Cara Merawat Kipas Angin yang Benar Agar Awet Digunakan

0
2922
cara merawat kipas angin

Ketika membeli perlengkapan elektronik seperti kipas, tentunya besar harapan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Namun tentunya semua impian ini tidak akan terwujud tanpa mengetahui cara merawat kipas angin yang benar.

Cara Merawat Kipas Angin

cara merawat kipas angin
Beli disini

Perangkat elektronik ini selalu hampir bisa diandalkan saat musim panas tiba. Selain memberikan angin yang sejuk keberadaannya juga membantu menghemat istrik, karena memang meskipun tidak sesejuk AC tapi perangkat ini menggunakan daya listrik yang lebih sedikiti.

Namun untuk dapat bisa menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama, lakukan perawatan yang tepat dan harus dibersihkan secara teratur. Tidak ada waktu yang akurat berapa kali dalam seminggu kamu harus membersihkan perangkat ini, namun setidaknya seminggu sekali cobalah untuk memeriksa debu pada bagian bilah dan housing.

Dari tingkat debu inilah dapat ditentukan berapa kali kamu harus membersihkannya. Baik itu mingguan atau dua mingguan. Namun untuk membersihkan kipas angin secara menyuluruh lakukan tiga bulan sekali.

Tips Merawat Kipas Angin

tips merawat kipas angin
Beli disini

Perlu diketahui dalam pembahasan ini kita akan mengupas bagaimana membersihkan kipas angin secara menyeluruh

Langkah 1

Pastikan untuk bekerja dengan aman, sehingga langkah awal mematikan kipas angin secara menyeluruh. Jika menggunakan baterai maka cabut terlebih dahulu. Perlu diingat setiap perangkat memiliki panduan yang berbeda-beda, sehingga pahami setiap aturan yang dibuat oleh produsen. Bahkan perbedaan variasi kipas akan memengaruhi bagaiamana cara membersihkan unit mereka dengan benar.

Baca Juga:   7 Penyebab Kipas Angin Macet dan Cepat Rusak

Langkah 2

Untuk langkah selanjutnya bongkar komponen satu persatu, mulai dari badan, baling baling, dinamo kipas, serta komponen lainnya. Gunakan peralatan yang tepat agar tidak membuat kipas angin cepat rusak. Namun perlu diperhatikan tidak semua perlakuan ini dapat berlaku pada perangkat yang sama. Karena ada beberapa bagian untuk beberapa merk yang tidak dapat dilepas.

Sebelum masuk ke langkah berikutnya pastikan untuk menyimpan semua komponen kecil agar tidak hilang dan kesulitan saat mencarinya.

Langkah 3

perawatan kipas angin yang perlu diketahui adalah bagaimana kamu membersihkannya. Kami menyarankan untuk menggunakan larutan pembersih yang dicampur dengan tiga cangkir air. Aduk hingga merata dan masukan dua sendok teh cairan pencuci piring ke dalam botol, jika suka kamu juga dapat menggunakan lap.

Sebelum melakukan pembersihan perhatiakn kondisi kipas angin. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan minor maupun major. Salah satu yang juga perlu diperhatikan adalah lakukan dengan hati-hati

Langkah 4

Pisahkan bagian bagian kipas angin dalam proses pembersihannya. Ada bagian tertentu yang cukup hanya disemprot dan dibersihkan, namun sebagain dapat di rendam dalam larutan cairan pembersih yang telah dibuat sebelumnya. Catatan, jangan memasukan rumah motor atau komponen listrik dalam air.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Kipas Angin ACE Di Rumah

Langkah 5

Setelah direndam tunggu beberapa saat hingga kotoran menghilang, bilas dan keringkan setiap komponen dengan baik agar tidak mudah rusak. Untuk mengeringkannya kamu dapat meletakannya pada tempat yang berangin atau panas, dan diamkan selama 30 menit. Pastikan agar semua bagian kering sebelum memasangnya kembali.

Langkah 6

Terakhir bersihkan kipas angin hingga kering dan bersih menggunakan kain mikrofiber yang memiliki permukaan halus untuk mengelap setiap permukaan. Perhatikan apakah masih ada area yang masih menyisakan debu, dan perlu pembersihan ulang.

Pengguna kipas angin dapat membersihkan komponen yang ada secara maksimal jika dilakukan secara rutin. jika masih ada debu yang menempel gunakan vakum untuk menyedotnya. Namun jika memiliki kipas dengan filter yang sudah kotor, berarti ini saatnya untuk meggantinya.

Itulah cara merawat kipas angin yang perlu diperhatikan, untuk mendapatkan kipas angin yang berkualitas dan bervariasi pastikan untuk mengunjungi Ruparupa yang menyediakan perangkat Elektronik & Gadget, Elektronik Rumah Tangga hingga Kipas Angin & Aksesoris.