5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk

0
584
cara merawat anak anjing

Anjing merupakan jenis hewan yang paling banyak dipelihara orang. Bagaimana tidak? Hewan satu ini terkenal pintar, setia, dan mempunyai penampilan yang menggemaskan.

Banyak orang memelihara anjing kecil yang baru lahir. Sayangnya, tidak semua anak anjing tersebut mempunyai induk. Tentu, memelihara anak anjing tanpa induk membutuhkan perhatian khusus.

Ruparupa Banner

Apalagi, merawat anak anjing berbeda dengan cara merawat anjing dewasa. Banyak hal yang harus kamu perhatikan, mulai dari nutrisi, vaksinasi, hingga kenyamanan lingkungan untuk tumbuh kembangnya.

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk?

Tenang, kali ini, kami punya beberapa tips dalam memelihara anak anjing tanpa induk yang bisa kamu lakukan.

1. Siapkan Kandang yang Nyaman

Tempat istirahat yang nyaman merupakan hal utama yang perlu kamu siapkan saat merawat anak anjing. Letakkan kandang anjing jauh dari suara bising dan barang-barang berbahaya.

Kemudian, bersihkan kandang tersebut secara rutin untuk mencegah timbulnya kuman dan bakteri. Nah, ini dia rekomendasi tempat tidur dan kandang anjing terbaik yang bisa kamu pilih.

2. Lakukan Vaksinasi Lengkap untuk Anjing

Setiap hewan peliharaan pasti rentan terkena penyakit, terutama anak anjing yang baru lahir. Jadi, kamu harus memberikannya vaksinasi lengkap untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Supaya tidak salah memberikan vaksinasi, pastikan kamu mengunjungi dokter hewan dan berkonsultasi langsung dengannya. Lalu, ikuti jadwal vaksinasi yang diberikan agar anjing kecil kesayangan kamu selalu sehat.

3. Berikan Makanan Berkualitas

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, tentu kamu perlu memberikan makanan anak anjing yang berkualitas. Apalagi, anak anjing yang baru lahir masih sensitif dan memerlukan makanan khusus.

Selain itu, kamu harus cermat dalam memilih makanan tersebut agar hewan peliharaan kamu tidak keracunan. Cek juga jenis-jenis makanan yang berbahaya bagi anjing di sini.

Nah, berikut adalah rekomendasi makanan premium yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan kesehatan anak anjing.

makanan anak anjing
Royal Canin X-small Puppy Dry Makanan Anak Anjing 1.5 Kg
Makanan anak anjing untuk menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh.

Cek di sini

makanan untuk merawat anak anjing
Royal Canin Mini Puppy Dry Makanan Anak Anjing 2 Kg
Mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak anjing.

Cek di sini

4. Berikan Mainan Khusus

Selain mengurus dan merawatnya, kamu juga perlu mengajak anjing bermain dan berinteraksi.Hal ini dapat memperdalam hubungan antara pemilik dan hewan peliharaan sekaligus mencegah anjing menjadi stres.

Baca Juga:   7 Perlengkapan Buat Ruang Bermain Anak, Aman dan Minimalis!

Agar lebih menyenangkan, siapkanlah mainan khusus anjing yang bisa melatih pergerakan, kekuatan, dan kepintarannya, seperti berikut ini.

mainan untuk merawat anak anjing
Paws N Tail Mainan Anjing Tpr Foam Bone – Kuning
Berfungsi untuk melatih stimulus hewan dan terbuat dari bahan yang aman.

Cek di sini

mainan anak anjing
Paws N Tail Mainan Anjing Lateks Burung Unta – Kuning
Mampu melatih kekuatan rahang dan gigi anjing.

Cek di sini

5. Ajak Berjalan-Jalan Secara Rutin

Anjing kesayangan kita juga perlu diajak keluar untuk berjalan-jalan menikmati udara segar. Hal ini akan membantu mereka mengenal lingkungan dan mengembangkan kemampuan sosialnya.

Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa mengajaknya berkeliling di sekitar perumahan. Gunakan tali leher dan pet carrier yang nyaman untuk anjing kamu, seperti rekomendasi berikut ini.

harness anak anjing
Harness Anjing Dan Tali Anjing Thick Plain 25mm
Berjalan-jalan lebih menyenangkan dengan harness berikut ini.

Cek di sini

pet carrier anak anjing
Paws N Tail Tas Troli Hewan Peliharaan – Hijau
Troli dilengkapi roda sehingga lebih fleksibel saat dibawa.

Cek di sini

Nah, itu dia beberapa cara merawat anak anjing tanpa induk yang bisa kamu terapkan. Untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan kebutuhan hewan peliharaan dengan mudah, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.com, lho!

Temukan berbagai perlengkapan hewan peliharaan lainnya cek di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga yang berasal dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, ciptakan lingkungan yang nyaman untuk anjing kesayangan kamu!