Ini Dia Fungsi Toaster dan Rekomendasinya

0
457

Roti panggang menjadi menu sarapan favorit banyak orang. Nah, supaya lebih praktis membuat roti panggang, kita bisa menggunakan toaster atau alat pemanggang roti. Fungsi toaster memang dirancang untuk membuat irisan roti terasa lebih renyah dan garing.

Kamu hanya perlu menyesuaikan ukuran roti dengan lubang yang tersedia pada mesin toaster. Namun, fungsi toaster ternyata tidak  hanya untuk membuat roti panggang, tetapi juga bisa untuk memanggang kue, memanaskan makanan, dan masih banyak lagi.

Ruparupa Banner

Apalagi, jenis alat pemanggang roti satu ini cukup beragam. Tidak heran bila fungsi toaster pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tenang saja, cara memakai setiap jenis toaster tersebut ternyata cukup mudah, lho.

fungsi toaster
Brabantia Toaster – Merah

Lalu, Bagaimana Cara Menggunakan Toaster

Nah, kali ini, kami akan membahasnya satu per satu cara memakai alat pemanggang roti satu ini.

1. Masukkan Irisan Roti ke Lubang Toaster

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memasukkan irisan roti yang ingin kamu panggang ke dalam lubang yang sudah tersedia.  Untuk posisi roti, tidak ada peraturan khususnya. Kamu bisa meletakkan roti menghadap ke mana pun.

2. Atur Tingkat Pemanggang

Setiap toaster memiliki tingkat pemanggangan yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu bisa mengatur tingkat kematangan dari roti sesuai dengan selera. Semakin besar angkanya, maka roti akan semakin terasa renyah.

Baca Juga:   Kenali Kegunaan Hand Blender yang Kaya Manfaat

3. Tekan Tuas Ke Bawah 

Nah, setelah memilih tingkat kematangan, tinggal tekan tuas yang ada di toaster ke arah bawah untuk memulai proses pemanggangan. Namun, hindari meninggalkan toaster yang sedang bekerja agar roti tidak gosong.

Apa Saja Jenis-Jenis Toaster?

jenis toaster
Kels Hayden Pemanggang Roti 870 Watt – Pink

Setelah kita membahas fungsi toaster, kita akan mengupas jenis toaster. Apalagi, model toaster semakin beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-hari.

1. Toaster Pop-up

Jenis toaster pop-up merupakan model toaster standar dengan model yang minimalis. Fungsi toaster ini adalah untuk memanggang roti dengan cara memasukkan 2-4 iris roti, sesuai dengan berapa lubang yang tersedia di taoster.

Setelah itu, pilih tingkat kematangan yang kamu inginkan, lalu tekan tuas ke bawah. Proses pemanggangan akan dimulai secara otomatis. Nah, berikut rekomendasi toaster pop-up berkualitas yang bisa kamu beli.

Kris Pemanggang Roti 2 Slice 700 Watt Ta01105-gs

Beli di sini

Kels Harbey Toaster – Hitam

Beli di sini

2.   Toaster Oven

Toaster oven adalah oven listrik berukuran kecil yang bisa memanggang roti sekaligus membuat kue. Umumnya, toaster oven bisa memanaskan makanan lebih cepat daripada oven biasa karena volumenya dan kapasitasnya yang lebih kecil.

Berikut rekomendasi toaster oven yang bisa kamu gunakan di rumah. 

rekomendasi toaster
Kris Oven Toaster 32 Ltr – Putih

Beli di sini

rekomendasi toaster
Ariete Oven Toaster Vintage 18 Ltr – Hijau

Beli di sini

3. Toaster Slice Sandwich

Ada juga model toaster yang berbentuk segitiga dan dilengkapi dengan lapisan anti lengket. Jadi, kamu bisa memanggang roti beserta isiannya, seperti selai stroberi, cokelat, dan sebagainya.

jenis toaster dan rekomendasi toaster
Kris Toaster Sandwich 2 Slice – Putih

Beli di sini

4. Toaster Conveyor

Selanjutnya adalah toaster convenyor yang dirancang untuk memanggang banyak irisan roti dalam satu waktu. Toaster conveyor banyak digunakan di toko roti dan restoran. Nah, berikut rekomendasi toaster convenyor yang biasa digunakan.

jenis toaster
Krischef Conveyor Toaster

jenis toaster

Beli di sini

Baca Juga:   Ini Cara Membersihkan Slow Cooker Agar Tahan Lama

Lalu, Apa Saja Pertimbangan Penting Saat Beli Toaster?

Nah, supaya kamu tidak salah membeli toaster, kamu bisa memperhatikan kebiasaan membuat sarapan di rumah. Kalau kamu rutin makan roti panggang biasa setiap pagi, maka kamu bisa memakai toaster standar yang praktis dan harganya tidak terlalu mahal. 

Lain halnya kalau kamu mencari alat pemanggang roti yang fungsional, maka kamu bisa membeli oven toaster yang lebih modern dengan fitur lebih banyak.

Oven toaster tidak hanya digunakan untuk memanggang roti, tetapi kamu juga bisa membuat pizza, ayam panggang, hingga membuat kue kering. Apalagi, ukuran oven toaster biasanya lebih besar dari alat pemanggang roti.

Bila kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membuat sarapan, maka toaster sandwich bisa lebih praktis. Kamu tinggal menyiapkan empat keping roti, masukan isian sesuai selera kamu, lalu letakkan ke dalam toaster sandwich.

Setelah fungsi toaster yang sesuai kebutuhan, kamu bisa memilih model toaster sesuai tema dapur dan ruang makan. Jadinya, area ruang makan di rumah tampak lebih menarik.

Seperti rekomendasi toaster minimalis dari ruparupa.com berikut ini.

Kels Hayden Pemanggang Roti 870 Watt – Pink

Beli di sini

Memoo Toaster 2 Slice 700w – Kuning

Beli di sini

Temukan alat masak praktis lainnya hemat hingga 50% Klik di sini

Selain toaster, kamu juga bisa menemukan alat masak, perabot minimalis, serta perlengkapan rumah tangga lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, pilih alat masak yang praktis dan tepat buat memenuhi kebutuhan kamu di rumah bersama ruparupa.com.