16 Desain Kamar Mandi Bergaya Scandinavian

0
390
desain kamar mandi sederhana dan murah
Source: ceramictechnics

Salah satu desain kamar mandi yang nyaman dan memiliki gaya minimalis modern adalah Scandinavian.

Alasannya karena gaya ini dapat membuat kamar mandi terlihat sederhana namun tetap menarik. Belum lagi keserasian keseimbangannya antara fungsi dan bentuk, yang mana terbilang sangat sulit untuk ditemukan secara bersamaan.

Sehingga tidak mengeherankan kalau Scandinavian menjadi pilihlah desain banyak orang dalam mewujudkan rumah impian.

Desain Kamar Mandi Scandinavian

Untuk bisa memahaminya lebih lanjut, dalam kesempatan ini Ruppers akan diajak untuk melihat beberapa desain kamar mandi sederhana nan unik.

Perpaduan warna kuning dan putih yang memberi menciptakan kesan luas dan anti sumpek

desain kamar mandi Scandinavian
Source: piqsels

Untuk membuat ukuran kamar mandi terlihat luas, kamu bisa memanfaatkan perpaduan warna putih dan kuning lembut. Dengan dua kombinasi warna ini kamu dapat memberikan kesan luas, bersih dan lapang. Sekaligus membantu mengoptimalkan pencahayaan pada ruangan.

Agar pencahayaan semakin optimal ada baiknya kamu menambahkan jendela,agar cahaya dapat masuk.

Untuk mengkresikan ruangan agar semakin menarik, kamu dapat menggunakan beberapa tanaman hias, cermin, atau jenis dekorasi minimalis lainnya sebagai dekorasi.

Sentuhan motif pada dinding kamar mandi akan membuat ruangan cantik bergaya Scandinavian 

Kamar mandi Scandinavian
Source: piqsels

Warna putih tidak selalu membosankan karena kamu bisa mengaplikasikan dinding kamar mandi dengan motif favorit. Untuk mewujudkannya kamu bisa menggunakan stiker dinding atau pilihlah keramik bercorak.

Agar ruangan mungil terlihat luas, kamu juga bisa meletakan cermin pada area yang tepat. Terlebih lagi saat ini sudah banyak bentuk reflektor yang dapat kamu sesuaikan dengan ruangan.

Selain itu gunakan laci bertingkat yang berfungsi untuk menyimpan aneka keperluan dan barang secara efisien. Dengan begini kamu bisa mengatakan selamat tinggal pada situasi yang berantakan.

Abu-abu dan putih warna netral yang tidak pernah salah

desain kamar mandi minimalis
Source: Andrius Gudelis | Architectural and Interior Design Photographer

Memasuki ruangan kamar mandi modern dengan konsep Scandinavian, maka warna abu-abu tidak mungkin tertinggal. Sebabnya gaya ini sangat erat dengan warna-warna terang dan  bersifat netral.

Dalam konsepnya warna putih biasanya menjadi warna yang mendominasi, yang kemudian dalam disempurnakan dengan warna lembut lainnya. Selain abu-abu ada juga warna lembut lainnya yang bisa menjadi alternatif yaitu biru muda, coklat muda, serta warna-warna pastel yang netral.

Untuk merancang desain kamar mandi minimalis yang apik gunakan batu alam sebagai pelapis dinding

kamar mandi minimalis scandinavian
Source: pxfuel

Untuk merancang desain kamar mandi yang apik gunakan batu alam sebagai pelapis dinding. Pasalnya dari penggunaan batu alam ini akan menghasilkan keseimbangan yang sempurna antara gaya dan tekstur yang kontras, serta memberikan titik fokus yang indah.

Bukan saja sebagai pelapis dinding, karena mengekspos gaya natural, dapat digunakan sebagai partisi kamar mandi, yang memisahkan dua ruangan berbeda. Misalnya area shower dengan area lainnya. 

Kayu dapat digunakan untuk mewujudkan kamar mandi yang sederhana nan elegan

desain kamar mandi modern
Source: Pixnio

Untuk kamar mandi yang cantik kamu bisa menggunakan berbagai sumber dari alam, salah satunya adalah kayu. Banyak orang berpikir bahwa jenis material ini tidak cukup baik, karena tidak dapat menahan kelembaban apalagi air.

Namun ternyata beberapa jenis kayu ulin dapat beradaptasi baik dengan air. Terbukti jenis kayu ini sering digunakan untuk menyangga rumah pada aliran sungai di daerah Kalimantan.

Sehingga dapat disimpulkan kalau kayu ulin bisa menjadi material yang kuat digunakan untuk kamar mandi. Tapi karena populasinya yang hampir punah, jenis kayu ini tidak lagi diperjual belikan.

Sebagai gantinya sudah banyak produk kayu sintetis yang tahan air, dan dapat menjadi alternatif.

Gaya Scandinavian yang kental juga terlihat dari ciri khas yang simpel dan tidak menggunakan banyak perabotan 

desain kamar mandi minimalis
Source: piqsels

Untuk area kamar mandi yang terbatas, kamu bisa membatasi produk yang akan mengisi ruangan tersebut. Pilih yang seperlunya tanpa memberikan dekorasi yang berlebihan.

Namun agar tetap cantik dan tidak terlihat kosong, maka tambahkan beberapa perlengkapan kamar mandi yang dapat memberikan fungsi, seperti gantungan handuk dari stainless, tanaman hijau yang menyegarkan ruangan, hingga kotak penyimpanan kaca yang memiliki fungsi ganda.

Mengaplikasin keramik berwarna pastel sebagai pelapis dinding dapat menjadi ciri khas Scandinavian

Untuk area kamar mandi yang terbatas, kamu bisa membatasi produk yang akan mengisi ruangan tersebut. Pilih yang seperlunya tanpa memberikan dekorasi yang berlebihan. Namun agar tetap cantik dan tidak terlihat kosong, maka tambahkan beberapa perlengkapan kamar mandi yang dapat memberikan fungsi, seperti gantungan handuk dari stainless, tanaman hijau yang menyegarkan ruangan, hingga kotak penyimpanan kaca yang memiliki fungsi ganda.
Source: piqsels

Salah satu ciri khas Scandinavian adalah penggunaan warna pastel yang netral. Misalnya warna coklat muda atau latte seperti gambar di atas.

Warna ini bukan sangat cantik menyempurnakan dinding karena tahan air, dan membuat ruangan terlihat rapi. Sedangkan pada bagian lantai kamu bisa mengaplikasikan keramik berwarna coklat tua agar memberikan warna kombinasi yang sesuai.

Jenis warna ini sangat mudah dipadukan dengan palet lainnya yang akan digunakan dalam interior. Kelebihan dari gaya ini yaitu membuat penggunanya tidak perlu repot memilih dekorasi ruangan secara berlebihan.

Keramik motif dengan furniture kayu merupakan kombinasi sempurna yang menghadirkan estetika tinggi

desain kamar mandi sederhana dan murah
Source: ceramictechnics

Bayangkan kamu memiliki desain kamar mandi seperti di atas, pasti sangat nyaman dan menyenangkan bukan?

Penggunaan vinyl  atau parkit untuk menutup area lantai secara otomatis menghadirkan suasana yang menenangkan, dan memberiksan kesan unik. Apalagi dengan tambahan laci susun dari kayu yang memiliki fungsi untuk menyimpan aneka barang dengan mudah.

Menyulap kamar mandi mungil bergaya Scandinavian yang multifungsi

kamar mandi kecil minimalis
Source: piqsels

Bukan masalah jika kamu tidak memiliki kamar mandi yang cukup luas, karena selalu ada cara untuk menyiasati ruangan kecil menjadi luas. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan ruangan yang ada dengan perabotan seperlunya.

Tak hanya itu memilih perabotan yang tepat juga kunci membuat ruangan mungil dapat berfungsi dengan baik. Seperti ilustrasi yang di berikan, dengan ukuran terbatas, kamu bisa memanfaatkan ruangan ini untuk menyimpan lemari, serta meletakan kloset atau westafel. Alternatif lainnya lemari tersebut dapat diganti menjadi bathtub.

Cermin akan membuat ilusi ruangan semakin luas 

desain area mandi
Source: pxfuel

Seperti pada point sebelumnya yang menyebutkan kalau salah satu cara untuk membuat ruangan terlihat luas adalah menggunakan cermin. Baik itu pada area tengah ruangan atau mengaplikasikannya sebagai dinding.

Agar lebih maksimal kamu bisa menggunakan lemari pintu kaca agar memberikan dua fungsi sekaligus, media reflektor dan tempat penyimpanan. Dari kasus ini tentunya kamu sudah tahu kalau harus lebih bijak dalam memilih perabotan yang ada.

Dengan menggunakan lampu LED mampu menciptakan kamar mandi yang cozy dan mewah

Desain kamar mandi
Source: Pixabay

Salah satu rahasia untuk membuat ruangan tampak ciamik adalah penggunaan lampu LED. Namun untuk mewujudkannya kamu harus tahu cara memilih warna lampu yang tepat. Pasalnya setiap warna akan menciptakan kesan yang berbeda-beda.

Untuk kamar mandi sendiri menggunakan lampu LED downlight berwarna kuning adalah pilihan sempurna. Seperti ilutrasi di atas yang menunjukan betapa nyamannya sebuah ruangan karena adanya tambahan penerangan.

Kamar mandi Scandinavian yang memiliki gaya khas simpel dan menonjol dengan warna netral

kamar mandi Scandinavian
Source: Pixabay

Ternyata membuat area mandi yang nyaman tidaklah sulit, karena dengan menambahn pencahayaan pada ruangan, sudah mampu menciptakan kesan ruangan yang sempurna.

Tidak perlu menggunakan dekorasi yang berlebihan, sebab cukup dengan menambahkan beberapa dekorasi seperti tanaman hijau, sudah mampu menyegarkan seluruh ruangan. Desain ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki ruangan terbatas maupun lebih.

Hanya pastikan jika ruangan terbatas, pilih perabotan yang mulitfungsi agar tidak meninggalkan kesan sesak.

Warna monokrom selalu sempurna untuk segala ruangan apapun termasuk area mandi

Desain Scandinavian
Source: Pixabay

Jika kamu tipe orang yang cepat bosan, dan menyukai menggunakan beberaoa warna sekaligus dalam suatu ruangan maka warna hitam dan putih adalah pasangan serasi.

Terkait dalam penggunaannya kamu bisa menggunakan putih untuk mendominasi, dan warna hitam untuk pewarnaan partisi. Sebagai alternatif ada juga palet lainnya seperti coklat, maupun abu-abu yang dapat menjadi pilihan.

Miliki waktu bersantai yang maksimal dengan adanya tanaman hijau yang menyegarkan

Area mandi
Source: Pixabay

Setelah seharian bekerja atau beraktivitas, sangat luar biasa jika dapat bersantai sejenak dengan berendam air hangat dalam bathtub. Dengan tambahan garam spa atau aroma terapi pada air yang akan semakin menyempurnakan moment me time ini.

Hindari menggunakan dekorasi yang berlebihan karena hanya akan mengurangi kenyamanan ruang tersebut. Cukup pilih beberapa dekorasi yang fungsional serta memiliki estetika seperti pot bunga atau lukisan dinding.

Keramik berwarna hitam salah satu alternatif yang membuat ruang mandi tampak unik 

Kamar mandi scandinavian
Source: Pixabay

Memilih material penutup lantai dan dinding yang terbuat dari keramik dapat membuat kamr mandi semakin menarik, karena motif dan ragamnya yang bervariasi. Selain itu  pilihan warna, desain dan motif juga dapat menciptakan tampilan indah pada interior yang ada.

Namun alasan lainnya mengapa keramil menjadi pilihan terbaik, karena lebih bertahan lama dan mudah untuk dibersihkan.

Di samping itu karena melalui proses pembakaran dengan suhu hingga 1.300 derajat celcius, menjadikan permukaan lantai ataupun dinding yang menggunakan material keramik tidak mudah mengelupas.

Kamar mandi berwarna pastel seperti biru juga dapat menjadi alternatif desain yang unik

Jika bosan dengan warna hitam dan putih, ada alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu warna biru pastel seperti ilutrasi di atas. Namun agar tidak terkesan suram maupun gelap, kamu bisa menambahkan pencahayaan ruangan pada sisi cermin dan area tengah ruangan.

Selain itu juga sangat disarankan untuk memberikan pencahayaan melalui jendela yang dilengkapi dengan tirai sebagai pengamannya. Tidak sulit bukan untuk menciptakan area mandi yang unik.

Untuk melengkapi desain kamar mandi yang kamu miliki, jangan lupa untuk mempercayakan produk perlengkapan yang ada hanya melalui Ruparupa. Platform belanja yang menjual aneka produk berkualitas dengan harga terbaik.

Daftar perlengkapan kamar mandi modern bergaya Scandinavian

Belum sempurna rasanya desain kamar mandi yang cantik tanpa produk berikut ini

Cermin lampu LED

cermin kamar mandi
  Beli disini

Sekilas cermin ini terlihat sama seperti produk pada umumnya, tapi ternyata fungsinya lebih dari itu. Karena selain digunakan untuk melihat gambar diri tentu cermin juga bisa dijadikan aksen dekorasi.

Sebab bukan saja bentuknya yang cantik, tapi juga terdapat fitur lampu LED berwarna kuning yang mengelilinginya.

Gantungan handuk

Gantungan handuk magnet
  Beli disini

Berbeda dengan gantungan handuk modern lainnya, karena produk Reenbergs Holder Magnetic Fleksibel menggunakan magnet dalam pemasangannya. Sehingga tidak memerlukan paku atau lem untuk menempelkannya.

Produk dengan ukuran 23 cm ini merupakan tempat untuk menggantung handuk, aksesoris atau perlengkapan lainnya agar lebih terlihat rapi. Miliki produk ini ekslusif hanya di Ruparupa.

Aksesoris kamar mandi

Aksesoris kamar mandi
           Beli disini

Sekarang menyimpan aneka perlengkapan kamar mandi seperti sabun, sikat gigi dan shampo akan jauh lebih mudah. Pasalnya sudah ada set aksesoris kamar mandi dari Kris sebagai solusinya.

Produk yang terbuat dari berkualitas yang kokoh dan awet ini, memiliki desain minimalis yang dapat menambah kesan dekoratif pada area mandi. Dalam satu set tersedia dalam:

Tempat sabun batang

Tempat sabung batang
Beli disini

Produk dengan dimensi 12.2 x 7.9 x 1.9 cm merupakan tempat sabun batang yang sempurna, karena terbuat dari material polyresin yang berkualitas, sehingga membuatnya tahan lama dan tidak mudah pecah.

Tempat sabun batang ini memiliki kontur bergelombang sehingga sabun menjadi anti slip. Keunggulan dari benda ini adalah dapat menjaga sabun agar tetap kering saat sedang tidak digunakan.

Rak gantung kamar mandi

Rak gantung kamar mandi
     Beli disini
Memiliki rak tambahan pada kamar mandi adalah cara terbaik untuk menambah ruang ekstra penyimpanan pada ruang terbatas. Produk dengan dimensi 41.3 x 61 x 10.2 cm ini dapat digantung pada kepala shower sebagai tempat untuk menaruh sabun, shampo, dan peralatan mandi lain yang kamu butuhkan.
Memiliki gantungan yang fleksibel sehingga dapat mengaitkannya pada tiang gantungan secara tegak lurus. Sebuah koleksi pilihan terbaik yang tepat untuk kamu.

Perlengkapan kamar mandi modern

Perlengkapan kamar mandi modern
  Beli disini

Buat kamar mandi semakin rapi dan cantik dengan set aksesoris kamar mandi polyresin persembahan dari Kris.

Set aksesoris kamar mandi ini terbuat dari material berkualitas yang kokoh dan awet. Belum lagi desainnya yang minimalis juga mampu menambah kesan dekoratif pada kamar mandi.

Pada setiap setnya terdiri dari dispenser sabun cair tutup tekan, tempat sabun batang, gelas sikat gigi, dan gelas serbaguna.

Tempat tissue

Tempat tisu
   Beli disini

Kini tidak perlu lagi merasa kesulitan saat ingin menggunakan tisu, karena sudah ada dispenser tisu dari Umbra yang dapat sangat cantik dan dapat berfungsi untuk meletakan perlengkapan kamar mandi.

Produk ini memiliki alas serbaguna pada bagian atasnya, yang dapat kamu gunakan untuk meletakkan smartphone ataupun aksesoris lainnya.

Rak kamar mandi

Rak kamar mandi rak tiga
    Beli disini
Tidak ada lagi ruangan yang berantakan, karena sudah ada rak kamar mandi persembahan dari Krishome yang dapat berfungsi untuk menyimpan aneka perlengkapan mandi. Prodk yang memiliki dimensi produk 31 x 30 x 74 cm ini terbuat dari material besi dan kayu yang kokoh.
Dengan  3 tingkat penyimpanan ini, kamu dapat menggunakannya sebagai tempat untuk menyimpan handuk, toileters cadangan hingga hair dryer. Cocok untuk kamar mandi dengan konsep minimalis.

Temukan produk di atas dengan berbagai harga beragam yang dapat kamu sesuaikan dengan budget. Nikamti juga berbagai penawaran menarik seperti flash sale, potongan harga, diskon besar hingga metode pembayaran yang beragam seperti cicilan 3, 6, hingga 12 bulan dari bank terpercaya.

Untuk bisa menikmati semuanya yuk, segera download Ruparupa melalui web atau aplikasi yang tersedia pada ios dan android.