8 Cara Ampuh Membersihkan dan Mencuci Karpet di Rumah

1
17047
cara membersihkan karpet
Cara membersihkan karpet dengan mudah

Ada berbagai fungsi karpet jika kita memasangnya di rumah, dari penambah estetika, mampu meredam suara, hingga sebagai alas duduk dan bermain bersama keluarga. Untuk itulah, kita perlu rutin membersihkan karpet agar tidak bau dan kotor.

Soalnya, karpet bisa jadi sarang kuman dan penyakit jika jarang dibersihkan dengan benar. Tenang saja, kita tidak perlu membersihkan atau mencuci karpet melalui laundry. Soalnya, kita bisa membersihkannya sendiri di rumah.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Membersihkan dan Mencuci Karpet?

Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan karpet lantai agar tidak bau.

1. Bersihkan Karpet Menggunakan Sikat

Gunakan sikat untuk membersihkan karpet lantai secara manual, terutama jika kamu memiliki hewan peliharaan berbulu yang bebas berkeliaran di dalam rumah.

Kamu bisa memakai sikat terbuat dari serat alami dengan bulu lembut karena teksturnya bisa membersihkan karpet tanpa menarik serat, seperti berikut ini.

cara membersihkan karpet
Proclean Sikat Scrub 1108

Beli di sini

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet setiap hari jika kamu tidak ingin repot. Soalnya, alat penyedot debu bisa mengurangi penyebaran penyakit dan meminimalisir warna yang memudar akibat kotoran.

Tidak hanya bagian atasnya, kita juga perlu menyedot debu yang ada di bagian bawah agar tidak menumpuk dan membuat lantai jadi kotor.

Baca Juga:   5 Manfaat Penggunaan Karpet di Ruangan Rumah
cara membersihkan karpet dengan vacuum cleaner
Sedot debu di karpet menggunakan vacuum cleaner agar kotorannya bisa terangkat

3. Cuci Karpet Lantai dengan High Pressure Cleaner

Kita juga bisa menggunakan alat alternatif untuk mencuci karpet bernama high pressure cleaner.

Caranya pun cukup mudah. Gantung atau jemur karpet terlebih dahulu, lalu semprotkan air bertekanan tinggi dari high pressure cleaner. Gunakan semprotan yang fokus pada satu titik dan sikat dengan sikat halus untuk membersihkan noda membandel.

tips membersihkan karpet dengan high pressure cleaner
Maximus High Pressure Cleaner M-80 Bar – Hitam

Beli di sini

4. Gunakan Kain Lap yang Lembut

Jika tanpa sengaja menumpahkan cairan, hindari untuk menggosok noda pada karpet karena bisa membuat kotorannya jadi semakin menyebar. Kita bisa mengusap titik noda secara perlahan menggunakan kain lembut di bawah ini.

cara membersihkan karpet dengan lap microfiber
Ace Set 10 Pcs Lap Microfiber

Beli di sini

5. Gunakan Detergen Pembersih Khusus

Jika kamu ingin mencuci karpet berbahan polyester atau nilon, maka cara amannya adalah menggunakan detergen pembersih khusus yang memiliki tekstur lembut. Jadinya, serat pada karpet tidak rusak.

Caranya dengan mencampurkan detergen di ember yang terisi air hangat, lalu sikat secara lembut,. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih. Berikut rekomendasi detergen untuk mencuci karpet.

cara membersihkan karpet
Astonish 1 Ltr Pembersih Noda Karpet Vac Maxx Machine

Beli di sini

6. Gunakan Baking Soda

Ada noda membandel yang sudah lama tertinggal di permukaan karpet? Tidak perlu khawatir, kamu bisa menghilangkannya dengan baking soda. Taburkan bubuknya tepat di atas noda dan diamkan selama 8 jam atau semalaman.

Setelah itu, bersihkan memakai vacuum cleaner agar sisa baking soda bisa terangkat. Jika masih ada noda yang tersisa, kamu bisa mengelapnya dengan lembut menggunakan detergen dan kain lap.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Karpet Lantai Berkualitas di Bawah Rp1 Jutaan
cara membersihkan karpet
Baking soda bisa membuat tampilan karpet jadi lebih bersih sehingga tampak seperti baru

7. Pakai Cuka Putih

Karpet yang kotor biasanya akan menimbulkan bau apek dan menumbuhkan jamur di dalam serat. Namun, kita bisa mengatasinya dengan memakai cuka putih.

Caranya dengan mencampur cuka putih dengan air hangat di dalam botol semprot dan kocok hingga larutannya menyatu. Setelah itu, semprotkan ke seluruh bagian karpet hingga mengering.

Nah, aroma cuka yang kuat bisa menetralkan seluruh bau apek selama proses pengeringan berlangsung.

cara membersihkan karpet
Semprotkan cuka putih untuk membersihkan noda dan mengangkat bau apek

8. Jemur Karpet

Agar tidak bau apek, kita bisa menjemur karpet dengan cara menggantungnya di luar rumah, terutama jika karpet masih basah.  Pastikan kondisi karpet sampai benar-benar kering supaya tidak menimbulkan jamur dan bau apek.

Meski tidak habis dicuci, menjemur karpet di luar rumah juga bisa mencegah timbulnya bau tidak sedap dan menjaga kualitas karpet.

cara membersihkan karpet
Setelah dijemur hingga kering, karpet bisa segera digunakan kembali

Itulah delapan cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan dan mencuci karpet hingga bersih dan wangi.

Tentunya, kita harus selalu menjaga kebersihan karpet dengan cara tidak menginjaknya saat menggunakan alas kaki. Meskipun sedikit lebih rumit, tetapi usaha untuk menjaga kebersihan karpet akan sesuai dengan keamanan dan kenyamanan yang diberikan.

Kamu bisa mendapatkan berbagai koleksi karpet berkualitas dengan aneka ukuran dan motif dari ruparupa.com.

Miliki produk rumah tangga hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga terbaik, dari furnitur multifungsi, alat elektronik, hingga peralatan listrik. Tenang saja, semua produk tersebut berasal merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.

1 KOMENTAR