Kenali 4 Jenis Konektor Charger Yang Sering Digunakan

0
7529
https://unsplash.com/photos/yh0UtueiZ-I

Saat ini, hampir semua perangkat elektronik membutuhkan bantuan konektor charger, mulai dari komputer, gadget, televisi, dan masih banyak lagi. Tidak heran bila berbagai jenis konektor charger pun semakin banyak bermunculan.

Pasalnya, konektor charger ini berperan sebagai media penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Ruparupa Banner

Jenis Konektor Charger

Meski memiliki fungsi utama yang sama, yakni untuk membantu pengisian ulang daya baterai dan sarana transfer data, tetapi dalam memilih konektor tidak boleh sembarangan.

Apalagi, setiap perangkat media memiliki bentuk yang berbeda-beda. Nah, agar tidak salah pilih, berikut empat jenis konektor charger yang paling umum digunakan.

1. USB Type-A

Tipe yang satu ini merupakan versi standar yang paling sering digunakan.

USB tipe A memiliki bentuk persegi panjang rata dan banyak digunakan sebagai penghubung perangkat komputer, konsol game, laptop, hingga media player DVD.

Sumber: unsplash.com/@abrkett

2. USB Type-C

Konektor charger USB tipe-C menawarkan berbagai kemudahan bagi para pengguna smartphone. Umumnya, tipe ini memiliki ukuran yang kecil dan dapat digunakan bolak-balik.

Baca Juga:   7 Penyebab Kipas Angin Macet dan Cepat Rusak
Sumber: unsplash.com/@mishaal zahed

Tidak hanya itu, tipe kabel ini mengklaim proses pemindahan data yang lebih cepat dan memiliki daya yang lebih kuat daripada tipe yang lainnya. Bahkan, USB tipe-C kini telah banyak digunakan pada aneka peralatan elektronik terbaru.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi UCB tipe-C yang bisa kamu dapatkan hanya di Ruparupa.com.

Konektor USB type C yang aman digunakan untuk mengisi daya perangkat

Beli di sini

3. Konektor Lightning

Sebagian orang pasti sudah tidak asing lagi dengan tipe konektor charger yang satu ini. Tipe lightning secara eksklusif hanya dikhususkan pada produk rilisan Apple.

Konektor ini umumnya digunakan untuk mengisi daya ataupun mentransfer data.

Sumber: unsplash.com/@abrkett

Keuntungan dari pengguna konektor ini adalah meminimalisir penyebaran virus karena tipe ini telah mendukung standar MFI (Made for Iphone).

Konektor lightning biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Namun, kamu bisa tetap mendapatkan lightning cable berkualitas dengan harga terjangkau, seperti yang berikut ini.

Baca Juga:   Ketahui 6 Perbedaan Air Cooler dan AC Ini
Kabel lightning persembahan Ataru yang tidak mudah rusak karena dilapisi material nilon braided

Beli di sini

4. Micro USB

Jenis konektor charger Micro USB memiliki fungsi yang lebih fleksibel karena bisa mendukung berbagai tipe smartphone. Selain itu, tipe ini juga bisa digunakan untuk aneka aksesoris smartphone seperti powerbank atau pengisi daya portabel.

Sayangnya, konektor tipe ini kerap memiliki kualitas yang rendah. Tidak heran bila harganya cukup terjangkau. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati karena lambat laun akan berdampak pada penurunan kualitas perangkat yang Ruppers gunakan.

Namun, kamu bisa memakai Micro USB yang berkualitas, seperti produk satu ini.

Kabel charger USB ke Micro USB dengan kualitas premium yang fleksibel dan ideal.

Beli di sini

Untuk menjaga kualitas perangkat yang kalian gunakan, pastikan kalian memilih konektor charger yang berkualitas pula, ya.

Nah, kalian bisa menemukan konektor charger berkualitas hanya di situs belanja Ruparupa.com.

Selain menyediakan berbagai perlengkapan kebutuhan gadget di rumah, situs belanja satu ini juga menawarkan perabot dan peralatan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Ataru, Informa, dan masih banyak lagi.