Saat menjelang hari raya Natal, tentunya orang-orang akan sibuk mendekorasi rumah mereka dengan hiasan. Terkadang dekorasi Natal tidak memiliki harga yang ramah di kantong. Untuk mengirit budget, kalian bisa loh membuat hiasan natal dari barang bekas. Selain menghemat pengeluaran, hiasan yang kalian buat sendiri tentu lebih unik.

Yuk simak beberapa ide hiasan natal dari barang bekas yang murah dan kreatif!

Hiasan Lampu Nuansa Natal

hiasan lampu
sumber: youtube.com/DiYBiGBooM

Untuk membuat dekorasi natal di rumah kalian semakin meriah, kalian bisa membuat lampu seperti gambar di atas. Kalian cukup siapkan beberapa botol bekas, glitter, dan juga tali untuk menyatukan botol-botol tersebut menjadi satu.

Hiasan Pohon Natal

hiasan pohon natal dari kertas bekas
sumber: youtube.com/INNOVACrafts

Pohon natal di atas ini memiliki cara pembuatan yang mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa kertas lalu gulung menjadi kecil. Satukan gulungan-gulungan tersebut sehingga membentuk seperti pohon. Lalu warnai pohon dengan spray paint dan tunggu sampai kering. Terakhir, kalian bisa hias pohon natal kalian sesuai selera.

Ornamen Natal

ornamen natal
sumber: youtube.com/INNOVACrafts

Kalian bisa membuat ornamen pada pohon natal versi kalian sendiri. Bahan-bahan yang kalian perlukan hanyalah kertas, cat, glitter, dan benang.

Ornamen Bunga

christmas tree decoration
sumber: youtube.com/INNOVACrafts

Ornamen pada pohon natal juga tidak selalu berbentuk bulat. Kalian bisa kreasikan ornamen seunik dan sekreatif mungkin, contohnya seperti bunga di atas. Bentuknya yang unik tentu akan menarik perhatian dan membuat pohon natal kalian lebih unik.

Hiasan Pohon Natal

hiasan pohon natal
sumber: youtube.com/5-MinuteCRAFTSFamily

Ornamen pohon natal unik lainnya yang kalian bisa buat adalah ornamen dengan bentuk seperti mesin permen. Kalian bisa menggunakan bola-bola kecil sebagai permen dan tutupan kaleng sebagai mesin pemutarnya.

Rak Kayu

christmas decoration
sumber: youtube.com/5-MinuteCRAFTSFamily

Rak kayu yang kalian miliki sekarang bisa menjadi dekorasi natal loh. Kalian bisa mengecat rak kayu kalian dengan warna yang identik dengan natal seperti warna merah, putih, dan hijau.

Hiasan dari Sedotan

christmas decoration from straw
sumber: youtube.com/5-MinuteCRAFTSFamily

Kalian bisa memanfaatkan sedotan sebagai dekorasi natal. Kumpulkan beberapa sedotan lalu ikat bagian tengah sedotan. Sedotan-sedotan tersebut akan berbentuk seperti bunga yang nantinya kalian bisa gantung sebagai hiasan.

Hiasan Natal Lonceng

hiasan lonceng
sumber: youtube.com/5-MinuteCRAFTSFamily

Hiasan lonceng sangat umum kita temukan saat natal, terutama pada pintu-pintu. Tahukah Ruppers kalau lonceng ini ternyata terbuat dari pot untuk tanaman loh! Kalian bisa mengecat pot dengan warna silver dan berikan pita agar memberi sentuhan manis.

Ornamen Pohon Natal Bentuk Rusa

christmas tree decoration
sumber: youtube.com/5-MinuteCRAFTSFamily

Ornamen ini memiliki bahan-bahan pembuatan yang mudah loh. Kalian hanya perlu menyiapkan kacang, kain warna cokelat, spidol hitam, bola warna merah, dan pita warna merah.

Kacang tersebut kalian belah dua. Kemudian, buat bentuk tanduk rusa pada kain warna cokelat dan tempelkan pada kacang. Satukan kembali kacang, lalu gambar mata rusa dan tempelkan bola merah sebagai hidung dari rusa.

Christmas Wreath

chirstmas wreath
sumber: youtube.com/5-MinuteCRAFTSFamily

Christmas wreath tidak melulu berupa daun loh. Kalian bisa membuat hiasan yang satu ini sesuai kreasi yang kalian inginkan, contohnya seperti gambar di atas. Kalian bisa membuat bunga-bunga tersebut dari kertas bekas kemudian satukan menjadi rangkaian bunga.

Snowman

snowman
sumber: youtube/5-MinCRAFTSFamily

Msskipun Indonesia tidak memiliki salju, namun itu tidak dapat menghalangi kalian dari membuat snowman. Kalian bisa membuat snowman dari buah labu.

Cat buah labu dengan warna putih kemudian tumpuk hingga menjadi 3 susunan. Lalu hias snowman dengan kancing sebagai mata dan juga baju. Tambahkan juga scarf agar tampilan snowman menjadi lebih menarik.

Hiasan Natal Berbentuk Bintang

hiasan natal bintang
sumber: youtube.com/INNOVACrafts

Kalian bisa memanfaatkan ranting-ranting bekas menjadi dekor natal. Kumpulkan beberapa ranting kayu lalu warnai dengan cat warna putih. Gabungkan ranting-ranting tersebut menjadi bentuk bintang lalu lem. Kalian bisa menggunakan lampu string untuk menghias bintang kalian.

Toples Nuansa Natal

christmas festive jars
sumber: youtube.com/GlueGuns&Roses

Agar rumah kalian semakin terasa nuansa natal, kalian bisa menghias barang-barang yang kalian miliki, contohnya seperti toples. Tutup toples bisa kalian cat warna putih serta tambahkan hiasan snowflake di atasnya. Lalu kalian juga bisa beri benang coklat dan ikat menjadi bentuk pita.

Lampu Natal

DIY christmas lamp
sumber: youtube.com/DiYBigBooM

Jika kalian memiliki botol bekas, jangan kalian buang. Botol bekas ini bisa berfungsi sebagai hiasan natal kalian seperti gambar di atas.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat hiasan di atas pun sederhana seperti botol plastik, glitter, kertas bekas, dan plastik. Kalian juga dapat menaruh lilin elektrik di dalamnya agar lebih indah.

Tempat Lilin

christmas decoration
sumber: youtube.com/DiYBigBooM

Selain menjadi lampu natal, botol bekas juga bisa dipakai menjadi tempat lilin loh. Bagian bawah dari tempat lilin ini terbuat dari botol bekas lalu di cat warna hitam, keren ya! Kalian bisa hias tempat lilin dengan daun-daun dan pita warna merah agar lebih manis dan elegan.

Hiasan Natal dari Ranting Kayu

hiasan natal rustic
sumber: youtube.com/CraftsandRecycling

Jika kalian ingin memiliki dekorasi natal dengan nuansa rustic, kalian bisa tiru gambar di atas. Kalian hanya perlu menyiapkan toples, ranting kayu, pita, benang, dan hiasan buah pohon cemara. Agar lebih menarik, tambahkan lampu string di sekeliling hiasan tersebut.

Itulah beberapa hiasan natal dari barang bekas yang murah dan kreatif. Kalian bisa membeli beberapa bahan untuk membuat dekor natal versi kalian di Ruparupa. Kalian juga bisa membeli hiasan nuansa natal lainnya di Ruparupa. Yuk wujudkan rumah nuansa natal impian kalian bersama Ruparupa!