5 Tips Menata Meja Makan di Ruang Sempit Agar Tetap rapi

0
1469
model meja makan minimalis Dutton Set Meja Makan 4 Kursi - cokelat
Dutton Set Meja Makan 4 Kursi - cokelat

Ruang makan adalah salah satu ruangan yang kerap digunakan untuk berkumpul bersama keluarga sembari menyantap hidangan. Tentunya, kita tetap perlu membuat ruang makan di rumah minimalis menjadi nyaman.

Meski ukuran ruang makan di rumah tidak luas, kita dapat membuatnya terasa lebih hangat. Asalkan, kita menata semua perabot ruang makan dengan benar, termasuk meja makan.

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Menata Meja Makan di Ruang Sempit?

Tidak melulu harus memilih perabot kecil agar hemat ruangan, lho. Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

1. Pilih meja makan model sederhana

Di ruang makan sempit, tentunya kamu tidak bisa menggunakan perabot yang terlalu besar karena akan menghambat ruang gerak. Untuk itulah, kita perlu memakai meja makan minimalis dan pastikan kursi makan bisa masuk ke dalam meja.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan meja makan minimalis yang bisa diperpanjang atau extandable, sehingga tidak memakan tempat. Jadi, saat ada tamu berkunjung, kamu bisa menggunakannya sebagai meja tambahan. 

Baca Juga:   7 Rekomendasi Set Teko dan Cangkir Terbaik Agar Jamuan Minum Teh Lebih Nikmat
menata meja makan Dutton Set Meja Makan 4 Kursi - cokelat
Dutton Set Meja Makan 4 Kursi – cokelat

2. Hindari menggunakan taplak meja makan yang panjang

Selain memilih meja makan minimalis, kita juga perlu membatasi hiasan di atas meja. Salah satunya adalah menghindari penggunaan taplak meja panjang, terutama yang sampai hampir menyentuh lantai.

Taplak meja panjang akan membuat bagian bawah meja makan tertutup dan terkesan penuh. Tentunya, hal tersebut akan membuat ruang makan sempit semakin terasa sesak. Lebih baik gunakan tatakan piring saja di atas meja makan. 

menata meja makan Table Runner 33x180cm Eyelet - Sand
Table Runner 33x180cm Eyelet – Sand

Beli di sini

3. Letakkan peralatan makan di tempat berbeda

Sering kali kita meletakkan wadah alat makan di atas meja, terutama sendok, garpu, dan pisau. Namun, hal ini akan membuat meja makan tampak penuh.

Lebih baik simpan di dalam laci kitchen set dan cukup siapkann beberapa alat makan yang sering digunakan di atas meja. Gunakan tempat makan dengan model ramping dan memiliki tutup supaya alat makan tidak kotor, seperti rekomendasi kami berikut ini. 

Krischef Tempat Peralatan Makan - Putih
Krischef Tempat Peralatan Makan – Putih

Beli di sini

4. Gunakan hiasan sederhana di meja makan ruang sempit

Agar tidak membosankan, kamu juga bisa menambahkan vas dengan rangkaian bunga cantik berwarna terang di tengah meja. Namun, cukup pilih satu hiasan saja di atas meja supaya tidak tampak berantakan. 

Baca Juga:   8 Ukuran Meja Makan 4 Kursi untuk Rumah Minimalis

Selain vas, kamu juga bisa mempercantik meja dengan alat makan aesthetic, seperti rekomendasi kami berikut ini. 

menata meja makan Bunga Artifisial 20x20x40 Cm - Peach
Bunga Artifisial 20x20x40 Cm – Peach

Beli di sini

Delicia Set 10 Pcs Teko & Cangkir
Delicia Set 10 Pcs Teko & Cangkir

Beli di sini

5. Buat ruangan tetap terang

Saat menata meja makan di ruangan yang terbatas, pastikan area tersebut memiliki pencahayaan yang terang, baik dari lampu maupun pantulan cahaya dari jendela. Hal ini akan membuat ruangan tampak lebih besar. 

Selain itu, gunakan hiasan meja berwarna terang, seperti putih, pastel, krem, dan lain-lain. Hindari menggunakan dekorasi berwarna hitam karena akan membuat ruang makan terlihat semakin penuh.

cara menata meja makan
Dutton Set Meja Makan 4 Kursi – Cokelat
Set meja makan minimalis dan hemat tempat untuk ruang terbuka.

Wah, mudah sekali ‘kan menata meja makan di ruang sempit? Kamu bisa mendapatkan berbagai dekorasi dan perabot dapur terbaik hanya di ruparupa.com.

dapatkan perabot ruang makan terlengkap hemat hingga 50%  klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Ataru, Selma, Susen, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Chatime, dan masih banyak lagi.