5 Hal Penting Saat Beli CCTV di Rumah

0
7026
Sumber: Ruparupa.com

Seiring meningkatnya tindak kriminalitas, maka kebutuhan akan alat elektronik pengaman rumah pun menjadi penting. Salah satunya adalah dengan menggunakan CCTV di rumah. Namun, ada beberapa hal penting saat beli CCTV di rumah yang harus diperhatikan.

Jadinya, kita pun bisa meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dengan tenang. Apalagi, hanya dengan mengandalkan gembok dan kunci saja tidak cukup. Kita punperlu mengawasi keadaan rumah meski berada pada tempat yang jauh.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, CCTV atau Closed Circuit Television menjadi hal yang penting. Alat ini merupakan sebuah kamera video digital yang bekerja dengan memancarkan sinyal tertutup ke sebuah layar monitor.

Bagaimana Cara Memilih dan Beli CCTV di Rumah?

Namun, ada beberapa ha penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli CCTV untuk mengawasi rumah.

1. Tentukan tempat pemasangan

Hal penting pertama saat beli CCTV adalah pemilihan tempat untuk memasangnya di rumah. Kamu perlu tentukan terlebih dahulu area yang akan kamu pasangkan sebuah CCTV.

Hindari meletakkan CCTV di area yang tidak bisa menjangkau area rumah secara luas. Selain itu, pastikan radar CCTV mampu menangkap setiap pergerakkan, yang menuju ke arah rumah, misalnya di daerah teras hingga belakang rumah.

Baca Juga:   Tips Memilih Stoples untuk Kue Kering di Rumah

Hal ini akan memudahkan kamu dalam memilih ukuran dan bentuk CCTV yang akan diletakkan di rumah.

2. Pilih jenis CCTV

Umumnya, ada dua jenis CCTV, yaitu CCTV untuk indoor dan CCTV untu outdoor. CCTV indoor merupakan jenis CCTV yang digunakan di dalam ruangan.

Untuk CCTV indoor, pastikan kamu memilih CCTV dengan fitur infrared, yang bisa menghasilkan gambar di tengah keadaan gelap.

Selain itu, pilih CCTV dengan teknologi UTIR C Filter (ICR), yakni teknologi yang menghasilkan gambar tajam dan hitam putih di tengah kegelapan.

Sedangkan jenis CCTV outdoor merupakan kamera keamanan untuk mengawasi area luar ruangan. Biasanya, CCTV luar rumah harus lengkap dengan fitur tahan air yang bersertifikat IP66/IPG7.

CCTV outdoor pun memiliki lebih banyak fitur infrared untuk mereduksi cahaya matahari.

3. Sesuaikan dengan bujet

Tips membeli CCTV berikutnya adalah menentukan harga CCTV yang sesuai dengan bujet. Harga CCTV sendiri memang beragam, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Untuk itu, perlu kamu pertimbangkan jenis CCTV yang  sesuai kebutuhan.

tips membeli cctv
Sumber: Freepik

4. Ketahui spesifikasi CCTV

Setelah mengetahui tujuan dalam membeli sebuah CCTV, kamu bisa mulai menjadi spesifikasi CCTV, mulai dari resolusi gambar, bahan pembentuk CCTV, hingga ketahanan.

Baca Juga:   10 Tema Warna Soft untuk Hunian yang Nyaman

Jangan sampai setelah kamu membeli CCTV malah membuat kamu kecewa karena tidak sesuai keinginan, ya.

5. Pastikan produk memiliki garansi resmi

Tips membeli CCTV yang penting selanjutnya adalah pastikan setiap pembelian kamera keamanan ini dilengkapi dengan garansi resmi dari merek tersebut dan toko yang menjualnya.

Biasanya, masa berlaku garansi CCTV mulai dari 1-2 tahun. Dengan adanya garansi, kamu tidak akan dirugikan, terutama jika terjadi kerusakan setelah beberapa hari digunakan.

tips mmembeli cctv
Sumber: Freepik

Nah, itu dia beberapa tips membeli CCTV yang bisa kamu terapkan sebelum mendapatkan kamera keamanan di rumah.

Bagi kamu yang sedang mencari CCTV dengan berbagai spesifikasi dan jenis, kami memiliki rekomendasi CCTV untuk menjaga keamanan rumah kamu, seperti berikut.

tips membeli CCTV
Ezviz Ip Camera Ptz 4mp Cs-c6w

Beli di sini

tips membeli cctv
Krisview Kamera Cctv Ahd Kit 8 Cam 1080p

Beli di sini

 cctv
Kris Set Cctv Ahd 8 Kamera 1080 P H265 16ch

Beli di sini

cctv
Krisview Kamera Cctv Dome Starlight 4in1 2mp

Beli di sini

Semua produk di atas dapat kamu temukan hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand-brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk,  pastikan rumah kamu tetap aman saat ditinggal pergi.