Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Kenyal & Pulen

0
787
Cara membuat ketupat lebaran
Cara membuat ketupat lebaran

Belum lengkap rasanya kalau menyambut idul fitri tanpa ada sajian khas seperti ketupat. Wah, membacanya saja pasti sudah membuat kamu ngiler kan? Well, tanpa berlama-lama lagi yuk sekarang kita cari tahu resep dan cara membuat ketupat lebaran yang enak dan pulen.

Cara Bikin Ketupat Lebaran

Cara membuat ketupat lebaran
Source: Wikimedia

Tidak semua orang berhasil membuat menu lebaran ini dengan hasil yang baik. Terkadang perhitungan bahan yang tidak tepat, dan langkah-langkah pembuatan yang salah membuat ketupat berlendir, keras hingga cepat basi.

Untuk menghindarinya pastikan kamu mengetahui cara lengkapnya di bawah ini

Bahan bahan ketupat:

– Air

– Kapur sirih

– Garam

– Daun pandan

– Anyaman ketupat

Cara Membuat Ketupat Lebaran:

1. Pertama cuci beras hingga bersih, yang mana terlihat dari air cucian yang sudah bening.

2. Rendam beras pada air bersih selama kurang lebih tiga jam, kemudian tiriskan hingga kering. Pastikan untuk benar-benar bersih untuk menghindari ketupat cepat basi.

3. Campur beras dengan kapur sirih, garam, dan daun pandan.

4. Siapkan kulit ketupat yang biasanya terbuat dari daun kelapa dan masukan beras hingga 2/3 bagian. Jangan terlalu penuh atau kurang ya!

5. Kemudian anyam janur hingga rapat, untuk mencegah beras tercecer.

6. Masukan ketupat setelah air setengah mendidih, serta pastikan semua ketupat terendam air dengan sempurna.

7. Rebus ketupat hingga 4-5 jam dengan api sedang.

8. Setelah matang angkat dan celupkan pada air dingin lalu tiriskan dengan menggantungnya.

Tips Membuat Ketupat Lebaran

Dengan mengetahuai cara masak ketupat yang benar, maka kamu bisa mendapatkan hasil yang sempurna

# Memilih Beras

 beras untuk ketupat
Source: Pixabay

Salah satu faktor penting penentu keberhasilan membuat sajian ini adalah memilih beras yang tepat. Jika kamu bertanya jenis beras apa yang tepat, maka pilihlah beras pulen dan berkualitas baik.

Namun hindari menggunakan beras import karena jenis ini memiliki tekstur telalu pulen, dan bisa menyebabkan hasil yang terlalu lembek. Bukan masalah jika kamu ingin menggunakan beras pera, namun tentunya hasil yang akan Ruppers dapatkan akan berbeda.

# Mengisi Ketupat

Cara mengisi ketupat
Source: Tribunews

Pada pembahasan awal sempat disinggung kalau kamu hanya boleh mengisi anyaman 2/3 bagian saja. Alasannya sendiri karena jika lebih dari takaran ini maka membuat matang tidak merata, sementara itu jika kurang maka menjadikan tekstur yang lembek.

Tapi tentunya aturan ini tidak berlaku jika menggunakan beras pera, yang mana kamu cukup mengisinya sampai 1/3 bagian saja. Setelah itu jangan lupa mengetuk kupat setelah terisi sempurna.

# Mengolah Daun Kelapa

mengolah daun janur untuk ketupat
Source: Kokiandalan

Sebelum digunakan menjadi alas ketupat, pastikan untuk merendam daun kelapa selama satu jam. Cara ini wajib dilalui untuk menghindari daun mudah patah saat proses pembuatannya. Wah, ingat tidak boleh langsung digunakan ya Ruppers! Tapi hal ini tidak berlaku bagi kamu sudah membelinya dalam bentuk jadi, karena kamu cukup mencucinya dengan air garam sebelum penggunaan.

# Menganyam Ketupat Dengan Tepat

Cara mengayam ketupat yang benar
Source: Science Direct

Bukan saja faktor di atas yang perlu kamu tahu, karena Ruppers juga perlu mengerti membuat anyaman ketupat yang benar. Selain itu pilihlah daun kelapa yang masih muda karena memiliki ketahanan yang lebih baik

Cara membuat anyaman ketupat

1. Pilih daun janur yang masih berwarna kekuning-kuningan, dan buang batang kerasnya

2. Rendam daun kelapa pada air selama satu jam agar tidak mudah patah.

3. Ambil helai daun pertama, kemudian letakan pada tangan kiri dan gulung sampai tiga kali dengan posisi janur ke atas.

4. Ambil helai kedua dan gulungkan pada tangan kiri sebanyak tiga kali dengan posisi ke bawah.

5. Tekan gulungan dengan jempol dan buatlah keduanya saling bersilangan dalam posisi tergulung.

6. Ambil ujung janur dan putar ke bagian belakang ketupat yang sudah tersusun.

7. Masukan ujung janur pada posisi tengah, layaknya seperti sedang menganyam.

8. Lakukan step ini secara berulang hingga terbentuk sempurna, yang mana pangkal janur terletak pada bagian samping dan bertemu pada bagian atas ketupat.

Selain menggunakan daun kelapa, kamu juga bisa menggunakan cara lainnya untuk membuat ketupat dengan plastik maupun wadah kaca.

# Memperhatikan Jumlah Air

Dalam proses perebusan tentunya air akan surut, untuk itu perhatikan jumlah air yang ada selama memasak. Periksa 30 menit sekali dan tambahkan terus air panas dan bukan air dingin. Hindari juga air rebusan yang terlalu sedikit karena membuatnya tidak kenyal hingga matang tidak merata.

Untuk hasil yang sempurna kamu juga bisa menambahkan garam atau daun pandan, yang akan memberikan aroma segar serta rasa yang lebih gurih.

# Memperhatikan Ukuran Panci

Untuk membuat ketupat yang kenyal dan pulen bukan saja diperlukan cara merebus ketupat yang benar, tapi ukuran panci yang tepat. Mengapa hal ini penting? jawabannya karena untuk merendam ketupat memerlukan air yang cukup banyak. Sehingga pastikan menggunakan wadah yang tepat saat memasaknya.

# Waktu Perebusan

Jika kamu bertanya berapa lama merebus ketupat? maka jawabannya bisa berbeda-beda tergantung dengan metode memasak yang gunakan. Misalnya jika menggunakan kompor gas kamu membutuhkan waktu 2 – 4 jam. Sementara itu jika menggunakan presto cukup membutuhkan waktu 30 menit saja.

# Cara Penyimpanan

Pastikan untuk mendinginkan ketupat dengan cara menggantungnya setelah matang sempurna. Cara ini perlu dilakukan agar makanan cepat dingin dan kenyal. Setelah dingin barulah kamu boleh menyimpannya pada kulkas.

Jangan terburu-buru menyimpan dalam keadaan panas, karena akan membuat ketupat cepat basi. Saat memanaskannya cukup hangatkan dengan microwave atau kukus.

# Tambahkan Bumbu Pelengkap

Source: Pixabay

Untuk membuat sajian idul fitri semakin nikmat, kamu bisa menambahkan aneka bumbu dapur pada campuran ketupat seperti irisan bawang putih, garam dan merica. Hindari penggunaan yang terlalu banyak karena akan merusak citarasa.

Agar sajian semakin sempurna sajikan makanan pendamping spesial seperti opor ayam lebaran yang memiliki citarasa gurih dan nikmat. Serta jangan lupakan juga sajikan minuman untuk buka puasa yang menggoyang lidah.

Nah, setelah membahas mengenai resep, cara membuat ketupat lebaran yang benar dan makanan pendamping yang nikmat untuk idul Fitri, pastikan juga untuk menggunakan Perlengkapan Memasak yang berkualitas agar menunjang hasil makanan yang terbaik.

Jangan terkecoh dengan harga produk yang murah karena belum terjamin kualitasnya, yang mana bisa menyebabkan kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak berkali-kali.

Untuk menemukan semua kebutuhan dapur percayakan pada Ruparupa, platform belanja online dengan konsep one stop solution bagi penggunanya.

Melalui e-commerce ini penggunanya bisa mendapatkan aneka kebutuhan dapur seperti Wajan & Kuali, Panci, Pisau dengan harga dan jenis yang beragam.

Temukan juga berbagai produk dengan promo-promo menarik seperti cashback, potongan harga, maupun flash sale yang sayang jika terlewatkan. Tunggu apalagi, yuk bergabung menjadi Ruppers sekarang juga melalui web atau aplikasi yang tersedia pada smartphone kamu.