8 Cara Mengatasi Bulu Hewan Peliharaan yang Bertebaran di Sudut Rumah

0
3338
bulu hewan
Sumber: Unsplash/Tran Mau Ti Tram

Bulu hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, dan kelinci, mudah bertebaran di seluruh sudut rumah. Untuk itulah,  kita perlu tenaga ekstra untuk membersihkan rumah.

Tak hanya kotor, bulu yang berserakan juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan kita, seperti menimbulkan alergi. Soalnya, bulu binatang mengandung bakteri jahat berupa E. coli dan Salmonella yang bisa menyebabkan diare.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi Bulu Hewan Peliharaan yang Berserakan?

Melansir dari Real Homes, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan bulu hewan peliharaan yang berserakan. 

1. Sisir Rambutnya Secara Rutin

Agar tidak mudah rontok, kita harus rutin menyisirnya. Soalnya, bulu hewan yang tersisir dengan rapi bisa memproduksi minyak alami di kulit sehingga mengurangi risiko kerontokan. Berikut ini rekomendasi sisir hewan terbaik yang bisa kamu gunakan.

 

cara mengatasi bulu hewan
Pawise 19 Cm Sisir Anjing Softbrush – Biru

Beli di sini

cara mengatasi bulu hewan
M-pets Ukuran M Sisir Anjing Deshedding Stylus

Beli di sini

2. Gunakan Perabot Berbahan Keras

Jika kamu termasuk pecinta binatang berbulu, maka usahakan untuk menggunakan perabot berbahan keras di dalam rumah. Kamu bisa memilih sofa bahan kulit daripada beludru, serta menghindari memakai karpet berbulu.

Baca Juga:   20 Jenis Ikan Hias Termahal yang Cantik dan Unik

Dengan begitu, bulu hewan yang bertebaran bisa dibersihkan dengan mudah dan praktis.

cara mengatasi bulu hewan
Jika ingin menggunakan sofa, pilih yang bahannya kulit

3. Pakai Alas Pelindung atau Penutup

Biasanya, hewan peliharaan kita memiliki area favorit yang lebih sering mereka tempati. Oleh sebab itu, perabot tersebut sangat rentan dipenuhi dengan bulu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan alas pelindung atau penutup sofa. Dengan begitu, bulu hewan akan menempel tepat di alas pelindungnya. Jadi, kamu bisa langsung membersihkan alas pelindung dengan menggunakan mesin cuci saja.

membersihkan bulu anjing
Gunakan pelindung sofa untuk mengurangi bulu hewan yang menempel

4. Aktifkan Air Purifier

Memang, fungsi utama air purifier adalah untuk menjernihkan udara di dalam ruangan. Akan tetapi, alat ini juga bisa mengurangi bulu hewan peliharaan yang bertebaran di rumah.  Nah, pilih yang filternya berjenis HEPA supaya hasilnya maksimal.

membersihkan bulu anjing
Air purifier mampu menyedot sisa-sisa bulu hewan yang tertinggal

5. Pakai Vacuum Cleaner

Jika air purifier belum maksimal, kamu bisa membersihkan seluruh bulunya dengan vacuum cleaner. Gunakan alat ini setiap harinya ke berbagai tempat yang dipenuhi bulu hewan, seperti karpet, sofa, lantai, dan tempat tidur.

cara mengatasi bulu hewan
Nyalakan vacuum cleaner untuk menyedot seluruh bulu hewan yang tertinggal

6. Cuci Kain yang Terkena Bulu

Pastikan kamu rutin mencuci seluruh kain yang terkena bulu, seperti yang ada di seprai danselimut. Soalnya, bulu yang menempel di kain bisa membuat kuman dan bakteri jadi berkembang biak.

Saat mencucinya, kamu bisa menggunakan air hangat, detergen lembut, dan cuka putih supaya seluruh bulu yang menempel bisa terlepas dengan sempurna.

Baca Juga:   7 Makanan Anak Anjing yang Baik untuk Kesehatannya
membersihkan bulu anjing
Cuci seluruh kain yang terkena bulu supaya tidak bau apek

7. Gunakan Lint Rollers

Selain perabot, pakaian kita juga kerap dipenuhi dengan bulu hewan, apalagi jika kita sering menggendongnya. Lint rollers merupakan solusi terbaik yang bisa mengangkat berbagai serat di pakaian, termasuk bulu.

Cara penggunaannya pun mudah, yaitu cukup menempelkan alatnya di atas kain atau pakaian yang terkena bulu. Tenang saja, alat ini sudah didesain khusus sehingga tidak akan merusak permukaan pakaian.

cara mengatasi bulu hewan
Angkat seluruh bulu yang menempel di pakaian dengan lint roller

8. Semprotkan Pewangi pada Furniture

Bulu yang menempel dan mengendap terlalu lama bisa menimbulkan bau tak sedap di ruangan. Jika seluruh cara di atas sudah dilakukan, tentu area rumah bisa jadi lebih bersih dan bebas dari penumpukan bulu. 

Namun, bukan berarti bau tak sedapnya bisa langsung hilang. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyemprotkan pelembut kain atau pewangi pakaian ke berbagai furniture

cara mengatasi bulu hewan
Semprot seluruh permukaan furniture dengan pewangi supaya tidak meninggalkan bau tak sedap dari bulu

Dengan menerapkan delapan cara di atas, kamu bisa mengurangi dan mengangkat bulu hewan peliharaan yang tersebar di seluruh sudut rumah. 

Dapatkan perlengkapan untuk memelihara hewan di rumah klik di sini

Kamu juga bisa menemukan berbagai koleksi mainan anak dan perabot rumah dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.