10 Cara Menghias Akuarium Ikan Agar Menawan

0
534
Cara menghias akuarium ikan
Sumber: Unsplash/Elvish Yadav

Akuarium adalah tempat memelihara ikan hias yang memiliki berbagai ukuran dengan warna transparan. Jadinya, kita bisa memperlihatkan keindahan isi akuarium.

Apalagi, akuarium tidak hanya berisi ikan, tetapi ada beberapa jenis hewan lainnya yang bisa kamu pelihara di dalamnya, seperti kodok, kura-kura, serta vertebrata.

Ruparupa Banner

Selain sebagai tempat tinggal hewan peliharaan kesayangan kita, akuarium juga berguna sebagai hiasan di dalam rumah, lho. Untuk itulah, kita perlu menghiasnya dengan baik agar tampak cantik.

Namun, Bagaimana Cara Menghias Akuarium Ikan?

Supaya akuarium tampak lebih menarik, simak beberapa langkah menghias akuarium berikut ini.

1. Letakkan Kerikil dan Pasir di Dasar Akuarium

Mengutip dari Craig Morton, seorang ahli dan pemilik usaha Aquarium Doctor Inc dari Amerika Serikat, kamu bisa menggunakan kerikil dan pasir dengan berbagai warna untuk bagian dasar akuarium.

Namun, kamu perlu menggunakan pasir jika kamu memelihara ikan pari agar mereka bisa membenamkan diri. Berikut rekomendasi pasir yang bisa kamu gunakan di rumah.

Pasir hiasan berwarna untuk ikan
Azoo Batu Pasir Dekorasi Akuarium 200 Gr – Ungu

Beli di sini

Dekorasi akuarium menggunakan pasir
Fishland Batu Pasir Dekorasi 2-4 Mm 10 Kg

Beli di sini

2. Tambahkan Batu

Ada beberapa pilihan batu yang bisa digunakan untuk akuarium, seperti batu kuarsa, lava, batu pelangi, serta batu tulis.

Baca Juga:   7 Makanan Anak Anjing yang Baik untuk Kesehatannya

Nah, kamu bisa memilih batu yang berukuran besar untuk menambah dimensi ekstra dan sebagai tempat tersembunyi untuk ikan, seperti di bawah ini.

Dekorasi menggunakan batu hiasan
Fishland Batu Dekorasi Akuarium – Putih

Beli di sini

Batu kerikil untuk menghias
Batu Kerikil Aquarium 5d 1 Kg

Beli di sini

3. Gunakan Kayu Apung

Menambahkan kayu apung ke dalam akuarium ikan bisa membuat suasana kolam menjadi lebih natural. Namun, pastikan untuk mencuci kayu apung dahulu sebelum dimasukkan ke dalam akuarium agar terhindar dari penyebaran bakteri.

Cukup letakkan tepat di bagian tengah atau menaburkan kayu-kayu kecil di sekitarnya. Berikut ini rekomendasi kayu apung yang bisa kamu gunakan.

Dekorasi akuarium ikan menggunakan kayu apung
Dekorasi Akuarium Drinker M 16.5x6x5.5 Cm

Beli di sini

Jenis kayu apung berbentuk pohon
Aquascape Hiasan Akuarium Kayu Bonsai Ukuran S

Beli di sini

4. Sulap Akuarium Ikan Menjadi Laut Mini

Untuk menciptakan kesan laut mini di dalam akuarium, kamu bisa meletakkanbeberapa kerang. Namun, hindari menggunakan kerang di akuarium air tawar karena bisa menambahkan kalsium ke air.

Jika ingin memasukkan kerang ke dalam akuarium, usahakan juga untuk merebus kerang di air panas selama 10 menit dahulu, ya.

5. Tambahkan Tanaman

Menambahkan tanaman hijau bisa membuat akuarium ikan menjadi semakin hidup. Kamu bisa meletakkan tanaman yang berukuran tinggi di bagian belakang. Sedangkan tanaman yang lebih pendek di bagian depan.

6. Tambahkan Tanaman Artifisial

Menambahkan tanaman artifisial bisa membuat akuarium menjadi terlihat lebih cantik. Apalagi, tanaman artifisial tidak akan layu atau mati. Namun, hindari memakai tanaman artifisial yang memiliki tekstur tajam.

Nah, kamu bisa memilih jenis tanaman artifisial seperti di bawah ini.

7. Tambahkan Sentuhan Keramik

Keramik juga bisa menjadi hiasan akuarium agar terlihat lebih indah. Namun, sebelum meletakkan hiasan berbahan keramik, pastikan kamu melapisinya dengan glasir terlebih dahulu. Jadinya, kandungan keramik tetap aman untuk dimasukkan ke dalam wadah.

8. Hias Dengan Koral

Menghias akuarium dengan koral memang menjadi pilihan yang tak pernah salah. Soalnya, meletakkan koral di dalam akuarium bisa menambah nilai estetika. Berikut rekomendasi koral yang bisa kamu gunakan di dalam akuarium.

Koral warna warni
Hiasan Akuarium Coral Fluorescent 428

Beli di sini

Model koral untuk akuarium
Fishland Hiasan Akuarium Batu Karang Nautilus

Beli di sini

9. Taruh Botol Kaca Bekas

Penambahan botol kaca bekas yang sudah kosong bisa membuat akuarium ikan terkesan lebih klasik atau vintage. Pilihlah botol berwarna cerah seperti hijau atau biru. Kemudian, bersihkan bagian dalam dan luar botol. Kamu bisa meletakkannya di dasar akuarium.

10. Pasang Latar Belakang Untuk Akuarium

Jika ingin membuat akuarium menjadi lebih berwarna, kamu bisa memasangkan latar belakang atau background yang menunjukkan gambar bawah laut atau gambar alami, seperti di bawah ini.

Dekorasi akuarium menggunakan latar belakang
Boyu Dekorasi Papan Background Akuarium 3d Bg-9008

Beli di sini

Background papan akuarium
Boyu Dekorasi Papan Background Akuarium 3d Bg-9008

Beli di sini

Itu dia beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghias akuarium ikan di rumah.

Temukan berbagai perlengkapan menghias akuarium di rumah hemat hingga 50%
klik di sini

Stus belanja online ini juga menyediakan berbagai pilihan perlengkapan rumah tangga dan alat elektronik dari merek-merek milik Kawan Lama Group, seperti Pet Kingdom, ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.