7 Cara Merawat Kompor Listrik Agar Lebih Awet

0
733

Beberapa hari belakangan, jenis kompor listrik telah menjadi perbincangan hangat karena dianggap lebih hemat dan praktis dari kompor gas. Namun, ternyata cara merawat kompor induksi dan kompor listrik tidak mudah.

Pasalnya, permukaan mengkilap pada jenis kompor ini mudah tergores, bahkan pecah jika tidak berhati-hati. Selain itu, reparasinya juga memakan biaya yang cukup besar. 

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Kompor Listrik yang Benar?

Kompor listrik juga termasuk perlengkapan dapur yang mengeluarkan panas untuk memasak makanan. Tidak heran bila alat masak ini digunakan dalam jangka panjang.

Untuk itulah, kita harus merawat kompor listrik dengan baik. Simak tipsnya berikut ini.

1. Perhatikan Kebersihan Panci

Baik itu panci, teflon, atau teko, pastikan tidak ada noda kotor yang menempel pada bagian bawahnya. Sebab, noda hitam tersebut dapat meninggalkan jejak permanen pada permukaan kompor. 

Jika terdapat noda membandel, kamu bisa membersihkan panci dengan menggunakan beberapa bahan yang ada di dapur, seperti baking soda, garam, jeruk nipis, dan lain sebagainya. 

Baca Juga:   7 Alat Masak Elektronik Praktis yang Wajib Kamu Miliki

2. Gunakan Alat Kebersihan yang Lembut

Permukaan mengkilap kompor listrik dan kompor induksi umumnya terbuat dari bahan kaca atau keramik sehingga mudah tergores. Oleh sebab itu, gunakan kain lembut seperti kain microfiber dan cairan pembersih khusus kompor untuk membersihkannya. 

 

cara merawat kompor induksi dan kompor listrik
Ace Set 2 Pcs Kain Lap Microfiber – Biru Muda

Cek di sini

pembersih kompor
Miracle Wipes Set 30 Pcs Tisu Basah Pembersih Microwave

Cek di sini

3. Hindari Peralatan Masak yang Terlalu Berat

Untuk mencegah keretakan pada kompor, kita perlu memerhatikan bobot peralatan dan kapasitas masakan. Pastikan juga untuk tidak meletakkan peralatan masak berbahan kaca yang masih panas ke atas kompor. 

rekomendasi kompor listrik
Sumber: unsplash.com

4. Perhatikan Material Alat Masak 

Hindari menggunakan panci dan wajan yang terbuat dari bahan kasar. Sebaiknya, pilihlah peralatan masak yang terbuat dari bahan aluminium, stainless steel, dan keramik. 

Namun, untuk kompor induksi, pastikan kita memilih alat masak yang dilengkapi dengan magnet supaya bisa berfungsi dengan baik.

Berikut rekomendasi alat masak yang bisa kamu gunakan di atas kompor listrik.

panci untuk kompor induksi kompor listrik
Kris Set 14 Pcs Perlengkapan Masak Aluminium – Merah

Cek di sini

panci kompor listrik
Krischef 14 Cm Panci Saucepan

Cek di sini

panci kompor induksi
Selma 24 Cm Karen Wajan Penggorengan – Merah

Cek di sini

5. Hindari Tetesan Gula atau Bahan Masakan

Ketika ingin mencicipi masakan, kerap kali ada tumpahan kuah atau bumbu masakan yang terjatuh dari spatula. Untuk itulah, kita harus segera membersihkannya bila hal ini terjadi, agar tidak meninggalkan noda di atas permukaan kompor listrik. 

Baca Juga:   7 Makanan Ini Tidak Boleh Dimasak Pakai Air Fryer
kompor induksi dan kompor listrik
Sumber: unsplash.com

6. Hindari Menyeret Panci 

Angkat panci atau wajan secara perlahan ketika selesai memasak. Bila menyeretnya, justru bisa meninggalkan goresan. Apalagi, permukaan kompor yang rata dan mengkilap yang rentan tergores.

7. Gunakan Sesuai Petunjuk

Karena kompor induksi dan kompor listrik terbuat dari bahan yang berbeda, tentunya cara perawatannya tidak sama. Apalagi, jika kamu baru saja beralih dari kompor gas.

Agar tidak salah dalam merawatnya, pastikan kamu bisa mengikuti arahan dari buku petunjuk yang kita dapatkan ketika membeli jenis kompor listrik.

merawat kompor induksi
Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia beberapa tips merawat kompor listrik yang bisa kamu lakukan di rumah. 

Miliki alat masak berkualitas
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa.com juga menjual peralatan rumah tangga dan alat dekorasi kekinian dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Krisbow, Selma, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kami juga memiliki beberapa rekomendasi kompor induksi dan kompor listrik berkualitas yang bisa kamu gunakan di rumah. 

rekomendasi kompor induksi
Kels Terron Kompor Double Induksi – Hitam

Cek di sini

kompor modern
Modena Kompor Induksi Portable 2000w Pi 1315

Cek di sini

perlengkapan masak
Kels Kompor Induksi Round – Putih

Cek di sini

jenis kompor
Kels Terra Kompor Induksi – Hitam

Cek di sini