7 Cara Menata Ruang Kerja Di Rumah yang Nyaman

0
1503
ruang kerja di rumah

Menata ruang kerja di rumah bukanlah hal mudah. Apalagi, jika kita hanya punya tempat yang terbatas, tetapi membutuhkan lokasi strategis agar tetap produktif sepanjang hari.

Promo Furnifest

Lalu, bagaimana menciptakan ruang kerja yang terbaik? Nah, untuk menjawab pertanyaan yang mungkin ada dibenak Anda, kami punya beberapa tips menata ruangan.

Beli Furniture Disini

Cara Menata Ruang Kerja di Rumah agar Produktif

Ruang kerja di rumah

1. Temukan tempat terbaik

Untuk memiliki ruang kantor yang nyaman, pastikan Anda menggunakan ruangan yang memiliki lokasi terbaik di rumah. Misalnya, dekat dengan dapur atau memiliki jendela berukuran besar.

Makanan Anjing

Ruangan dengan penuh cahaya alami bisa meningkatkan konsentrasi kita saat bekerja dan membuat kita jadi lebih produktif, lho.

Namun, untuk pemilik hunian dengan lahan terbatas, pastikan Anda menggunakan ruangan dengan pencahayaan terbaik.

2. Pastikan memiliki ruang privasi

Jika Anda bisa memiliki ruangan yang cukup luas sebagai tempat kerja, maka Anda bisa  membaginya menjadi dua bagian. Pertama, untuk menyambut tamu dan bersantai sejenak. Sedangkan ruangan satunya lagi, memang khusus sebagai tempat kerja. 

Jika Anda harus memanfaatkan ruangan lainnya, seperti kamar dan dapur, Anda bisa menambahkan penyekat privasi ke area tersebut, menggunakan tirai dari langit-langit penyekat estetik yang berfungsi sebagai pemisah dan dekorasi fungsonal. 

Baca Juga:   15 Hiasan Dinding Unik untuk Mempercantik Penampilan Rumah

3. Pertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut

Saat Anda menyiapkan ruang kerja di rumah, Anda bisa mempertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut. Apakah akan digunakan untuk anak-anak belajar? Apakah Anda akan berbagi ruangan dengan pasangan?

Bila Anda berbagi ruangan tersebut dengan orang lain, tentu Anda membutuhkan meja kerja yang lebih besar. Untuk itu, pastikan Anda mengatur meja kerja dengan baik supaya tidak membuat ruangan jadi sempit.

Misalnya, menggunakan satu meja kerja panjang yang diletakkan di sudut ruangan. Cara lainnya, Anda bisa memakai dua meja kecil dan memberikan jarak, seperti saling bersebrangan agar ruangan tetap terasa luas.

4. Gunakan kursi kerja yang nyaman

Mungkin Anda tergoda untuk menggunakan bangku yang sudah ada, seperti kursi makan atau sofa. Namun, bila Anda memang kerja dari rumah, tentu sembarangan duduk bisa memengaruhi postur tubuh dan menyebabkan back pain.

Untuk itu, pastikan Anda tetap memakai kursi kantor ergonomis, yang memang bisa memberikan dukungan pada tubuh, terutama saat Anda duduk berjam-jam. 

Kami punya rekomendasi kursi kerja yang bisa jadi pilihan, seperti berikut ini.

Kursi ergohuman
Ergohuman Kursi Kantor Ergonomis Sandaran Rendah – Merah- Dilengkapi sistem pendukung tulang belakang- Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Biasanya, Anda bisa mengatur ketinggian kursi kerja sesuai kenyamanan. Jadinya, Anda bisa bekerja dengan lebih nyaman. 

5. Gunakan perlengkapan kerja berkualitas

Pastikan Anda memakai perlengkapan kerja dengan bahan yang berkualitas, termasuk meja kerja dan kursi ergohuman.

Selain bisa tahan lama, perlengkapan kerja ini juga bisa mendukung kesehatan Anda selama beraktivitas sepanjang hari. Anda pun bisa lebih nyaman dan produktif.

Baca Juga:   3 Ide Aksesori Pemanis Bingkisan Hari Raya di Bawah Rp 100.000

Kami juga punya rekomendasi meja kerja yang bisa jadi pilihan buat Anda, seperti berikut ini.

Ruang kerja di rumah
Meja kerja dilengkapi dengan laci penyimpanan. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

6. Pastikan posisi perlengkapan kerja sudah tepat

Selain memilih furnitur dan perlengkapan kerja, pastikan Anda juga menatanya dengan posisi yang tepat di dalam ruang kerja.

Misalnya, pastikan Anda meletakkan posisi monitor komputer sejajar dengan mata. Biasanya, jarang antara komputer dan mata adalah sekitar 45-70 cm. Bila posisi monitor terlalu rendah, bisa-bisa membuat mata dan leher jadi mudah pegal.

Selain itu, pastikan untuk memakai kursi kerja yang empuk dan memiliki sandaran untuk menopang tubuh dengan baik

7. Gunakan perabot multifungsi

Agar ruang kerja tidak sempit, hindari menyimpan terlalu banyak di dalamnya. Solusinya adalah pilih perabot yang lebih multifungsi.

Misalnya, Anda bisa menggunakan meja kerja, yang sudah memiliki banyak laci. Selain itu, manfaatkan juga bagian sudut di ruang kerja sebagai tempat penyimpanan dengan memasang lemari dinding.

Hal yang paling penting adalah Anda harus merapikan ruang kerja setiap harinya supaya tetap nyaman.

***

Nah, itu dia 7 cara menata ruang kerja di rumah agar produktif dan nyaman. Untuk melengkapi kenyamanan saat bekerja, pastikan untuk memiliki furnitur berkualitas dari Ruparupa.com.

Situs belanja satu ini menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Anda pun bisa mendapatkan beragam promo menarik dengan bergabung menjadi Ruppers, lho! Selamat belanja!