Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap yang Perlu Kamu Ketahui

0
1479
kelebihan setrika uap
Philips Setrika Uap Gc48860

Setrika pakaian terbagi ke dua jenis, yaitu biasa dan uap. Tentu, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, dari berbagai kelebihan, menyetrika dengan setrika uap ternyata bisa menghemat waktu kita.

Yap! Buat kamu yang sering bepergian, setrika jenis uap bisa jadi barang yang paling membantu. Meskipun waktunya singkat, bukan berarti hasilnya mengecewakan. Namun, tentunya kelebihan tersebut juga diimbangi dengan kekurangannya.

Ruparupa Banner

Nah, kali ini kita akan bahas satu per satu kelebihan dan kekurangan setrika uap.

Kelebihan Setrika Uap

Ada berbagai kelebihan setrika uap yang bisa membantu kamu dalam merapikan pakaian, seperti berikut ini.

1. Hemat Waktu

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menyetrika pakaian sebelum bepergian, maka menggunakan setrika uap adalah pilihan yang tepat.

Soalnya, uap air yang dihasilkan bisa menghaluskan kerutan yang paling membandel dalam waktu singkat.

kelebihan setrika uap
Setrika uap bisa menghasilkan tampilan pakaian yang terbaik karena permukaannya jadi sangat halus

2. Aman

Kelebihan setrika uap berikutnya adalah bisa mati secara otomatis sehingga penggunaannya lebih aman. Hal tersebut bisa meminimalisir adanya cedera jika setrika terlalu panas.

3. Hasil yang Terbaik

Ingin tampilan pakaian yang rapi, halus, dan terlihat profesional? Maka, kamu perlu menggunakan setrika uap. Soalnya, uap panas yang dihasilkan mampu melembapkan serat pakaian dan membuatnya jadi lebih mudah untuk ditekan.

Baca Juga:   5 Tips Hemat Beli Elektronik Rumah Tangga

Selain itu, uap juga tidak merusak elemen serat kain. Jadinya, serat akan tetap erat dan hasil setrikaan bisa tetap rapi, walaupun dipakai seharian.

kelebihan setrika uap
Saat menggunakan setrika uap, pakaian bisa lebih halus dan teksturnya pun lembut

4. Perawatan Mudah

Cara perawatan yang mudah juga menjadi kelebihan setrika uap yang bisa kamu dapatkan. Soalnya, kamu hanya memerlukan kain microfiber untuk mengelap bagian luar setrika dan kosongkan tangki air setiap habis digunakan. 

Kekurangan Setrika Uap

Selain kelebihan, ternyata seterika uap juga memiliki beberapa kekurangan setrika uap, seperit berikut.

1. Perlu Isi Ulang Air

Setrika uap berfungsi menggunakan uap air untuk menghaluskan pakaian. Maka dari itu, kita harus sering mengisi air di bagian tangki secara berkala. Soalnya, kalau tangki kehabisan air, setrika tidak dapat menghasilkan uap.

Apalagi jika bagian tangkinya cukup kecil, kamu perlu mengisi air selama beberapa kali dalam proses menyetrika pakaian.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan menyimpan satu tempat besar air bersih yang diletakkan di dekat setrika uap agar kamu bisa mengisi ulang dengan mudah.

kelebihan setrika uap
Saat menggunakan setrika uap, kamu perlu menyediakan air karena sistem isi ulangnya

2. Hanya Bisa untuk Beberapa Bahan

Berbeda dengan setrika biasa, setrika uap tidak bisa digunakan untuk semua jenis kain, terutama yang bahannya berat layaknya kain wol dan campuran polyester. Soalnya, uap yang dihasilkan tidak cukup untuk menghilangkan kusut di kain yang berat.

Namun, jika kamu memiliki berbagai bahan pakaian yang ringan, seperti linen dan katun, maka setrika uap bisa melicinkan pakaian dengan sangat sempurna.

Rekomendasi Setrika Uap Terbaik 

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan setrika uap yang perlu kamu ketahui. Jadi makin tertarik untuk membelinya, bukan? 

Baca Juga:   7 Langkah Mencuci Baju dengan Cepat dan Bersih

Kami sudah merangkum beberapa rekomendasi setrika uap terbaik yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

1. Philips Setrika Uap

Setrika uap merek Philips hadir dengan fitur uap yang bisa diatur sesuai jenis bahan pakaian dan memiliki alas yang anti lengket. Lalu, ada bagian spray dari sisi depan sehingga volume uap air bisa maksimal.

kelebihan setrika uap
Philips Setrika Uap 400w Gc1418 – Ungu

Beli di sini

2. Salav Setrika Uap Lipat Handheld

Ingin penggunaan setrika uap yang lebih ringkas? Kamu bisa menggunakan yang jenis lipat dan handheld berikut ini. Setrika ini memiliki kapasitas tangki air 90 ml dengan fitur otomatis mati sehingga aman dari tingkat panas berlebih dan kebocoran air.

kelebihan setrika uap
Salav Setrika Uap Lipat Handheld Dh300 – Putih gold

Beli di sini

3. Ariete Stiromatic Setrika Uap

Ariete menghadirkan alat menyetrika pakaian dengan 2 fungsi sekaligus, sebagai setrika uap dengan kapasitas tangki 0,6 liter atau tanpa uap.  Tentu, bagian alasnya sudah anti lengket dengan bentuk ujung sangat ramping sehingga bisa menjangkau sudut pakaian. 

kelebihan setrika uap
Ariete Stiromatic Compact Setrika Uap

Beli di sini

4. Ariete Setrika Uap Portable

Jika kamu gemar traveling, maka bisa memilih setrika uap merek Ariete dengan jenis portabel. Soalnya, alat ini terbuat dari plastik dengan berat 2,5 kg yang cukup kamu masukkan ke dalam koper atau tas. 

kelebihan setrika uap
Ariete Setrika Uap Portable

Beli di sini

Miliki setrika uap hemat hingga 50%
klik di sini

Kamu bisa membeli semua produk di atas melalui ruparupa.com. Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot multifungsi dan alat elektronik dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yakni ACE, Krisbow, Informa, dan masih banyak lagi.