Cara Membuat Bingkai Foto yang Unik dan Simpel

0
1432
bingkai foto

Membeli bingkai bisa menghabiskan banyak uang karena harganya yang mahal. Cara yang bisa kalian lakukan agar uang kalian tetap aman adalah dengan membuat bingkai foto sendiri.

Bingkai buatan sendiri juga merupakan ide bagus untuk hadiah orang yang kalian sayangi. Selain unik dan tidak pasaran, orang tersebut akan lebih menghargai hadiah tersebut karena usaha dan tenaga yang kalian keluarkan untuk membuat bingkai.

Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara membuat bingkai foto yang unik dan simpel.

Cara Membuat Bingkai Foto dari Karton atau Kertas

Potong selembar karton atau kertas konstruksi menjadi persegi panjang.

gunting kertas bingkai foto
sumber: YouTube

Langkah pertama adalah memotong karton menjadi persegi panjang. Karton yang telah dipotong akan menjadi ukuran bingkai. Bergantung pada lebar yang kalian inginkan, buatlah beberapa inci lebih besar dari gambar di setiap sisi.

Selanjutnya, potong persegi panjang di tengah karton.

bagian kertas bingkai foto
sumber: YouTube

Ukuran persegi panjang harus sedikit lebih kecil dari foto

Lalu, warnai bingkai foto.

membuat hiasan untuk bingkai foto
sumber: YouTube

Warnai semuanya dengan satu warna, atau cat pola dan gambar pada bingkai. Kalian juga bisa menggunakan spidol, krayon, pulpen, atau pensil warna untuk menghias bingkai.

Kemudian, tempel dekorasi pada kertas.

membuat dekorasi untuk bingkai foto
sumber: YouTube

Potong beberapa bentuk dari kertas seperti bentuk bintang, hati, binatang, huruf, atau simbol dan tempelkan pada bingkai.

Kalian juga bisa gunakan kain, kancing, manik-manik, glitter, dan stiker sebagai hiasan. Tempel dekorasi ini ke bingkai dengan pola apa pun yang kalian suka.

Tahap selanjutnya adalah membuat bingkai foto bagian belakang.

membuat bagian belakang bingkai foto
sumber: YouTube

Potong persegi panjang dari selembar kertas lainnya. Persegi panjang ini harus sedikit lebih kecil dari keseluruhan bingkai, sehingga dengan mudah menutupi bagian tengah bingkai.

Tempel persegi panjang itu ke belakang bingkai foto.

bagian belakang bingkai foto
sumber: YouTube

Pasang dengan kuat dan halus di tiga sisi persegi panjang, tetapi pastikan untuk membiarkan satu sisi terbuka sehingga kalian dapat memasukkan gambar ke dalam.

Langkah terakhir adalah masukkan gambar ke dalam bingkai foto.

gambar bingkai foto
sumber: YouTube

Setelah menempelkan bagian belakang bingkai, tahap selanjutnya adalah selipkan melalui sisi yang kalian biarkan terbuka di bagian belakang bingkai.

Bingkai kalian pun jadi.

bingkai foto
sumber: YouTube

Cara Membuat Bingkai Foto dari Stik Es Krim

Pilih bentuk bingkai foto.

Langkah pertama untuk membuat bingkai ini adalah susun tongkat kerajinan menjadi satu untuk membentuk bingkai. Di bawah ini adalah beberapa contoh bagaimana kalian bisa menyatukan tongkat:

Bingkai persegi – susun empat tongkat kerajinan untuk membentuk kotak.

square frame
sumber: YouTube

Bingkai persegi panjang – letakkan dua tongkat kerajinan di setiap sisi untuk membentuk persegi.
Bingkai berbentuk khusus – kalian bisa pikirkan desain yang menarik. Potong beberapa tongkat kerajinan jika membutuhkan potongan yang lebih pendek. Gabungkan potongan panjang dan pendek untuk mencapai desain yang kalian inginkan. Ingatlah untuk memiliki bagian yang cukup besar untuk meletakkan foto

unique photo frame
sumber: YouTube

Kemudian warnai stik.

mewarnai stik bingkai foto
sumber: YouTube

Setelah kalian memutuskan bentuk bingkai, kalian bisa mewarnai stik dengan cat. Kalian dapat menggunakan satu warna untuk seluruh bingkai atau mewarnai setiap tongkat kerajinan secara berbeda untuk bingkai multi-warna.

Kalian bisa mengecat bingkai setelah merekatkan semua stik kerajinan tangan.

Tempel stik menjadi satu.

tempel stik bingkai foto
sumber: YouTube

Setelah cat mengering, susun stik kerajinan yang dicat ke dalam bentuk atau desain yang kalian pilih pada Langkah pertama. Tempel ujungnya dengan lem putih atau lem.

Hias bingkai foto.

photo frame decoration
sumber: YouTube

Hias bingkai sesuka kalian. Kalian bisa melukis pola atau desain kecil di atasnya; tempelkan beberapa payet, kancing, kertas, kain atau potongan kain kempa; atau gambar beberapa desain dengan cat atau lem berkilau.

Tandai garis luar bingkai foto.

Buat bagian belakang bingkai dengan menjiplak garis luar bingkai stik ke karton.

Gambarlah kotak yang lebih kecil.

Gambarlah persegi yang sedikit lebih kecil di dalam garis luar. Hasil yang kita inginkan adalah membuat papan alas yang sedikit lebih kecil dari bingkai stik kalian.

Gunting kartonnya.

Gunting karton di sepanjang garis bagian dalam yang telah kalian tandai.

Tempatkan foto.

bingkai foto
sumber: YouTube

Gunting foto ke ukuran yang pas di dalam bingkai. Tempelkan foto di tengah bingkai.

Bingkai foto siap untuk digunakan.

Ada beberapa cara untuk menggunakan bingkai foto:

Bersandar ke dinding – letakkan bingkai di atas meja atau rak, dekat dengan dinding belakang. Biarkan bersandar di dinding.
Buat dudukan – potong dudukan persegi panjang dari karton tebal. Lipat sekitar satu inci di satu sisi pendek. Rekatkan dudukan di bagian belakang bingkai.

stand photo frame
sumber: YouTube

Pasang magnet – buat bingkai foto magnet dengan menempelkan 1 atau 2 magnet kecil di bagian belakang bingkai menggunakan lem tembak.
Gantung dengan seutas tali – potong seutas tali. Rekatkan atau rekatkan ujungnya ke sudut atas bingkai.

popsicle photo frame
sumber: YouTube.com

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat bingkai foto dengan desain yang kalian buat. Sebelum membuat bingkai, kalian harus mempersiapkan beberapa barang untuk mempermudah proses pembuatan. Oleh karena itu, berikut beberapa rekomendasi produk untuk Ruppers.

Lem

UHU glue super gel
Lem Super Gel

Jika kalian ingin merekatkan barang dan tidak mudah lepas, maka lem ini pilihan yang tepat. Lem ini dapat menempel di permukaan seperti plastik, kayu, dan keramik.

Gunting

scissors
Gunting Anti Microbial 7 Inci

Benda ini dapat mempermudah kalian dalam pembuatan prakarya. Gunting ini memiliki daya tahan pada gagang yang baik serta dapat menggunting kertas atau spons dengan mudah.

Itulah produk-produk yang dapat kalian gunakan untuk mempermudah pembuatan bingkai foto. Kalian bisa dapatkan produk-produk tersebut hanya di Ruparupa. Yuk, segera beli karena ada banyak promo menanti kalian!