7 Tips Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Luas dan Selalu Rapi

0
7359
menata dapur
sumber: unsplash.com

Memiliki dapur yang rapi dan bersih pasti menjadi dambaan semua orang. Tidak hanya membuat momen memasak menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, menata dapur agar terlihat lebih rapi juga bisa memberikan kesan lebih luas.

Jadi, untuk Anda yang memiliki dapur minimalis, usahakan untuk selalu membuatnya terlihat rapi, ya. Itu sebabnya, simak beberapa tips menata dapur yang mudah berikut ini.

Ruparupa Banner

Tips Jitu Menata Dapur Agar Lebih Bersih

Berikut ini berbagai cara membuat dapur terlihat lebih rapi dan bersih yang bisa Anda coba.

menata dapur

1. Gunakan Stoples untuk Bumbu Masak

menata dapur
Krishome Set 3 Pcs Stoples Small – Bisa Anda gunakan untuk menaruh berbagai bumbu dapur maupun camilan.

Beli di sini

Jagalah kebersihan meja dapur dari berbagai bumbu yang mudah tumpah. Anda bisa menghadirkan stoples dengan berbagai ukuran untuk mengisi bumbu dapur, seperti gula, garam, tepung, hingga bubuk kopi. Dengan begini, dapur tidak hanya terlihat lebih cantik, tetapi juga bersih dan rapi. 

2. Manfaatkan Berbagai Wadah Makanan untuk Menata Dapur

wadah makanan
sumber: unsplash.com

Gunakan wadah makanan untuk menyimpan berbagai potongan buah, sayur, serta bahan makanan lainnya. Anda juga bisa menggunakan wadah makanan dengan tutup untuk menyajikan makanan yang dimasak. Tidak hanya membuatnya terlihat lebih rapi, wadah makanan juga mampu menjaga kualitas makanan di dalamnya agar tetap bisa dikonsumsi.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Pisau Daging Bahan Stainless Steel
tempat makan
Bager Set 4 Pcs Wadah Makanan Bundar – Dengan desain yang praktis membuat Anda lebih mudah dalam menyimpan makanan.

Beli di sini

Wadah makanan juga bisa menjadi ide yang tepat, terutama bila Anda ingin menata kulkas agar terlihat lebih rapi dan tidak bau. Anda bisa membaca cara menata isi kulkas yang benar di sini

3. Gunakan Rak Troli yang Multifungsi di Dapur

menata dapur
Masterspace Troli Serbaguna 3 Tingkat 70.5 Cm – Dengan material besi membuat rak menjadi lebih kokoh.

Beli di sini

Menggunakan rak troli bisa mempermudah aktivitas Anda di dapur. Roda pada kaki rak juga dapat memberikan kenyamanan untuk memindahkannya ke sana kemari.

Troli ini juga bisa Anda pakai untuk menyimpan berbagai peralatan memasak, bumbu dapur, maupun kebutuhan dapur lainnya. Pilihlah rak troli yang memiliki cantolan pada salah satu sisinya dan tempat meletakkan peralatan makan. Jadinya, Anda pun bisa memakai troli ini dengan lebih maksimal.

4. Gunakan Tempat Beras untuk Dapur Lebih Rapi

menata dapur
Krischef 10 Ltr Tempat Beras – Jaga mutu beras Anda menggunakan tempat beras yang sudah dilengkapi dengan roda.

Beli di sini

Jangan menyimpan karung beras di dapur dengan sembarangan. Selain mudah tumpah, beras tersebut juga bisa terkena kutu. Untuk itu, Anda bisa menyimpannya dengan memakai kotak beras, seperti satu ini.  Tidak hanya membuatnya lebih aman, dapur Anda pun jadi terlihat jauh lebih rapi.

5. Rak Piring Gantung untuk Kesan Dapur Lebih Luas

rak piring
Krischef Rak Piring Gantung 80 Cm – Dengan material stainless steel membuatnya lebih awet dan berkualitas untuk digunakan.

Beli di sini

Baca Juga:   10 Menu Buka Puasa Murah dan Praktis, Wajib Dicoba!

Bagi Anda yang memiliki dapur berukuran kecil, Anda bisa mencoba menggunakan rak piring gantung untuk menghemat ruangan. Rak ini bisa Anda gunakan untuk mengeringkan berbagai alat makan yang baru saja selesai dicuci.

Pilih rak piring yang dapat Anda tempelkan pada dinding agar dapur terlihat lebih luas. Selain itu, sisi kosong pada sebelah sink juga dapat Anda gunakan untuk meletakkan berbagai barang lainnya. 

6. Simpan Peralatan Makan di Laci untuk Menata Dapur

menata dapur
sumber: unsplash.com

Anda bisa menempatkan sendok, garpu, sumpir, dan berbagai alat makan lainnya pada laci dapur.  Agar tidak berantakan, gunakan tempat peralatan makan yang memiliki beberapa sekatan sebagai wadah. Tempat ini juga bisa mempermudah Anda saat mengambilnya. 

tempat alat makan
Krischef Tempat Peralatan Makan 5 Kompartemen – Bisa Anda dapatkan di Ruparupa.

Beli di sini

7. Rak Gelas untuk Menghemat Tempat

menata dapur
Krischef Rak Gelas 4 Holder – Dengan 4 holder bisa digunakan untuk menyimpan gelas lebih mudah.

Beli di sini

Bila biasanya kita menaruh gelas di lemari piring dengan posisi terbalik, cobalah menggunakan rak gelas untuk menghemat tempat. Dengan begini, gelas akan tersusun  lebih rapi. Anda pun tidak perlu khawatir bagian ujung gelas yang biasa digunakan untuk minum menjadi kotor.

Mudah, bukan? Yuk, jadikan dapur Anda terlihat luas dengan menata peralatan dapur secara rapi. Nah, Anda bisa mendapatkan berbagai furnitur dapur dan produk rumah tangga menarik lainnya hanya di Ruparupa. Kami juga menghadirkan berbagai merek terpercaya, seperti ACE dan Informa. Jadi, tunggu apalagi? Selamat belanja.