21 Inspirasi Dapur Cantik Idaman Para Wanita

0
1646
Sumber: unsplash.com/@sidekix

Dapur merupakan salah satu bagian ruangan yang tidak boleh terlewatkan di sebuah rumah. Dahulu, dapur hanya berfungsi sebagai tempat memasak maupun menyantap hidangan. Namun, kini fungsi itu turut bergeser mengikuti perkembangan zaman. Alih-alih mengikuti tren desain kekinian, banyak penghuni yang justru memilih untuk menata dapur cantik agar menjadi tempat yang nyaman.

Selain membuat ruangan terasa menyenangkan, Anda pun bisa lebih percaya diri untuk menjamu para kerabat yang berkunjung ke rumah. Untuk itulah, Anda harus lebih pintar mengoptimalkan penataan furnitur di setiap ruang pada hunian, terutama bila ingin menghasilkan dapur cantik dengan fasilitas yang lengkap.

Inspirasi Dapur Cantik Kekinian

Selain desain yang menawan, pemilihan tema warna dan dekorasi di dapur juga turut mengambil andil besar dalam membuat tampilan lebih rapi. Nah, agar tidak salah saat menata dapur, mari simak beberapa inspirasi desain dapur yang menawan di bawah ini.

1Dapur cantik dengan konsep earth tone

Sumber: unsplash.com/@watermarkdesigns

Usahakan untuk menggunakan perpaduan warna yang senada. Dengan begitu ruangan akan tampak lebih luas dan rapi. Misalnya, jika Anda tertarik dengan tema earth tone berunsur kayu, maka Anda bisa mengombinasikannya dengan warna netral seperti putih pada kabinet dapur, furnitur, hingga dekorasi perabotan dapur.

2Dekorasi Earth Tone Warna Gelap

Sumber: unsplash.com/@ralphkayden

Bagi Anda yang menyukai nuansa gelap, maka interior dengan perpaduan warna hitam dan kayu akan membuat tampilan yang elegan dan maskulin. Seperti dekorasi dapur di atas, perpaduan warna earth tone gelap bisa membuat dapur lebih mudah dibersihkan.

3Desain Dapur Earth Tone Warna Putih

Sumber: unsplash.com/@rarchitecture_melbourne

Salah satu trik untuk membuat tampilan dapur tampak lebih luas adalah dengan tidak menggunakan pintu ataupun sekat antar ruangan. Selain membuat sirkulasi udara dapur menjadi lebih segar, trik ini juga akan mempercantik interior ruangan.

Agar terlihat lebih sempurna, pilih dekorasi dapur minimalis earth tone dengan warna putih, seperti satu ini. Gaya dapur ini memang tidak akan pernah gagal memikat hati siapapun yang melihatnya. Penggunaan komposisi warna serta furnitur yang minim membuat tampilannya tampak bersih dan rapi.

4Desain Dapur Perpaduan Abu-abu dan Cokelat

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Ukuran dapur yang ringkas membuat Anda dapat tetap dengan leluasa menyiapkan kebutuhan makanan sehari-hari untuk orang tersayang di rumah. Misalnya, dengan menggunakan gabungan meja bar dengan kursi stool agar rumah minimalis tampilannya bisa tetap terlihat estetik.

Agar terlihat lebih mewah, Anda bisa memadukan warna earth tone cokelat dengan warna netral, seperti abu-abu. Tambahkan warna hitam pada bukaan kabinet supaya semakin sempurna.

Beli di sini

5Dapur Minimalis Perpaduan Putih Dan Cokelat

Sumber: unsplash.com/@rarchitecture_melbourne

Desain dapur kecil minimalis memang memberikan tantangan tersendiri bagi sang pemilik hunian. Meski memiliki ruangan yang terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa membuat tampilannya tampak apik dan elegan. Buktinya, Anda bisa memainkan perpaduan warna putih dengan desain kayu pada kabinet kitchen set, yang bisa memanipulasi tampilan ruangan. Jadinya, dapur Anda pun bisa tampak lebih luas, seperti desain di atas.

Baca Juga:   7 Inspirasi Warna Dapur Minimalis Agar Tampak Lebih Menawan

6Dapur Terbuka Putih dan Cokelat

Sumber: unsplash.com/@andrefrancoismckenzie

Perpaduan warna kayu dan aksen putih memang tidak akan pernah terpisahkan. Sebab, kedua aksen ini mampu menghasilkan tampilan ruangan dapur yang mewah sekaligus modern. Ditambah dengan pantulan cahaya matahari serta dekorasi lampu tanam yang memberikan kesan ruangan tampak lebih hidup.

Tak hanya itu, nuansa rumah juga akan terasa nyaman bila Anda padukan dengan dekorasi dan perabotan yang tepat. Seperti, penggunaan wastafel yang berbentuk unik serta pemilihan kesatuan kompor dan oven tanam yang bisa menghemat lebih banyak ruang di dapur.

7Dapur cantik minimalis modern

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Jika Anda tidak menginginkan tampilan dapur yang terlalu terang, maka Anda bisa mempertimbangkan penggunaan material metal dan hitam untuk menyeimbangkan kompisisi warna di dapur. Selain lebih mudah dibersihkan, material tersebut juga bisa memberikan pantulan cahaya sehingga ilusi ruangan tampak lebih luas.

8Desain Dapur Minimalis Serba Putih Dan Abu-abu

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Lain halnya bila Anda suka dengan tampilan yang lebih terang, maka pilihlah material putih untuk area kitchen set. Untuk membuat tampilan dapur tampak elegan, Anda bisa memakai meja countertop dan lantai keramik bermotif marbel mengkilat.

Tambahkan pencahayaan dari lampu gantung dengan desain klasik agar tampilan dapur tampak mengagumkan. Percaya deh, siapapun pasti akan makin rajin memasak setelah melihat perpaduan kombinasi ruangan ini.

9Dapur Minimalis Putih dan Silver

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Jika Anda tidak memiliki jendela di dapur, maka Anda bisa mencoba memasang beberapa lampu sebagai pencahayaan utama. Umumnya, penggunaan lampu berwarna putih akan membuat ruangan tampak lebih terang dan rapi.

Anda juga bisa mencoba menambahkan lampu tepat di bawah kabinet dan di atas kompet sehingga pencahayaan pada setiap sudut akan menjadi lebih maksimal. Pilihlah kabinet atas warna putih dipadukan dengan kabinet bawah warna abu-abu agar terlihat lebih mewah. Sedangkan untuk perlengkapan dapur, pilih warna silver yang masih senada.

10Desain Dapur Abu-abu dan Putih

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Model minimalis modern yang satu ini mengangkat konsep ruangan yang bersih dan luas. Perpaduan warna putih dan abu-abu yang selaras dan penggunaan kabinet yang mengitari seluruh permukaan dinding ini,  dapat  membuat dapur terlihat rapi, tanpa ada barang yang berserakan.

11Gaya Dapur colorful

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Anda tetap bisa bermain warna cerah untuk menghasilkan tampilan dapur yang cantik. Namun, pastikan Anda tetap menggunakan unsur warna monokrom untuk menetralisir perpaduan warna-warna yang ekstem ini. Jadinya, dapur akan terlihat playful dan colorful sehingga Anda pun bisa lebih semangat memasak.

12Desain Dapur Putih

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Bicara soal desain, rasanya tidak akan lengkap bila tidak ditemani oleh konsep ruangan berwarna putih. Pasalnya, aksen ruangan yang didominasi dengan warna putih memang selalu cocok digunakan pada tema ruangan mana pun.

Warnanya yang netral membuat ruangan terlihat lebih luas. Nah, Anda bisa memadukan tipe dinding keramik tile subway agar sentuhan warna dasar putih menjadi tidak terlihat monoton.

Beli di sini

13Desain Dapur Skandinavian Putih

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Gaya interior ala skandinavian memang tidak akan pernah gagal memikat hati. Tampilan furnitur yang serba putih ini bisa membuat ruangan tampak bersih dan luas.

Salah satu ciri khas desain ini adalah nuansa elegan yang hadir dari motif lantai yang mengilap. Selain itu, penggunaan pencahayaan alami dan lampu gantung senada, membuat interior dapur terlihat lebih keren.

Beli di sini

15Desain dapur monokrom

Sumber: unsplash.com/@adamwinger

Tema monokrom juga banyak digandrungi banyak para masyarakat modern. Desain interior yang simpel dan tidak banyak dekorasi ini membuat tampilan ruangan tampak catik secara effortless.

Umumnya, pemilihan warna dari tema ini berkisar pada warna hitam, putih, abu, dan juga cokelat sebagai pelengkap. Agar terlihat semakin mewah, Anda bisa menggunakan meja motif marmer hitam, yang tidak terlalu gelap.

16Desain dapur minimalis klasik

Sumber: unsplash.com/@aaronhuber

Desain dapur bisa tampak elegan dengan khas desain klasik. Namun, hindari menggunakan terlalu banyak warna, melainkan pilih warna putih sebagai komponen warna yang paling dominan. Kemudian, pasanglah lampu gantung klasik agar desain dapur terlihat lebih artistik.

17Gaya Dapur U Serba Putih

Sumber: unsplash.com/@ibidsy

Keunggulan desain dapur berbentuk U akan membuat Anda bisa memasak dengan leluasa. Desain dapur kecil ini bisa membuat Anda lebih mudeha memanfaatkan semua bagiannya agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, material metal pada sisi permukaan kabinet membuat dapur lebih mudah dibersihkan.

18Desain dapur ala rumah boneka

Sumber: unsplash.com/@chastitycortijo

Ternyata, Anda juga bisa loh membuat interior dapur seperti rumah boneka di film-film. Contohnya, desain dapur di atas, yang menggunakan dekorasi exhaust fan, membentuk atap bak rumah boneka.

Agar tampilannya terlihat semakin mirip, Anda bisa mendesain dinding dapur berbentuk bata menyamping. Hasilnya? Voila! Desain dapur ala rumah boneka siap menemani momen memasakmu.

19Desain Dapur Japandi ala Drama Korea

Sumber: unsplash.com/@cathan

Jangan ragu menambahkan jendela atau ventilasi untuk menghasilkan tampilan dapur yang estetis dan alami. Inspirasi ini akan memberikan pantulan keseluruhan bagian tata ruang tampak hangat dan menarik.

Selain itu, area dapur juga akan terasa lapang sehingga momen memasak semakin terasa menyenangkan. Sebagai tambahan, Anda bisa menaruh tanaman hijau di dekat jendela agar tampilannya tampak lebih rileks dan homey.

20Gaya rustic kekinian

Sumber: unsplash.com/@collovhome

Dekorasi ruangan bertema rustic menggunakan dua komponen warna utama, yaitu putih dan tekstur kayu. Umumnya tampilannya akan terlihat bak seperti nuansa alam yang sengaja dipadukan dengan perkakas serba kayu. Supaya dapur semakin cantik, Anda bisa menambahkan hiasan bunga artifisial pada setiap sudut ruangan.

21Gaya Dapur Minimalis Bata Putih

Sumber: unsplash.com/@collovhomedesign

Siapa bilang dapur cantik harus selalu mahal? Buktinya, Anda bisa memanfaatkan rak gantung sebagai alternatif pengganti kabinet di sudut dinding yang kosong. Anda bisa menambahkan dekorasi tanaman hias dan memakai vas estetik agar ruangan tidak monoton dan membosankan.

Beli di sini

22Gaya Dapur Dengan Keramik Heksagonal Putih

Sumber: unsplash.com/@roamincolor

Anda pun pasti setuju bahwa dapur cantik akan membantu menaikkan mood dari sang penghuni. Sama halnya dengan inspirasi desain dapur di atas. Konsep feminim dengan dekorasi dinding keramik segi enam ini,  membuat ruangan dapur tampak hidup dan tak menoton.

23Dapur Sentuhan Putih Dan Cokelat

Sumber: unsplash.com/@roamincolor

Satu lagi gaya dinding segi enam yang bisa mempercantik ruangan. Konsep ruangan ini memang sedikit tricky dan membutuhkan keahlian penataan agar tetap terlihat rapi.

Soalnya, motif pada dinding yang cenderung ramai sehingga Anda harus lebih memperhatikan jenis perabot pelengkapnya. Untuk itulah, para ahli menyarankan untuk menggunakan jenis dekorasi dan perabotan yang polos agar tidak bertabrakan dengan motif di belakangnya.

Itu dia beberapa desain dapur cantik untuk rumah Anda. Memang merancang desain dapur membutuhkan kreativitas dan inspirasi, agar bisa menghasilkan tampilan yang cantik dan menarik. Namun, Anda juga perlu memperhitungkan kenyamanan saat sedang berada di ruangan tersebut.

Pastikan Anda memakai produk rumah tangga yang berkualitas. Nah, Anda bisa memperoleh beragam kebutuhan rumah tangga, serta dekorasi interior dapur dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa. Yuk, tunggu apalagi? Segera kunjungi Ruparupa sekarang!