Mari Mengenal Jenis-Jenis Timbangan

0
21495

Ada berapa macam alat timbang yang Anda kenal? Untuk berat badan, dapur, buah dan sayur, koper, hmm, apa lagi ya? Wah secara tidak sadar, banyak dari kita yang sering melupakan ragam pengukur berat ini. Padahal sangat berguna sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Bila kita menggunakan tidak sesuai peruntukannya, tentu pengukuran yang dilakukan dikhawatirkan tidak tepat. Sebelum terlambat dan menimbulkan kerugian baik bagi pribadi maupun usaha, yuk lengkapi pengetahuan kita tentang berbagai jenis timbangan.

Berdasarkan Prinsip Kerjanya

1. Timbangan Manual

Timbangan manual

Timbangan manual merupakan cikal-bakal teknologi digital. Bekerja mengandalkan prinsip mekanik, artinya alat ukur ini akan membandingkan masa benda dengan skala yang telah disepakati di seluruh dunia. Hasil pengukurannya ditunjukkan melalui jarum penunjuk.

2. Timbangan Digital

Timbangan digital

Berkebalikan dari pendahulunya, timbangan digital bekerja menggunakan teknologi elektronik. Artinya alat ini membandingkan masa benda dengan skala ukurnya secara otomatis dan terprogram. Penampangnya dapat dikenali secara jelas karena terlihat berbeda. Dimana biasanya dilengkapi dengan layar yang terhubung dengan sistem sensor atau komputer mikro untuk menampilkan hasil ukur.

3. Timbangan Hybrid

Timbangan hybrid

Selain itu, ada juga yang merupakan perpaduan antara teknologi manual dan digital, dan umumnya disebut timbangan hybrid. Secara umum, sistem hybrid bekerja dengan teknologi mekanik, namun menampilkan hasil dalam layar elektronik. Diperuntukan bukan sebagai alat rumah tangga.

Berdasarkan Fungsinya

1. Untuk Menimbang Berat Badan

Gambar timbangan badan
Gambar timbangan badan
Gambar alat ukur berat badan bayi

Jenis yang satu ini mungkin paling sering kita temui, baik di rumah maupun di tempat umum seperti rumah sakit atau klinik. Fungsinya adalah untuk mengukur massa tubuh manusia.

2. Untuk Menimbang Berat Hewan

Gambar alat ukur berat hewan

Jenis timbangan yang kedua ini dikhususkan untuk menimbang hewan. Timbangan seperti ini dapat ditemukan di rumah, maupun di tempat praktik dokter hewan.

3. Untuk Kebutuhan Dapur

Gambar timbangan dapur

Untuk kebutuhan membuat kue dan masakan lainnya, alat yang satu ini akan sangat berguna. Benda ini dapat mengukur berat bahan makanan secara akurat agar masakan yang dihasilkan pun maksimal.

4. Untuk Memberi Harga pada Buah & Sayur

Timbangan buah dan sayur

Anda yang suka berbelanja di supermarket pasti pernah menemukan alat yang satu ini. Timbangan ini memiliki fitur konversi harga sehingga dapat dengan mudah menentukan harga buah dan sayur yang ingin dibeli.

5. Untuk Menimbang Berat Barang

Gambar timbangan barang

Alat ini biasanya memiliki fungsi untuk mengukur berat berbagai peralatan industri maupun barang berat lainnya. Salah satu contohnya adalah untuk menimbang hasil panen.

6. Untuk Memperkirakan Berat Koper

Timbangan koper

Timbangan seperti ini berguna untuk menimbang berat isi koper Anda dengan mudah dan praktis. Layar LCD pada alat akan menampilkan berat isi koper yang ditimbang sehingga dapat mencegah beban bagasi yang berlebih.

7. Untuk Mengukur Kadar Emas

Gambar alat ukur kadar emas

Alat ini secara khusus dibuat untuk menimbang logam emas. Akurasinya tinggi karena dipergunakan untuk mengukur logam mulia yang harganya cukup mahal.

8. Untuk Meracik Obat dan Zat

Gambar alat ukur untuk meracik obat

Disebut juga timbangan gram karena memiliki ketelitian yang cukup detail. Biasanya digunakan oleh para apoteker untuk menimbang dosis obat yang akan diberikan kepada pasien.

9. Untuk Keperluan Laboratorium

Timbangan analitik

Alat ini disebut juga timbangan analitik, dan termasuk sebagai jenis timbangan digital dengan ketelitian yang sangat tinggi. Digunakan untuk keperluan laboratorium, baik laboratorium ilmiah, kedokteran, dan lain-lain.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata banyak sekali ya jenis-jenis timbangan yang tersedia di pasaran. Anda kini tidak akan salah lagi memilih pengukur berat untuk berbagai kebutuhan.

Baca Juga : Sering Tertukar, Inilah 8 Perbedaan Oven dan Microwave

Pastikan juga membeli produk yang berkualitas agar hasilnya semakin akurat. Brand-brand terbaik, seperti Krisbow selalu tersedia online di Ruparupa. Nah, mana jenis yang saat ini Anda butuhkan?

Editor : Erika Mulyadi