5 Cara Membersihkan Toaster yang Mudah dan Tepat

0
743
cara membersihkan toaster

Toaster atau alat pemanggang roti menjadi peralatan dapur minimalis yang canggih untuk membuat roti lapis atau sandwich. Namun, kita harus rutin membersihkan toaster agar bisa membuat roti yang lezat.

Soalnya, toaster yang kotor bisa membuat roti jadi terasa pahit, lho. Hal ini disebabkan karena kemungkinan ada sisa remahan gosong di dalam alat tersebut yang menempel. Selain rasanya yang tidak enak, tentu toaster akan membuat makanan jadi tidak higienis.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Membersihkan Toaster yang Tepat?

Melansir dari The Spruce, berikut ini langkah-langkah membersihkan toaster yang bisa kamu terapkan dengan mudah.

1. Matikan Toaster

Sebelum membersihkan pemanggang roti, pastikan selalu mematikan alatnya dengan mencabut dari steker atau colokan listrik. Langkah ini cukup penting untuk mengurangi adanya kemungkinan sengatan listrik atau kebakaran.

Kalau alat pemanggangnya sudah kamu cabut, maka diamkan alatnya dulu sampai benar-benar dingin sebelum dibersihkan.

2. Bersihkan Sisa Remahan Roti

Saat memanggang roti dengan toaster, biasanya ada remahan yang akan tertinggal di bagian dalam. Bersihkan sisa remahan tersebut dengan memutar toaster ke arah bawah.

Lakukan tepat di atas wastafel atau tempat sampah supaya remahannya tidak membuat dapur jadi kotor. Jika tak mau repot, kamu juga bisa menggunakan sikat lembut buat menghilangkan remah-remahnya.

Baca Juga:   Tips Pemilihan Panci Sebagai Peralatan Dapur Terbaik
cara membersihkan roti
Pastikan untuk membersihkan seluruh sisa remahan roti yang tertinggal di dalam toaster

3. Bersihkan Crumb Tray atau Baki

Setelah itu, lepaskan juga bagian baki atau crumb tray dari toaster buat membersihkan sisa remahan yang tertinggal.

Rendam bakinya di dalam air sabun dan cuci bersih dengan spons. Kalau sudah, bilas lagi dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain microfiber.

4. Lap Bagian Luar

Kalau bagian dalamnya sudah bersih, waktunya kamu mengelap bagian luar toaster. Lap menggunakan kain lembut yang diberikan cairan pembersih.

Jika bagian luar sudah bersih, lap kembali dengan spons yang dicelupkan ke dalam air jernih untuk menghilangkan sisa sabun. Lalu, keringkan dengan kain microfiber yang lembut.

cara membersihkan toaster
Selain bagian dalam, pastikan kamu membersihkan seluruh bagian luar dari alat pemanggangnya

5. Susun Kembali Komponennya

Setelah semua komponennya sudah bersih dan kering, kamu bisa memasang atau menyusun kembali dengan memasang baki ke dalam toaster.

Kalau kelima langkah di atas sudah kamu terapkan, maka toaster bisa digunakan kembali seperti semula.

Rekomendasi Toaster Berkualitas

Itu dia cara membersihkan toaster yang mudah dilakukan di rumah. Nah, kalau kamu tertarik memakai alat panggang roti satu ini, kami memiliki beberapa rekomendasi toaster terbaik yang bisa kamu dapatkan di situs ruparupa.com.

1. Toaster 2 Slot Pemanggang

cara membersihkan toaster
Kris Toaster Sandwich 2 Slice – Putih

Beli di sini

Kalau kamu suka memanggang roti atau makanan lain, maka bisa pilih alat yang sudah dilengkapi dua slot pemanggang. Tenang saja, toaster ini sudah memiliki lapisan anti lengket dengan tampilan desain minimalis berwarna putih.

Baca Juga:   9 Rekomendasi Meja Tamu Ala Industrial Agar Tampak Menawan

2. Toaster 3 in 1

cara membersihkan toaster
Klaz Toaster Sandwich Waffle 3 In 1

Beli di sini

Toaster 3 in 1 persembahan dari Klaz sudah dilengkapi tiga cetakan untuk wafel, roti lapis atau sandwich, dan grill. Bagian pegangannya juga anti panas sehingga aman saat kamu genggam. Selain itu, alat ini dilengkapi lampu indikator khusus di bagian atasnya.

3. Toaster Serbaguna

cara membersihkan toaster
Bear Toaster Serbaguna

Beli di sini

Buat kamu yang memiliki dapur dengan luas terbatas, hal tersebut tidak menjadi penghalang buat memiliki alat pemanggang di rumah. Pilih yang multifungsi supaya bisa menggoreng, merebus, dan memanggang sekaligus.

Toaster ini juga sudah memiliki fitur pengaturan suhu panas dan tingkat kematangan roti sesuai selera.

4. Oven Toaster

cara membersihkan toaster
Kris Set Oven Toaster 32 Ltr 1200w – Hitam

Beli di sini

Sesuai namanya, alat pemanggang ini berbentuk oven yang bisa menyebarkan panas secara merata ke seluruh permukaan makanan. Ada fitur pengaturan suhu panas dan timer yang bisa kamu gunakan.

Toaster ini berkapasitas 32 liter sehingga bisa menampung makanan dengan jumlah banyak.

Itu dia cara membersihkan dan rekomendasi toaster terbaik yang bisa kamu jadikan pelengkap dapur di rumah.

miliki alat dapur canggih
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja ruparupa.com juga menawarkan berbagai perlengkapan kamar mandi, kamar tidur, serta alat kebersihan berkualitas dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.