10 Cara Membasmi Tungau di Rumah Secara Efektif dan Tips Mencegahnya

0
1881
cara mengatasi bulu hewan
Semprot seluruh permukaan furniture dengan pewangi supaya tidak meninggalkan bau tak sedap dari bulu

Tungau adalah serangga kecil yang hinggap di permukaan kain lembut, biasanya di atas kasur. Saking kecilnya, kita tidak bisa melihat tungau dengan jelas. Jika disapu pun, tungau bisa berterbangan di udara. Untuk itulah, kita perlu membasmi tungau di rumah.

Bila tidak, hewan kecil ini akan menggigit dan masuk ke dalam kulit kita. Inilah yang akan  menyebabkan timbulnya gatal-gatal, kemerahan, iritasi, serta infeksi kulit.

Ruparupa Banner

Tidak heran bila membersihkan seluruh perabot di rumah perlu dilakukan secara rutin agar tidak ada debu, tungau, dan bakteri.

Lantas, Bagaimana Cara Membasmi Tungau?

Tidak perlu khawatir, kami sudah merangkum berbagai cara membasmi tungau yang bisa kamu lakukan, seperti dilansir dari The Spruce berikut ini.

1. Cuci Seprai Secara Rutin

Tungau mudah berkembang biak di lingkungan yang lembab dan hangat, seperti tempat tidur. Maka dari itu, kita perlu rutin mencuci seprai selama satu minggu sekali.

Gunakan air panas di temperatur 54 derajat celsius agar tungau langsung mati. Berikut rekomendasi mesin cuci yang bisa kamu gunakan.

 

cara membasmi tungau
Sharp Mesin Cuci 2 Tabung 8 Kg – Merah

Cek di sini

cara membasmi tungau
Samsung Mesin Cuci Front Loading 11 Kg – Hitam

Cek di sini

2. Gunakan Sarung Bantal dan Alas Sofa

Pastikan memasang sarung bantal dan alas sofa sebagai pelindung tambahan. Jadinya, tungau tidak masuk ke bagian dalam serat bantal dan sofa.

Baca Juga:   12 Cara Menata Isi Kulkas Rapi & Makanan Awet

Namun, bantal dan sofa tetap perlu dibersihkan secara rutin setidaknya dua kali dalam setahun. Berikut rekomendasi sarung bantal yang bisa kamu gunakan.

 

cara membasmi tungau
Arthome 45×45 Cm Sarung Bantal Sofa Feather – Abu-abu

Cek di sini

cara membasmi tungau
Arthome 44×44 Cm Sarung Bantal Two Tone

Cek di sini

3. Bersihkan Kasur Secara Rutin

Kasur juga bisa membuat tungau berkembang biak dengan cepat. Meskipun sudah mencuci seprainya, bagian permukaan tempat tidur pun tetap harus dibersihkan dengan rutin.

Selain perlu rutin menjemur di bawah sinar matahari, kita juga perlu mengangkat kotoran memakai vacuum cleaner yang sudah dilengkapi teknologi sinar UV. Pilih yang tidak memiliki kabel supaya mudah digunakan.

cara membasmi tungau
Klaz Penghisap Debu & Pembasmi Tungau Uv Cordless 100 Watt – Putih

Beli di sini

4. Bersihkan Karpet

Karpet menjadi tempat yang disukai tungau. Soalnya, ada bagian serat yang menarik dan menahan sel-sel kulit mati di atasnya.

Untuk itulah, kita perlu membersihkan karpet secara rutin memakai vacuum cleaner dengan filter HEPA seperti berikut.

cara membasmi tungau
Klaz Wet Dry Cordless Vacuum Cleaner & Floor Scrubber Washer

Cek di sini

5. Atur Suhu Ruangan Jadi Rendah

Cara mudah untuk membasmi tungau adalah mengubah suhu ruangan jadi rendah setidaknya di 20 derajat celsius agar terasa sejuk. Soalnya, tungau suka di tempat yang hangat.  Nah, kamu bisa membuat ruangan jadi tetap sejuk dengan memakai air cooler.

cara membasmi tungau
Kris Evaporative Air Cooler 1500 Cmh – Abu-abu

Cek di sini

6. Jaga Kelembapan Udara di Dalam Ruangan

Kamar mandi dan jendela yang bocor bisa jadi tempat yang disukai tungau. Soalnya, tungau suka berada di dalam ruangan dengan kelembapan yang tinggi.

Nah, kamu bisa mengurangi tingkat kelembapan ruangan dengan membuka jendela saat siang hari, menggunakan sistem ventilasi udara, serta memasang dehumidifier di rumah.

cara membasmi tungau
Kris Dehumidifier 10 Ltr – Putih

Cek di sini

Baca Juga:   15 Desain Kamar Anak Laki-laki dengan Tema Menarik

7. Rutin Membersihkan Gorden 

Kamu memiliki area jendela yang dipasang dengan gorden tebal? Bila ya, maka pastiakn untuk mencuci gorden setidaknya selama 3-6 bulan sekali. Selain itu, bersihkan kotoran dan debu menggunakan vacuum cleaner setiap minggunya.

Jika memungkinkan, lebih baik mengganti gorden tebal dengan roller blind saja, seperti di bawah ini.

cara membasmi tungau
Sambo-tex 90×180 Cm Roller Blind Zebra – Cokelat Muda

Cek di sini

8. Selalu Rapikan Barang yang Berserakan

Semakin banyak barang yang berserakan, maka tungau akan semakin senang karena ada debu yang menempel di mana-mana. Untuk itulah, pastikan menyimpan kembali barang yang digunakan pada tempatnya.

cara membasmi tungau
Seaford Lemari Pajang Kaca – Hitam Oak

Cek di sini

9. Gunakan Air Purifier

Memasang air purifier yang sudah memiliki filter HEPA juga ampu menghilangkan tungau. Soalnya, alat ini berfungsi untuk membersihkan udara kotor, dari debu, bakteri, hingga partikel udara yang berukuran 0,3 mikron, di dalam ruangan.

Namun, pastikan untuk membersihkan filter air purifier secara rutin agar bisa bekerja dengan maksimal.

cara membasmi tungau dengan air purifier
Kris Air Purifier Portable – Putih

Beli di sini

10. Gunakan Minyak Aromaterapi

Campurkan minyak aromaterapi dengan air, lalu semprotkan ke berbagai permukaan, seperti kasur, sofa, karpet, gorden, dan sebagainya. Kamu bisa memakai minyak aroma kayu putih, cengkeh, atau palmarosa untuk membasmi tungau.

cara membasmi tungau
Breathe Lemongrass Simmering Minyak Aromaterapi

Beli di sini

Itu dia sepuluh cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membasmi tungau. Kamu bisa membeli peralatan kebersihan tersebut melalui ruparupa.com.

basmi tungau di rumah dengan alat kebersihan berkualitas KLIK DI SINI

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek-merek terbaik milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.