10 Inspirasi Desain Tangga Minimalis

0
382
Sumber: kzarchitecture.com

Jika kamu pecinta rumah berkonsep minimalis bertingkat, maka pemilihan tangga merupakan salah satu bagian penting yang wajib kamu perhatikan. Selain berfungsi sebagai penghubung antar lantai, tangga juga merupakan elemen konstruksi vital yang dapat menambah kecantikan terhadap suatu rumah. Dengan pemilihan tampilan tangga minimalis yang unik, dijamin nilai estetika di dalam rumah pun akan bertambah. Menariknya, saat ini telah hadir begitu banyak inspirasi desain tangga minimalis yang dapat dimodifikasi menjadi bentuk-bentuk yang estetik.

10 Inspirasi Desain Tangga Minimalis

Selain memiliki tampilan yang unik, pastikan kamu juga memerhatikan bentuk dan pondasi tangga yang nyaman untuk kamu lalui. Apalagi pada saat ini telah hadir beragam jenis variasi tangga minimalis yang dapat kamu sesuaikan dengan konsep desain interior rumahmu. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, yuk simak inspirasi desain tangga minimalis yang cantik dan unik namun tetap fungsional untuk diaplikasikan di rumahmu!

Unsur kayu pada nuansa putih

Sumber: unsplash.com/@jasonbriscoe

Unsur kayu pada tangga rumah dapat membuat suasana rumah menjadi lebih hangat dan nyaman. Desainnya yang sederhana membuat kamu juga tidak memerlukan menambah elemen dekorasi yang berlebihan untuk menonjolkan kesan minimalis. Selain itu, tangga dengan materal kayu juga memiliki kualitas yang kokoh dan kuat. Misalnya, kamu dapat menggunakan jenis kayu mahogani ataupun kayu jati sebagai material utama tangga kamu.

Tangga Split

Sumber: unsplash.com/@tormius

Menggunakan konsep kayu memang sudah sering dijadikan sebagai pilihan bahan dasar dalam pembuatan rumah tangga. Hal ini mempertimbangkan dari sifat kayu yang fleksibel dan kuat, serta kekayaan motif pada seran yang menjadikan nilai lebih pada kayu untuk memperelok tampilan tangga rumah. Material kayu dengan pinggiran kaca ini membuat hunian yang simple namun tertata rapi. Tipe tangga ini juga cocok untuk kamu yang menyukai unsur cahaya matahari alami yang menyinari permukaan rumah. Refleksi cahaya yang ditampilkan membuat permainan ilusi yang nyaman dan hangat.

Namun, konsep yang unik ini tidak disarankan untuk kamu yang memiliki anak kecil di dalam rumah. Tangga ini memiliki sisi yang bolong pada bagian pertengahan sehingga akan  memiliki resiko anak terjatuh dan sangat berbahaya. Untuk itu, kamu masih dapat mencoba konsep serupa dengan gaya tangga yang tertutup total ya.

Tangga klasik yang kekinian

Sumber: unsplash.com/@micah_carlson

Siapa bilang kamu tidak dapat memadukan nuansa klasik pada konsep rumah minimalis? Pada kenyataannya, konsep minimalis kini banyak diminati karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk merenovasi keseluruhan rumah. Meski sudah terlihat usang dan membosankan, kamu masih dapat memodifikasinya menjadi gaya “klasik modern” dengan menonjolkan dominasi warna putih yang bersih dengan sentuhan warna kayu pada railing tangga.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat mendesain ulang lantai rumah kamu dengan aksen pilar-pilar kayu sederhana agar menciptakan kontras yang menonjolkan sisi tangga yang minimalis. Untuk dekorasinya juga cukup mudah, kamu tinggal menambahkan furnitur berwarna putih polos dengan tanaman hias hijau agar ruangan terlihat lebih berwarna.

Baca juga 10 Furniture Warna Putih yang Bikin Hunian Menawan

Tangga minimalis dengan elemen warna gelap

Sumber: unsplash.com/@garinchadwick

Berbeda dengan tangga kayu yang pada umumnya menonjolkan kesan hangat khas warna alami kayu, konsep minimalis yang satu ini justru memadukan elemen warna tangga yang gelap dengan dominasi warna putih dinding. Perpaduan warna ini sangat ideal dengan konsep minimalis monokrom dengan kesan clean dan cerah. Untuk posisi tangga rumah ini, kamu dapat mencoba menempatkannya menempel dengan permukaan dinding secara vertikal untuk menambah kesan ruangan yang tinggi.

Konsep 1/2 Handrailing

Sumber: unsplash.com/@ryo_t

Tangga model ini memang terlihat sekilas seperti hanya memiliki satu garis permukaan kayu. Selain itu, tipe tangga ini juga memiliki ukuran yang kecil dan ringkas agar kamu masih dapat memanfaatkan lahan sisanya untuk keperluan lain. Namun, kamu harus berhati-hati saat menaikinya. Sebab, hanya terdapat satu sisi handrailing yang dapat menjadi tumpuan pegangan dengan sisi yang tidak tertutup.

Bentuk dan konsep yang dibangun dari tangga ini membuat tampilan rumah menjadi unik dan lebih berkarakter. Tangga ini menggunakan permainan bentuk gaya modern kontemporer, namun tetap memiliki daya tahan kekokohan yang kuat.

LED pada sela tangga

Sumber: unsplash.com/@minhuang

Kamu tertarik dengan desain rumah yang futuristik modern? Maka, kamu dapat mencoba memadukan material kayu dan kaca secara bersamaan. Untuk tips tambahan, kamu dapat menambahkan detailing lampu LED pada sisi bawah anak tangga agar pemaksimalan cahaya pada tangga tampak luar biasa megah dan elegan.

Perpaduan marble dan kaca minimalis

Sumber: unsplash.com/@alberthyseni

Pada desain tangga rumah mewah ini dapat mencoba membalut tampilan tangga dengan keramik bermotif marbel dengan railing kaca berwarna gelap. Konsep gemerlap datang dari penggunaan material tangga marbel yang dikombinasikan kerlip lukisan dan lampu sorort berwarna terang membuat rumah terlihat mewah dan mahal. Namun perlu diingat, bahwa desain seperti ini perlu menggunakan konsep persiapan interior yang matang agar tidak memberi kesan berantakan yang bertabrakan dengan motif tangga yang ramai.

Tangga mewah melingkar atau spiral

Sumber: meglassonarchitect.com

Selain memiliki bentuk yang cantik, penggunaan tangga melingkar juga dapat menjadi solusi bagi rumah sempit. Bentuknya yang ringkas menjadi kelebihan sendiri karena cenderung tidak memakan banyak tempat. Selain menghemat ruang, bentuknya yang unik membuat ruangan terlihat estetik yang distingtif bak rumah mewah. Manfaatkanlah ruangan semaksimal mungkin agar kamu dapat tinggal dengan nyaman dan betah pada permukaan ruangan yang luas, contohnya kamu dapat menempatkan tangga spiral pada bagian sudut ruangan.

Untuk memberikan sentuhan minimalis modern, kamu dapat memadukan komposisi kayu berwarna terang dan gelap secara bersamaan. Misalnya pemilihan warna kayu terang pada sisi tangga dan furnitur rak gelap pada permukaan dinding, begitu pula sebaliknya. Untuk menambah kesan dramatis, kamu dapat menambah lampu LED pada sisi rak agar tidak terlihat monoton.

Baca juga 11 Inpirasi Desain Kamar Tidur dengan Lampu Led

Tangga minimalis berbentuk L

Sumber: kzarchitecture.com

Tangga berbelok dengan bentuk L merupakan bentuk yang paling umum ditemukan pada setiap rumah. Selain bentuknya yang cantik, tangga ini mampu menciptakan efek focal point ruangan yang terkesan mewah. Kamu juga dapat menyesuaikan lebar tangga dengan proporsi bangunan rumahmu.

Tangga minimalis melayang

Sumber: sajiarchi.com

Untuk para pecinta rumah minimalis, pastinya sudah tidak asing dengan konsep tangga melayang atau sering dikenal juga dengan sebutan floating stairs. Konsep tangga ini sangat cocok diaplikasikan pada rumah yang sempit. Secara visualisasinya sendiri, tangga ini mampu menciptakan ilusi mata yang terlihat bak tidak memiliki tiang penguat. Umumnya konsep ilusi ini menggunakan teknik gantung pada dinding ataupun dengan bantuan railing penahan yang kokoh. Maka, sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan penata interior kamu sebelum memutuskan menggunakan konsep ini. Pasalnya, pemasangan tanpa perhitungan yang tepat justru dapat membahayakan keselamatan kamu dan juga keluarga.

Konsep floating stairs juga cocok jika dipadukan dengan furnitur berwarna senada tanpa hiasan yang berlebihan untuk menciptakan kesan minimalis yang ringkas pada ruangan. Misalnya, kamu dapat mencoba menggunakan kursi polos tanpa corak motif untuk menciptakan tampilan yang estetik.

Dapatkan kursi kayu berkualitas bagus hanya di Ruparupa.com

Itu dia 10 inspirasi ide desain tangga minimalis yang dapat kamu jadikan referensi saat membangun rumah idamanmu. Ingat, pastikan kamu mempertimbangkan sisi estetika, fungsionalitas, beserta keamanannya sebelum meletakkan pilihan hatimu ya. Nah, untuk kamu yang ingin mencari furnitur pelengkap estetika di rumahmu, kamu dapat cek Ruparupa.com. Tak hanya itu saja, Ruparupa.com juga menjual semua perkakas kebutuhan rumah untuk investasi kenyamanan jangka panjang rumah idamanmu.

Tunggu apalagi? Yuk, saatnya wujudkan rumah idamanmu mulai dari sekarang!