5 Kesalahan Saat Belanja yang Bikin Gaji Cepat Habis

0
341
kesalahan saat belanja
sumber: unsplash.com

Gajian baru saja tiba, tapi kok sudah habis lagi saja, sih? Apakah ini yang Anda alami? Bisa jadi hal tersebut gara-gara pengeluaran Anda lebih besar dari pemasukan. Sayang banget kan, gaji setelah bekerja selama satu bulan habis begitu cepat? Yuk, cek dulu apakah Anda sering melakukan kesalahan saat belanja yang bikin gaji cepat habis ini atau tidak. 

Awas, Gaji Habis Gara-gara Kesalahan Belanja Ini!

Berikut beberapa hal yang bikin gaji Anda cepat habis gara-gara belanja, yang wajib Anda hindari.

1. Tidak Punya Anggaran Belanja

Ingat, mengatur pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya merupakan hal yang penting agar tabungan Anda tetap aman. Apakah Anda sudah menentukan anggaran belanja yang boleh dikeluarkan setiap bulannya? Bila belum, Anda bisa membuat anggaran belanja setiap bulannya. Cara ini dapat membantu Anda agar uang gajian tidak hilang begitu saja tanpa disadari. 

Baca Juga:   Belanja Online Sudah Pasti Murah, Mitos atau Fakta?

2. Terburu-Buru Membeli Tanpa Membandingkan Harga

Bila Anda sedang menginginkan sebuah produk, jangan terburu-buru membelinya setelah menemukan produk tersebut. Cobalah membandingkannya dengan produk sejenis lainnya. Apakah harga dan kualitas produk dirasa menguntungkan? Nah, hal ini baru bisa Anda ketahui apabila Anda mencoba membandingkannya.

3. Hanya Mengikuti Trend

Banyak barang yang laku terjual karena mereka sedang jadi tren kekinian. Inilah yang akhirnya membuat kita tergoda untuk membeli barang tersebut agar tidak tertinggal dari yang lain. Nah, sebelum membelinya, coba pertimbangkan kembali kebutuhan Anda.

Apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Apakah barang akan benar-benar Anda gunakan? Bila jawabannya tidak, maka lebih baik Anda menunda membelinya. Cara ini bisa membuat Anda lebih bijak dalam berbelanja, lho.  

4. Impulsif Tanpa Tahu Kebutuhan

Melihat barang dengan harga murah dan berbagai promo menarik pastinya akan menggiurkan setiap orang yang melihatnya. Tapi, bila Anda terlalu implusif, bisa-bisa gaji Anda jadi cepat habis.

Baca Juga:   Ini Cara Ruparupa Rayakan Datangnya Ramadan

Nah, sebelum membeli, pastikan Anda bisa menjawab pertanyaan ini, apakah Anda akan menggunakannya dan memerlukannya sekarang? Bila jawabanya tidak, Anda bisa menunda untuk membelinya. Cara ini bisa menghindari Anda dari rasa penyesalan setelah memiliki barang tersebut.

5. Membeli Saat Tidak Ada Promo

Membeli produk saat sedang tidak ada promo juga bisa menjadi salah satu alasan gaji cepat habis. Cobalah membeli pada waktu-waktu tertentu yang menyuguhkan promo dan potongan harga menguntungkan, seperti Promo 12.12 yang punya banyak kejutan spesial.

Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk membeli berbagai produk yang sedang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai promo menarik untuk menyelamatkan gaji Anda agar tidak cepat habis.

Semoga kelima cara di atas bisa bermanfaat untuk Anda, ya. Selain itu, ada juga beberapa tips belanja hemat tanpa menghabiskan gaji yang bisa Anda baca di sini.