Ini Persiapan yang Harus Dilakukan sebelum dan sesudah Olahraga

0
832
persiapan olahraga

Olahraga adalah cara paling mudah untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, kita juga bisa melakukan olahraga kapan saja dan di mana saja. Apalagi, sudah banyak alat olahraga praktis yang bisa kita gunakan di rumah.

Meski begitu, olahraga tidak bisa dilakukan sembarangan, lho. Untuk mencegah terjadinya cedera, ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum dan sesudah olahraga. Jadinya, kita bisa mendapatkan hasil olahraga yang lebih optimal.

Ruparupa Banner

Lantas, Seperti Apa Persiapan Sebelum Olahraga yang Harus Dilakukan?

Nah, kali ini kami punya beberapa daftar persiapan wajib sebelum melakukan olahraga seperti berikut.

1. Istirahat Cukup sebagai Persiapan Olahraga

Tanpa istirahat yang cukup, tubuh akan lebih mudah lelah dan lapar. Hal ini tentu membuat kegiatan olahraga  jadi kurang efektif. Supaya lebih cepat tidur, cobalah kurangi konsumsi kafein dan hindari bermain gadget sesaat sebelum tidur.

2. Penuhi Cairan Tubuh

Ketika berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Padahal, cairan memegang peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, kamu harus minum air putih 2-3 gelas satu jam sebelum olahraga agar tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga:   Catat! Ini Dia Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022
minum air persiapan olahraga
Penuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum olahraga agar tetap terhidrasi.

3. Pastikan Tubuh Memiliki Tenaga

Kondisi tubuh yang kelaparan bisa menyebabkan gampang pusing, mual, dan lesu. Supaya lebih berenergi, kamu bisa mengisi perut dengan makanan ringan rendah kalori 1-2 jam sebelum berolahraga.

4. Gunakan Perlengkapan yang Sesuai untuk Olahraga

Aktivitas fisik membuat kita mengeluarkan banyak keringat. Maka dari itu, pastikan memakai pakaian olahraga dengan bahan yang menyerap keringat.

Ada baiknya menggunakan sepatu olahraga yang empuk dan tebal untuk menghindari cidera. Jadi, kamu bisa berlari dan melompat dengan leluasa.

 

persiapan sepatu olahraga
Dr. Kong Ukuran 40 Sepatu Wanita W5000933 – Putih
Sepatu olahraga wanita yang empuk dan nyaman digunakan.

Beli di sini

sepatu olahraga hitam
Dr.kong Ukuran 40 Sepatu Casual Pria Cn000041
Sepatu olahraga yang mampu lindungi kaki dari pegal.

Beli di sini

5. Lakukan Pemanasan

Dengan melakukan pemanasan, kamu bisa menghindari terjadinya cedera ringan dan berat. Selain itu, otot dan sendi tubuh akan lebih siap untuk melakukan berbagai gerakan olahraga. Jadi, lakukanlah pemanasan selama 10 menit sebelum mulai berolahraga.

Lalu, Hal-Hal Apa yang Harus Dilakukan Sesudah Berolahraga?

Persiapan sebelum olahraga memang penting. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan usai olahraga agar hasil latihan jadi lebih optimal. Apa saja itu?

1. Lakukan Peregangan

Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan waktu pendinginan untuk kembali pulih. Nah, dengan melakukan peregangan, kamu dapat mengurangi rasa tegang pada sendi dan mencegah otot terluka saat berkontraksi.

2. Gunakan Foam Roller

Bila kamu ingin pulih lebih cepat, kamu bisa menggunakan foam roller. Gulungan busa satu ini berfungsi untuk memijat otot-otot yang kaku dan mengurangi rasa pegal setelah berolahraga. Kami juga punya rekomendasi foam roller berkualitas, seperti berikut ini.

3. Santap Makanan Bergizi

Setelah olahraga berat, tubuh memerlukan nutrisi untuk mengembalikan energi yang hilang. Bila tidak, tubuh akan terasa lapar dan lemas seharian.

Selain itu, kamu juga membutuhkan karbohidrat dan protein untuk mempercepat proses pembentukan glikogen di dalam otot.

4. Mandi Air Dingin

Selain bikin tubuh jadi lebih segar, mandi air dingin juga berguna untuk menenangkan otot-otot yang tegang, lho. Bukan cuma itu, air dingin pun dapat mencegah terjadinya peradangan sendi dan mengurangi rasa nyeri setelah olahraga.

5. Catat Aktivitas Olahraga

Supaya lebih efektif, catat seluruh aktivitas olahraga yang kamu lakukan setiap harinya. Dengan melakukan ini, kamu bisa mengetahui apakah olahraga yang kamu lakukan telah memberikan hasil positif atau belum.

persiapan sesudah olahraga
Sumber: unsplash.com

Sekarang kamu sudah tahu berbagai hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah olahraga.

Buat kamu yang sedang mencari perlengkapan olahraga berkualitas, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.com.

Miliki alat olahraga hemat hingga 50%
klik di sini

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai perlengkapan home living dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, jalani hidup sehat dengan mulai berolahraga dari sekarang!