandang untuk mengukus bahan makanan di atasnya.

3. Sebelum meletakkan makanan ke dalam panci kukusan, pastikan air di dalam panci telah mendidih terlebih dulu.

4. Bila sudah matang, kamu bisa memasukkan beberapa potong bahan makanan yang sudah dicuci bersih di atas lapisan dandang. Berikan jarak antara makanan tersebut agar bisa matang secara merata. 

5. Setelah itu, tutup rapat panci. Kamu bisa menggunakan kain agar uap air tidak menetes ke atas makanan.

Baca Juga:   3 Cara Menyimpan Bawang Agar Tidak Cepat Busuk

Biasanya, teknik masak dengan cara dikukus membutuhkan waktu 30-40 menit. Jadi, mungkin kamu harus memeriksa masakan kamu sesekali.

Kalau airnya sudah habis, tambahkan air panas. Hindari menggunakan air dingin karena hal tersebut bisa menurunkan temperatur air dan bisa memengaruhi masakan.

Apa Saja yang Bisa Dimasak Dengan Panci Kukus?

Panci kukus atau panci steamer sebenarnya cukup multifungsi. Kamu bisa mengukus sayuran, siomay, dimsum, ikan, sayuran, serta membuat pudding.

Untuk membuat pudding, kamu bisa memilih panci kukusan dengan bahan stainless steel dan kaca yang mudah dibersihkan dan bebas bau.

Tipsnya dalam saat membeli panci steamer adalah pastikan kamu mengetahui kebutuhan memasak di rumah. Perhatikan juga lapisan dandang yang digunakan. Supaya lebih awet, pilih lapisan dandang berbahan bambu dan stainless steel. 

Bila kamu membutuhkan panci yang lebih fleksibel dan praktis, kamu bisa memakai panci steamer elektrik yang multifungsi, seperti rekomendasi kami berikut ini.

panci kukus
Bear Panci Kukus Multifungsi – Putih

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang jenis panci steamer. 

Temukan berbagai jenis panci dengan harga terjangkau klik di sini

Situs belanja online ruparupa.com menyediakan berbagai perlengkapan dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Berikut rekomendasi jenis panci steamer yang bisa kamu beli untuk di rumah.

panci kukus
Bear Panci Kukus Multifungsi elektrik – Putih

Beli di sini

panci kukus
Cooking Color Set 2 Pcs Beatrix Panci Kukus

Beli di sini

panci kukus
Cooking Color 32 Cm Galan Panci Kukus

Beli di sini

 

panci kukus
Krischef 22 Cm Panci steaming – Hijau

Beli di sini

Cooking Color 22 Cm Orlando Panci Casserole Dengan Pengukus

Beli di sini