Tips Merapikan Ruang Cuci

0
539
Cara Merapikan Ruang Cuci

Tanpa disadari, kita menghabiskan banyak waktu di ruang cuci: mulai dari mencoba membersihkan noda pada pakaian, menyetrika baju-baju yang telah kering, bahkan kadang memandikan peliharaan pun dilakukan di ruangan ini. Begitu banyaknya kegiatan yang kerap dilakukan di ruang ini, tidak ada salahnya jika Anda membuat ruang cuci terasa lebih nyaman, tapi tetap fungsional.

Berikut beberapa tips cara merapikan ruang cuci agar aktivitas yang dilakukan di ruang tersebut bisa lebih menyenangkan:

1. Manfaatkan ruangan yang ada

Di pojok mungil mana pun ruang cuci Anda berada, manfaatkan setiap jengkal ruangnya dengan maksimal. Jika ruang cuci terlalu mungil sehingga sulit menambahkan lemari penyimpanan, gunakan ruang kosong di bagian atas mesin cuci dan pengering (khusus untuk mesin cuci bukaan depan) untuk menggantung rak. Pastikan pula ruang cuci Anda memiliki cahaya memadai agar ruangan terasa lebih luas.

2. Sembunyikan yang tidak perlu

Cara merapikan ruang cuci selanjutnya adalah dengan menyembunyikan barang-barang yang tidak sedap dipandang mata seperti deterjen, sikat cuci, dan lainnya pada satu wadah. Tambahkan jemuran untuk menggantung pakaian kering agar tetap bersih. Keranjang cuci juga bisa jadi tempat tambahan untuk menyortir pakaian atau wadah saat mesin cuci terlalu penuh. Korden dalam warna ceria juga akan menjadikan ruang cuci Anda tampil lebih menyenangkan.

3. Gunakan warna-warna lembut

Warna-warna lembut akan memberi kesan rapi di ruang cuci. Hijau muda misalnya dipadankan dengan warna netral lain selain memberi efek menenangkan juga membuat ruangan terasa lebih lapang.

4. Lantai kering

Usahakan agar lantai ruang cuci selalu kering, bahkan jika Anda tidak memiliki lubang pembuangan air khusus. Selain membuat proses bersih-bersih harian lebih mudah, lantai yang kering juga bisa mencegah bahaya misalnya saat mesin cuci Anda rusak dan konslet.

5. Pojok menunggu

Menunggu mesin cuci Anda memproses cucian bisa terasa sangat membosankan, kecuali jika ruang cuci Anda menyenangkan. Ciptakan satu pojok nyaman untuk Anda menghabiskan waktu menunggu tanpa rasa bosan lagi. Jika Anda hobi merajut, tempatkan peralatan merajut di sana atau sekadar buku dan majalah favorit untuk dibaca.

6. Kamuflase

Anda bisa menggabungkan kamar mandi dengan ruang cuci menggunakan pintu terhubung. Nuansa warna yang sama pada dua ruangan ini akan menciptakan kesatuan dan sehingga keduanya bisa berfungsi layaknya satu ruangan yang lebih luas.

Setelah Anda mempraktikkan cara merapikan ruang cuci di atas dan mendapatkan ruangan yang lebih menyenangkan, pastikan untuk tetap displin mengatur cucian dan menempatkan sesuatu pada tempatnya sehingga efek betah di ruang ini bisa bertahan lama.