Kulkas Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Solusinya

0
13637
solusi kulkas tidak dingin
kulkas tidak dingin

Ketika kulkas tidak dingin, kita pun mulai bertanya-tanya, sebenarnya apa yang terjadi. Apalagi, kulkas adalah salah satu alat elektronik pendingin yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan. 

Tidak perlu panik dan buru-buru mengganti kulkas dengan yang baru. Ketika ada masalah pada perangkat elektronik yang tidak berfungsi dengan baik, justru kita harus mencari tahu penyebabnya. 

Ruparupa Banner

Lalu, Apa Penyebab Kulkas Tidak Dingin?

kulkas tidak dingin
Sumber: pixabay.com 

Kulkas tidak dingin bukan selalu berarti ada masalah pada komponen elektronik tersebut. Bisa jadi, kita justru melakukan pengaturan yang salah pada kulkas. Berikut beberapa penyebab kulkas tidak dingin. 

1.Pastikan apakah perangkat elektronik sudah tercolok dengan stop kontak. Selain itu, pastikan aliran listrik di dalam rumah tetap stabil agar kompresor kulkas bisa bekerja dengan maksimal.

2. Cek terlebih dahulu apakah thermosat kulkas sudah berada di suhu yang tepat atau kondisi menyala. Jika belum, atur kembali suhu thermosat yang berada pada di dalam kulkas.

3. Periksa juga karet gasket pintu kulkas. Biasanya, bila karet yang terpasang di bagian pintu sudah mulai longgar, maka pintu kulkas tidak bisa tertutup rapat. Kamu juga bisa melihat lampu indikator pada kulkas ketika ditutup. Bila respon yang diberikan tidak benar, maka bisa jadi kulkas sudah mulai rusak.  

4. Cek sirkulasi di dalam kulkas. Hindari mengisi kulkas dengan terlalu banyak makanan karena udara dingin bisa menghalangi sirkulasi di dalam kulkas. Pastikan kamu mengatur kotak makanan dan rutin membersihkannya. 

5. Bersihkan juga bunga es yang sering muncul dibagian freezer. Inilah yang dapat membuat kulkas jadi tidak dingin. 

6. Evaprorator yang rusak juga bisa membuat suhu kulkas jadi tidak dingin. Soalnya, benda satu ini berfungsi untuk menyalurkan freon yang mendinginkan kulkas. Cara mengatasinya adalah mengganti komponen rusak dengan yang baru. 

7. Hindari menyimpan makanan panas terlalu sering. Suhu panas dari makanan bisa menyebabkan suhu di dalam kulkas jadi turun. Inilah yang membuat kulkas jadi tidak dingin. Jadi, kurangi kebiasaan tersebut, ya.

Baca Juga:   12 Cara Menata Isi Kulkas Rapi & Makanan Awet

Jika kamu sudah mengecek penyebab kulkas tidak dingin dari daftar ini dan suhu lemari es atau freezer masih tidak dingin, tandanya kamu harus memanggil para ahli untuk memperbaiki kulkas tersebut.

Apa Saja Masalah yang Bisa Timbul Ketika Kulkas Tidak Dingin?

Jika kulkas mengeluarkan suhu panas, maka bisa jadi ada salah satu bagian yang tidak berfungsi dengan baik. Nah, berikut ini beberapa komponen kulkas yang sering menimbulkan masalah. 

Kompresor Kulkas

Kompresor kuklas adalah  komponen yang memastikan proses pendinginan di dalam kulkas berjalan dengan baik. Bila kipas freezer menyala, tetapi lemari es tidak dingin, maka bisa jadi kompresor kulkas mengalami kerusakan.

Biasanya, kita harus mengganti relay stater kompresor dengan yang baru untuk membuat kulkas kembali dingin. 

Kompresor Kulkas
Source: Google Image

 

Koil Kondensor

Kumparan kondensor adalah tabung kulka yang berbentuk garis-garis besi. Biasanya, tabung ini menyatu dengan pola grid berbentuk U panjang.Biasanya, koil kondensor berada di belakang kulkas.

Bila koil kondensor tersumbat, maka sirkulasi udara kulkas menjadi tidak baik karena mereka tidak menghilangkan panas secara efektif. Bisa jadi hal ini disebabkan karena adanya kotoran dan debu yang menumpuk.  

Untuk itulah, sekali atau dua kali dalam setahun, kita perlu membersihkan koil kondesor. Caranya dengan memakai penyedot debu untuk mengangkat kotoran di koil kondesor.

Koil Kondensor
Source: google Image

 

Kipas Kondensor

Bagian kulkas berikutnya adalah kipas kondesor yang berfungsi untuk  mendinginkan koil kompresor dan kondensor saat bekerja. Jika tidak berfungsi dengan baik, maka menyebabkan komponen kulkas jadi panas. Umumnya, komponen ini terletak di kabinet bawah.

Untuk mengatasi bagian kipas yang rusak, pertama pastikan kipas kondensor berputar bebas dan tidak terhalang oleh kotoran apa pun. Jika sudah melewati pengecekan ini, tapi perangkat tidak bekerja maksimal, maka kamu perlu mengganti motor kipas kondensor.

Kipas Kondensor
Source: Google Image

 

Apa Saja Model Kulkas?

Setelah mengetahui penyebab dan bagian komponen yang membuat kulkas tidak dingin, kali ini, kita juga punya tips memilih model kulkas yang tepat buat di rumah. Apa saja itu?

Jenis jenis KulkasSource: Pixabay

1. Kulkas dengan Bagian Frezzer Atas

Desain lemari es satu ini memiliki bagian freezer di atas. Biasanya, bagian ini digunakan untuk menyimpan makanan segar dengan kapasitas sedang. Harga kulkas dengan model satu ini lebih murah dibandingkan model kulkas lainnya. 

Baca Juga:   Tips Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Anda

Nah, kami punya rekomendasi kulkas yang bisa kamu beli. 

Sharp Lemari Es 2 Pintu 187 Ltr Sj-237mg-db
Sharp Lemari Es 2 Pintu 187 Ltr Sj-237mg-db

Beli di sini

Panasonic Kulkas 2 Pintu 210 Ltr Nnr-bb211q-pk
Panasonic Kulkas 2 Pintu 210 Ltr Nnr-bb211q-pk

Beli di sini

2. Kulkas dengan Freezer bawah

Biasanya, lemari es ini berukuran sedikit lebih besar dan memiliki penyimpanan yang terbalik, yaitu freezer terletak pada bagian bawah. Kehadiran perangkat ini memberikan akses yang lebih mudah untuk mengambil barang-barang yang diperlukan.

Model lemari es ini cocok untuk kamu yang membutuhkan ruang buat menyimpan makanan beku dalam jumlah besar. Berikut ini beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu beli.

Electrolux 335 Ltr Lemari Es 2 Pintu Ebb3702k-a
Electrolux 335 Ltr Lemari Es 2 Pintu Ebb3702k-a

Beli di sini

Beko Lemari Es 2 Pintu Rcnt340e50vzwb 340 Ltr
Beko Lemari Es 2 Pintu Rcnt340e50vzwb 340 Ltr

Beli di sini

3. Kulkas dengan 2 Pintu

Model kulkas ini memiliki ukuran jauh lebih besar daripada dua tipe sebelumnya. Namun, berbeda dengan dua tipe sebelumnya yang memiliki bagian atas dan bawah, model kulkas satu ini terbagi menjadi sisi kanan dan kiri.

Walaupun sama-sama memiliki dua pintu, ternyata kulkas ini tidak mempunyai bagian freezer, lho. Jadi, seluruh ruang penyimpanannya dikhususkan untuk chiller.

Oleh karena itu, kulkas 2 pintu lebih cocok digunakan oleh kamu yang suka menyimpan makanan segar dalam waktu singkat. Berikut ini rekomendasi kulkas 2 pintu untuk kamu.

Modena Lemari Es 2 Pintu 556 Ltr Sxs Rf2551s
Modena Lemari Es 2 Pintu 556 Ltr Sxs Rf2551s

Beli di sini

Electrolux 500 Ltr Lemari Es 2 Pintu Ese5401a-bi
Electrolux 500 Ltr Lemari Es 2 Pintu Ese5401a-bi

Beli di sini

4. Kulkas Side by side

Kulkas ini hampir mirip dengan model lemari es 2 pintu. Bedanya, kulkas ini dilengkapi dengan 4 pintu. Kulkas side by side merupakan versi terlengkap karena memiliki 2 bagian chiller di atas dan 2 freezer di bawah.

Kerennya lagi, beberapa model terbaru kulkas ini ada yang dilengkapi dengan dispenser, lho. Karena fiturnya yang lengkap, harga kulkas ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan model lainnya. 

Berikut ini beberapa rekomendasi kulkas side by side yang bisa kamu beli.

Modena 460 Ltr Kulkas Side By Side Rf 4540 S - Silver
Modena 460 Ltr Kulkas Side By Side Rf 4540 S – Silver

Beli di sini

Sharp Lemari Es Side By Side 472 Ltr Sj-if50pm-ds
Sharp Lemari Es Side By Side 472 Ltr Sj-if50pm-ds

Beli di sini

Itu dia penyebab mengapa kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya, serta model kulkas yang bisa kamu pilih. 

Bila kamu sedang mencari kulkas buat di rumah, kamu bisa mengunjungi Ruparupa.

Situs belanja online satu ini menawarkan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Dapatkan harga kulkas dengan lebih murah di sini.