Ketahui 7 Manfaat Grooming Bagi Anjing Peliharaan

0
3649
Sumber: Freepik

Memelihara anjing bisa membuat kita jadi tidak lagi merasakan kesepian maupun stres. Apalagi, anjing adalah salah satu hewan yang ramah dan bisa menjadi sahabat buat pemiliknya. Tentu, kita akan menjaga dan merawatnya dengan baik.

Nah, salah satu cara merawat  anjing kesayangan kita agarn tetap bersih dan sehat adalah dengan grooming.

Ruparupa Banner

Apa Saja Manfaat Grooming Bagi Anjing?

Grooming adalah sebuah rangkaian perawatan bagi hewan peliharaan agar tetap bersih dan terbebas dari berbagai kuman penyakit. Berikut ini kami akan membahas manfaat grooming satu per satu yang ternyata penting bagi hewan peliharaan.

1. Mencegah kerontokan bulu

Masalah kerontokkan bulu menjadi hal yang paling sering terjadi pada hewan peliharaan kita. Hal ini disebabkan karena mereka merasa stres dan bulu yang tumbuh terlalu lebat.

Nah, untuk mengurangi tingkat kerontokkan tersebut, kamu bisa melakukan grooming. Saat grooming, bulu hewan peliharaan kita akan dirapikan dan diberikan sampo khusus, yang bisa membuatnya jadi lebih lembut dan tidak kusut.

manfaat grooming anjing
Sumber: Freepik

2. Menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri

Tubuh hewan peliharaan yang bersih dan terawat merupakan salah satu cara untuk menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri di tubuh. Hal ini juga berlaku di tubuh anjing kesayangan, loh.

Baca Juga:   10 Menu Makanan Takjil yang Lezat dan Tanpa Minyak

Dengan rajin membersihkan tubuh anjing, maka kuman dan bakteri pun tidak akan berkembang sehingga menghindari timbulnya penyakit pada hewan peliharaan kamu.

3. Menjaga kesehatan gigi

Rangkaian perawatan lain dari grooming adalah membersihkan gigi dan mulut anjing. Selain bisa menghilangkan bau dari mulut,  kamu juga bisa memastikan gigi anjing tetap kuat dan sehat.

Hal ini berguna untuk menghindari sakit gigi yang dapat diderita oleh si anjing. Kamu bisa menyikat gigi anjing kesayangan kamu minimal 1 minggu 2 kali.

manfaat grooming
Sumber: Freepik

4. Mencegah iritasi kulit

Salah satu tahap dalam grooming adalah brushing atau menyikat bulu. Hal ini dilakukan  untuk mengangkat sisa bulu yang menggumpal sehingga tidak mudah jadi sarang kuman.

Kamu bisa memberikan minyak alami untuk menjaga kelembaban kulit anjing setelah selesai dimandikan agar tidak mudah iritasi.

5. Menghilangkan bau tidak sedap

Bau tidak sedap pada tubuh anjing biasanya timbul akibat air liur anjing yang menempel pada bulunya. Dengan grooming, kamu bisa menghilangkan bau tidak sedap yang cukup mengganggu tersebut.

Saat grooming, anjing peliharaan kamu akan dibersihkan seluruhnya, mulai dari bagian luar hingga dalam, seperti mulut dan telinga.

Baca Juga:   7 Ukuran Rak Minimalis dan Cara Menatanya Agar Tetap Rapi
manfaat grooming
Sumber: Freepik

6. Mencegah anjing menjadi stres

Jika kamu melakukan grooming sendiri di rumah, proses ini akan mendekatkan ikatan emosional antara kamu dan anjing kesayangan. Jadi, mereka akan merasa jauh lebih rileks dan mengurangi tingkat stres yang bisa saja timbul.

7. Pemeriksaan kesehatan anjing

Grooming menjadi salah satu cara untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap kesehatan anjing. Pemeriksaan ini bisa kamu lakukan dengan mengecek bagian mulut, telinga, mata, hingga kulit anjing.

Hal ini juga bisa menjadi deteksi awal jika terlihat ada sesuatu yang tidak biasa pada tubuh hewan peliharaan. Jadinya, kita bisa memberikan pengobatan.

banner inspirasi

Nah, itu tadi beberapa manfaat grooming bagi anjing peliharaan kamu. Bagi kamu yang ingin melakukan grooming sendiri di rumah, berikut beberapa produk yang wajib kamu siapkan di rumah.

sisir anjing
Pawise 17×9.5 Cm Sisir Anjing Ukuran S

Beli di sini

sisir pijat anjing
M-pets Sisir Anjing Tender Massage – Biru

Beli di sini

sampo anjing anti jamur
Paws N Tail Sampo Anjing & Kucing Anti Jamur

Beli di sini

sampo anjing
M-pets 250ml Sampo Anjing Pure Jojoba Oil

Beli di sini

Temukan semua produk perawatan hewan peliharaan hanya di Ruparupa.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand-brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.