6 Cara Mencuci Piring yang Tepat dan Hemat Waktu

0
1664
https://unsplash.com/photos/8Hwo-w-5VfU

Bagi sebagian orang, memasak merupakan hobi yang menyenangkan. Namun, tidak dengan bagian mencuci piring kotor. Meskipun tampak mudah, tetapi mencuci piring juga  membutuhkan teknik yang tepat.

Lalu, Bagaimana Langkah Mencuci Piring yang Tepat?

Mencuci piring dengan benar dapat menghilangkan kotoran dan bakteri secara optimal. Meski melelahkan, Anda harus mencuci piring setiap hari untuk mencegah sisa makanan menjadi kering dan  sulit dibersihkan.

Hindari kebiasan malas mencuci piring karena bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri, jamur, atau bahkan menjadi sarang serangga akibat adanya partikel sisa makanan.

Tenang, cuci piring sebenarnya cukup praktis, kok. Anda bisa mengikuti beberapa cara mudah mencuci piring berikut ini.

1. Kumpulkan kotoran di tempat sampah

Hindari saluran air yang tersumbat akibat sisa-sisa makanan yang menumpuk di bak cuci piring. Untuk itu, Anda bisa membuang semua kotoran di tempat sampah terlebih dahulu.

Anda juga bisa menggunakan wadah berongga untuk menyaring sisa makanan di bak cuci piring.

2. Bilas piring sebelum masuk ke bak cuci

Setelah itu, Anda bisa membilas setiap alat makan dengan aliran air hangat untuk melepas minyak dan lemak yang menempel di permukaan. Pasalnya, semakin tinggi suhu air, maka semakin mudah mengangkat noda yang berkerak.

Kemudian, bilas satu per satu secara perlahan hingga tidak ada kotoran yang terselip lagi, ya. Pastikan kamu menggunakan sarung tangan karet untuk menghindari permukaan piring yang licin, serta buat menjaga kesehatan tangan.

Baca Juga:   4 Cara Membersihkan Karpet di Rumah
Delicia set 16 Pcs dengan porcelain SNI yang aman digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Beli di sini

3. Rendam semua alat makan

Salah satu bagian paling menyebalkan saat mencuci piring adalah hadirnya noda lengket yang membandel di permukaan alat masak. Misalnya, permukaan piring berminyak dan kerak nasi yang membandel.

Solusi untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal merendam peralatan makan dengan sedikit campuran sabun pencuci piring atau bahan alami, seperti air perasan lemon.

Proses perendaman akan membuat residu yang menempel menjadi lebih mudah terlepas. Anda pun bisa lebih mudah saat mencuci peralatan masak dan makan tersebut.

4. Mulai cuci dengan spons

Banyak yang tidak menyadari bahwa urutan mencuci piring juga berperan penting untuk menjaga spons menjadi lebih awet dan tahan lama, serta menghindari alat makan lain bersentuhan dengan kotoran minyak berlebih.

Pastikan Anda mulai mencuci dari peralatan yang tidak terlalu berminyak, seperti gelas, alat makan, dan piring. Baru selanjutnya, giliran peralatan masak yang punya noda membandel, seperti panci dan wajan yang berminyak.

Dengan urutan ini, spons tidak perlu dibilas berulang kali dan proses mencuci menjadi lebih mudah dan cepat.

Beli di sini

5. Keringkan peralatan makan

Tahap selanjutnya adalah mengeringkan perlatan makan. Pertama, Anda bisa meniriskan alat makan yang basah hingga kering. Jika tidak, Anda bisa menggunakan kain mikrofiber khusus, yang dapat menyerap cairan tanpa menggores permukaan alat.

Tahapan pengeringan ini sangat penting dilakukan agar alat makan tidak penuh dengan kuman yang bertebaran di udara. Apalagi, area dapur tergolong cukup lembab sehingga bisa mempercepat pertumbuhan kuman.

Baca Juga:   Tips Merapikan Ruang Cuci
Pengering piring
Sanken pengering sterilizer peralatan makan – Kemampuannya untuk menghasilkan suhu hingga 70°C ini mampu membunuh jamur, kuman, hingga bakteri membandel pada peralatan makan. -Ruparupa.com

Beli di sini

Nah, agar proses pengeringan menjadi lebih cepat dan efisien, Anda juga bisa mencoba menggunakan Sanken pengering sterilizer, loh. Dish dryer ini merupakan alat pengering yang bisa mensterilisasi peralatan makan dan minum.

Alat ini telah menggunakan material stainless steel dan RoHS free sehingga peralatan makan lebih higienis dan benar-benar bersih.

6. Rutin membersihkan spons dan area pencucian

Langkah terakhir ini tampak sepele, tetapi menjadi hal terpenting dari ritual mencuci piring. Pastikan untuk selalu rutin membersihkan spons dari bekas sisa makanan. Agar  kotoran tersebut mengumpul dan mengendap hingga ke dalam spons.

Namun, bagaimana bila spons tetap kotor meskipun telah dicuci? Mungkin ini pertanda bahwa Anda harus segera mengganti spons yang baru. Lakukan pergantian spons setiap minimal sebulan sekali, ya.

Beli di sini

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan area pencucian dari sisa kotoran yang menempel. Lebih baik lagi bila Anda bisa membilasnya setiap hari. Dengan begitu, area pencucian tidak akan mudah berkerak dan bau.

Itu dia 6 cara mencuci piring yang bisa Anda coba praktekkan di rumah. Anda juga bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan piring, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Pembersih piring otomatis
Kels automatic dish washer – Alat ini juga menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari opsi rapid wash, disinfektan UV light, top sprayer, kipas uap pengering otomatis, hingga berbagai keunggulan lainnya.

Beli di sini

Yuk, permudah kegiatan mencuci seluruh peralatan makan dan masak dengan satu mesin rilisan dari Kels ini.

Anda bisa mendapatkan mesin Kels automatic dish washer hanya di Ruparupa.com. Situs belanja satu ini juga menawarkan berbagai produk rumah tangga dan furnitur terlengkap dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi. Selamat berbelanja!