Lampu Untuk Ruang Tamu Berapa Watt ?

0
1506
lampu untuk ruang tamu berapa watt

Salah satu pertanyaan populer yang sering ditanyakan mengenai pencahyaan ruangan adalah “lampu untuk ruang tamu berapa watt?”

Promo 12 12 Ruparupa

Untuk menjawab pertanyaan ini Ruparupa akan memberikan panduan sederhana yang dapat menjadi acuan saat memilih penerangan, sekaligus cara menghitung jumlah lampu yang harus digunakan.

Cara menentukan watt lampu untuk ruang tamu

lampu-untuk-ruang-tamu-berapa-watt
Source: pixabay

Hindari memilih watt lampu tanpa memiliki pertimbangan matang sebelumnya. Karena hal ini dapat mempengaruhi dudukan lampu atau light socket yang memiliki ketahanan beragam. 

Belum lagi penerangan yang kurang tepat akan membuat mata tidak nyaman. Terlebih jika difungsikan untuk membaca maupun kegiatan lainnya yang membutuhkan pencahayaan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menentukan berapa watt lampu yang harus kalian pasang untuk ruang tamu.

Mengenali jenis-jenis lampu untuk ruang tamu

berapa- watt-lampu-led-untuk-ruangan-3x3
Source: pixabay

Saat ini di pasaran tersedia jenis lampu yang biasanya digunakan yaitu LED (Light Emitting Diode),  lampu TL (Fluorescent Lamp), dan lampu Halogen.

Lampu LED (Light Emitting Diode)

krisbow-set-lampu-bohlam-led
                               Beli disini

Tahukah kamu jika dibandingkan dengan lampu pijar pada umumnya, penggunaan lampu LED dapat menghemat energi hingga 90% serta memiliki usia penggunaan mencapai 25 tahun.

Sehingga tidak mengherankan kalau banyak orang yang menggunakan lampu ini sebagai penerangan untuk hunian, industri, atau perkantoran

Lampu TL (Fluorescent Lamp)

eglare-lampu-plafon-lacey
                           Beli disini

Memiliki nama lain yaitu lampu pendar, yang masuk dalam golongan penerangan dengan harga ekonomis.

Jenis lampu ini memanfaatkan lapisan Fluorescent  dan gas neon sebagai pemendar cahaya. Jika dibandingkan lampu pijar konvensional, jenis penerangan ini empat kali lebih hemat energi.

Lampu Halogen

krisbow-lampu-kerja-led
                                                                Beli disini

Penerangan yang memiliki cara kerja yang sama dengan lampu pijar yaitu dengan memijarkan filament.

Sehingga tidak heran kalau warna cahaya lampu halogen dan kualitasnya setara dengan lampu pijar. Jenis bola lampu satu ini biasanya dijadikan lampu hias dekoratif pada lampu meja atau lampu sorot pada pencahayaan ruang keluarga dan ruang makan. 

Memahami istilah watt pada lampu 

lampu untuk ruang tamu berapa watt
Source: pixabay

Satuan watt merupakan satuan dari besaran daya listrik yang didefinisikan sebagai 1 joule dibagi 1 detik (1 J/d), atau satu volt ampere (1 V·A). Semakin besar watt Lampu yang tertulis, maka semakin terang pula cahaya yang dihasilkan. Sebagai contoh lampu LED 5 watt akan memiliki cahaya lebih terang lampu LED 3 Watt.

Namun pengukuran ini tidak bisa digunakan saat membandingkan jenis lampu yang berbeda seperti lampu pijar dengan lampu LED. Karena keduanya memiliki cara kerja yang berbeda sehingga menghasilkan keterangan lampu yang berbeda.

Sebagai informasi tambahan satuan watt merupakan hasil penemuan oleh James Watt, sang penemu mesin uap. Untuk menghargai setiap usahanya nama Watt akhirnya dijadikan sebagai satuan energi dengan simbol W oleh International System of Units (atau ‘SI’) seperti yang kita kenal sekarang ini.

Mengetahui Standar Pencahayaan ruang yang tepat

watt lampu
Source: pixabay

Kamu harus tahu kalau standar kebutuhan pencahayaan untuk ruangan itu berbeda-beda. Untuk menghitungnya dengan mudah gunakan panduan berikut ini

TERAS, Standar pencahayaan: 60 LUX

Baca Juga:   7 Manfaat Makan Buah Setiap Hari

RUANG TAMU, Standar pencahayaan: 120 – 150 LUX

RUANG MAKAN, Standar pencahayaan: 120 – 250 LUX

RUANG KERJA, Standar pencahayaan: 120 – 250 LUX

KAMAR TIDUR, Standar pencahayaan: 120 – 250 LUX

KAMAR MANDI, Standar pencahayaan: 250 LUX

DAPUR, Standar pencahayaan: 250 LUX

GARASI, Standar pencahayaan: 60 LUX

Menghitung kebutuhan watt lampu untuk ruang tamu

standar pencahayaan
Source: castlegatelights

Setelah mengetahui standar pencahayaan, berikutnya kamu dapat menghitung kebutuhan lampu dengan watt yang sesuai dengan ukuran ruang. Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat gunakan rumus berikut:

N = E x L x W / Ø x LLF x Cu x n

Keterangan:

N = Jumlah titik lampu

E = Kuat penerangan (Lux), rumah atau apartemen standar 100 lux – 250 lux

L = Panjang (Length) ruangan dalam satuan Meter

W = Lebar (Width) ruangan dalam satuan Meter.

Ø = Total nilai pencahayaan lampu dalam satuan LUMEN

LLF = (Light Loss Factor) atau Faktor kehilangan atau kerugian cahaya, biasa nilainya antara 0,7–0,8

Cu = (Coefficient of Utilization)

n = Jumlah Lampu dalam 1 titik

Contoh kasus:

Ruang tamu berukuran panjang 5 meter dan lebar 4 meter ingin menggunakan Untuk menggunakan lampu TL berukuran 40 Watt, lalu berapa jumlah titik lampu TL yang kamu perlukan agar pencahayaan  menjadi maksimal?

Sesuai standar pencahayaan kisaran 120 – 150 Lux, dan untuk mempermudahnya kita akan mengambil nilai maksimal yaitu 150. Dari angka ini dapat diketahui bahwa E= 150 Lux.

Karena bohlam yang digunakan adalah lampu TL berukuran 40 Watt, maka nilai Lumen lampu atau Ø adalah 40 Watt x 75 Lumen, jadi hasil yang muncul Ø = 3000 Lumen.

Baca Juga:   Air Minum Oksigen vs Air Biasa, Mana yang Lebih Baik?

Sementara itu untuk mengetahui nilai CU (coefficient of utilization), gunakan standar koefisien untuk penerangan yang berada pada kisaran 50-65%. Pada studi kasus ini kita bisa mengambil nilai terendah, yaitu 50% atau 0,5.

Komponen terakhir adalah Light loss factor (LLF) yang umumnya berada di angka 0,7-0,8. LLF sendiri dipengaruhi oleh penyusutan cahaya, kebersihan sumber cahaya, tipe kap lampu,  dari permukaan lampu, dan berbagai faktor lainnya. Sehingga pada studi kasus ini kita bisa mengambil nilai terendah, yaitu 0,7

Sebelum menghitung, perlu diketahui jika setiap titik lampu hanya menggunakan satu buah lampu TL, maka nilai dari (n) adalah 1.

Sekarang, saatnya mengaplikasikan semua angka ke dalam perhitungan akhir

N = E x L x W / Ø x LLF x Cu x n

N = 200 LUX x 5 meter x 4 meter / 3000 Lumen x 0,7 x 0,5 x 1

N = 4000 / 1050

N = 3,8

Berdasarkan penghitungan tersebut, diketahui untuk ruang tamu diperlukan 3,8 titik lampu, yang kemudian jika dibulatkan menjadi 4 buah lampu. Lalu  jumlah Watt yang diperlukan untuk ruang tamu tersebut adalah 4 x 40 Watt =160 Watt

Menyesuaikan bentuk lampu dengan fungsi ruang

Lampu gantung
                                                                                 Beli disini

Setelah mengetahui jenis lampu dan ukuran watt yang tepat, hal lainnya yang tidak boleh dianggap sepele adalah bentuk bola lampu. Hal ini menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi penyebaran cahaya pada ruangan.

Dari berbagai jenis bentuk lampu yang ada dapat diketahui semakin bulat bola lampu maka persebaran cahaya akan semakin merata. Namun jangan lupa untuk memperhatikan keterkaitan visual dari keberadaan bentuk bola lampu terhadap ruangan dan aktivitas.

Pilih produk bergaransi dan berkualitas

Bohlam Led
                                                                   Beli disini

Selain point point di atas, hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah apakah sudah memilih lampu yang tepat, berkualitas, serta dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Jangan hanya karena harga yang murah, lalu kamu tergiur membelinya tanpa pertimbangan.Terlebih saat ini banyak brand yang tersebar di pasaran yang belum diketahui jelas kualitasnya.

Untuk menghindari penyesalan akibat membeli produk yang salah, percayakan pada Ruparupa yang menjamin produk terbaik, serta mengusung fitur eye care yang nyaman di mata meskipun digunakan untuk waktu yang lama.

Produk penerangan dari Ruparupa juga memiliki garansi produk hingga 2 tahun, sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi gangguan.  Untuk melakukan penukaran produk, kamu cukup datang ke store terdekat tanpa harus menyertakan struk belanja.