8 Jenis Bunga Adenium, Ada yang Langka, lho!

0
6805
bunga adenium
Sumber: pixabay.com

Kamu suka memelihara dan mengoleksi tanaman hias? Apakah sudah punya bunga Adenium? Kalau belum, wajib punya tanaman yang sering disebut sebagai Kamboja Jepang ini. Bunga adenium juga memiliki beberapa jenis yang menawan, lho.

Jenis bunga kamboja jepang

Daripada bingung memilih, simak dulu beberapa jenis bunga Adenium atau Kamboja Jepang berikut ini.

1. Adenium Arabicum

Jenis Adenium satu ini lebih menonjol dari spesies lain karena batangnya kuat, gemuk, dan bersifat sukulen.

Adenium Arabicum dapat tumbuh setinggi 0,9-3,3 meter dengan lebar sekitar 60 cm. 

adenium arabicum
Sumber: unsplash.com

Kamboja Jepang yang punya bunga warna pink ini, memiliki cabang sedikit, tetapi setiap cabangnya sangat kokoh dan gemuk. 

Adenium Arabicum hanya menghasilkan satu warna bunga, yaitu pink. Berbeda dari varian  lainnya yang punya banyak warna berbeda. 

Kelopak bunga Arabicum lebih runcing. Lalu, pada bagian dalam corong bunganya, terdapat lima garis merah tua tipis, yang membentang di tengah setiap kelopaknya.

Inilah yang menjadi ciri khas dari Adenium Arabicum sehingga disukai banyak orang.

2. Adenium Obesum

Di antaranya semua spesies adenium, Obesum mungkin adalah salah satu yang paling  sering kamu jumpai. Adenium Obesum dapat tumbuh sekitar 0,9-2,7 meter. 

Biasanya, tanaman ini tumbuh lurus ke atas dengan batang abu-abu kehijauan, yang gemuk pada bagian bawah dan semakin ramping pada bagian atas hingga cabangnya.

Daunnya terlihat seperti tetesan air, yang memanjang sekitar satu jari. Bahkan, ada beberapa orang yang menemukan daunnya berbentuk hati. Cantik, bukan?

adenium obesum
Sumber: worldofsucculents.com

Selain itu, Obesum punya bentuk corong yang bagian dalamnya berwarna kuning muda dan terdapat putik bunga.

Saat pertama kali mekar, bunga ini akan mengeluarkan warna merah tua yang cukup gelap. Setelah beberapa waktu, warnanya akan memudar menjadi lebih pink, terlihat di bagian tepi kelopak. Sedangkan bagian corong bunga, akan terlihat lebih pucat.

Bunga ini biasa mekar saat musim panas, tapi bisa juga saat musim hujan, jika disimpan di lingkungan yang panas dan lembab. 

3. Adenium Multiflorum

Jenis bunga adenium satu ini biasa tumbuh di tanah berpasir, hutan kering, atau sabana. Namanya sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti banyak bunga. 

Bunga ini memiliki batang yang ramping dan dapat tumbuh setinggi 0,6-2,7 meter. Warna batangnya adalah abu-abu mengkilap. Seiring berjalannya waktu, batangnya akan berubah menjadi coklat.

Baca Juga:   8 Tanaman Hias Gantung Tercantik

Saat dahannya dipatahkan, Adenium Multiflorum akan mengeluarkan getah yang sangat beracun lho, Ruppers. 

bunga adenium multiflorum
Sumber: worldofsucculents.com

Namun, bunga Adenium Multiflorum sangatlah indah dan menawan, cukup berbeda dari jenis lainnya. Apalagi, saat mekar, kamu bisa melihat perpaduan bunga warna putih cemerlang, pink, hingga merah tua, yang terlihat cantik.

Adenium Multiflorum memiliki warna yang lebih cerah pada bagian pinggirnya dibandingkan dengan jenis Obesum dan Arabicum.

Sedangkan pada bagian corong bunganya, terdapat tiga garis merah. Bagian tepi kelopaknya, akan terlihat sedikit berkerut.

Bunga ini memiliki aroma yang ringan dan sangat manis. Namun, tingkat pertumbuhan Adenium Multiflorum lebih lambat daripada jenis lainnya sehingga cukup jarang ditemukan.

4. Adenium Somalense

Jenis adenium satu ini dapat tumbuh jauh lebih cepat daripada spesies lainnya, lho. Adenium somalense dapat tumbuh dengan sangat tinggi hingga 4 meter.

Namun, jenis ini cukup sensitif terhadap lingkungan yang terlalu dingin, lembab, atau panas. 

Adenium Somalense
Sumber: cactusjungle.com

Perpedaan varian ini yang paling menonjol terlihat pada bagian bawah batang Somalense yang tidak segemuk spesies lain.

Selain itu, ukurannya tampak sama dengan bagian atasnya. Batang Somalense  sangat panjang dan tebal sehingga orang-orang seringkali membuat ukiran patung pada bunga ini. Namun, lebih baik hindari hal ini jika tidak ingin merusak tanamanmu ya, Ruppers.

Sayangnya, Adenium Somalense tidak menghasilkan terlalu banyak bunga. Meski begitu, kelopak dan corongnya berbentuk  lebih besar dan berwarna pink mudah.

Inilah yang membuatnya terlihat lebih ramai dan menawan.

5. Adenium Swazicum

Spesies adenium ini dapat hidup di lingkungan yang berembun, dingin, dan bahkan basah karena mereka memiliki ketahanan lebih dari akar busuk. 

Adenium Swazicum biasanya cukup pendek, yaitu di bawah 1 meter. Batangnya ramping dan lebih lembut daripada spesies lainnya. Daunnya lebih terlihat sempit tetapi memanjang, 

Adenium Swazicum
Sumber: flickr.com

Swazicum memiliki bunga yang unik dengan warna seragam di sekitar kelopak hingga corongnya. Warnanya berkisar antara pink muda, pink tua, hingga merah tua.

Jenis satu ini juga tidak memiliki garis merah tipis pada corongnya seperti Arabicum dan Multiflorum. Tepi bunga Adenium Swazicum cukup bulat dan corongnya lebih sempit. Cukup mudah untuk membedakannya, bukan?

6. Adenium Crispum

Jenis ini dapat dianggap sebagai versi mini dari Somalense. Spesies satu ini sangat pendek, yaitu di bawah 0,5 meter.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor untuk Mempercantik Hunian

Ada banyak pecinta bonsai yang menempatkan Adenium Crispum di dalam rumah karena bentuknya yang kecil dan imut. 

Namun, sama seperti Somalense, bunga adenium ini juga sensitif terhadap lingkungan yang dingin, panas, dan lembab.

Adenium Crispum
Sumber: worldofsucculents.com

Kamu dapat dengan mudah mengenali Adenium Crispum saat melihat bunganya. Biasanya, bentuk bunga Adenium Crispummemiliki garis-garis merah indah, yang mengalir dari bagian dalam corong hingga keluar ke ujung kelopaknya.

Bunganya pun punya corak kemerahan, pink, dan putih. Biasanya, bagian dalam corong bunga terlihat sedikit lebih kuning. 

Daun Crispum lebih kecil dari spesies lainnya karena bentuknya tanamannya juga sangat mungil. Warna daunnya adalah abu-abu kehijauan dengan permukaan yang tidak mengkilap.

7. Adenium Socotranum

Dari spesies lainnya, Adenium Socotranum menjadi salah satu jenis yang sangat langka, tetapi paling banyak dicari oleh para penyuka tanaman hias.

Bagian bawah batangnya sangat gemuk dengan lebar hingga 2 meter. Bunga ini dapat tumbuh tinggi sekitar 4 sampai 5 meter. 

Adenium Socotranum
Sumber: worldofsucculents.com

Adenium Socotranum akan mulai mekar pada bulan September hingga pertengahan Februari.

Bunganya berwarna pink dan cukup runcing pada bagian ujung kelopak, serta tidak terlalu berkerut. Corong dalamnya berwarna putih dan merah muda dengan putik panjang warna pink.

Batang adenium ini terlihat sangat kokoh dan kuat, serta mampu menghasilkan bunga-bunga indah, yang membuat tanaman menjadi lebih elegan. 

8. Adenium Boehmianum

Bunga adenium satu ini terlihat cukup mirip dengan Swazicum, bukan? Adenium Boehmianum tumbuh dengan cukup lambat, bahkan kamu membutuhkan waktu lebih dari 1,5 tahun untuk menunggunya berbunga. 

Selain itu, Adenium Boehmianum memiliki daun terbesar dari spesies lainnya. Daunnya berwarna abu-abu kehijauan dengan ujung yang bulat. 

Biasanya, bunganya akan mulai mekar pada bulan Maret hingga Juni.  Bentuk bunganya pun mirip dengan Swazicum, yang punya warna beragam, yaitu pink pucat di kelopak dan luar corong, serta lebih gelap pada bagian dalam corongnya. Menakjubkan, bukan?

Untuk membedakan Boehmianum dengan Swazicum, kamu dapat melihat daunnya. Daun Boehmianum lebih besar dan tidak mengkilap, sedangkan Swazicum kebalikannya. 

Adenium Boehmianum

Sumber: Pinterest @bagarinItulah beberapa jenis bunga adenium yang cantik, menawan, dan bahkan langka. Pasti langsung membuatmu jatuh cinta, bukan?

Temukan berbagai perlengkapan berkebun dan merawat tanaman hias kamu di Ruparupa.com dengan klik di sini.

Simak juga beberapa rekomendasi produk untuk tanaman hias di rumah, seperti berikut ini.

Bloem Colonnade Pot Tanaman Brick 40 Cm
Bloem Colonnade Pot Tanaman Brick 40 Cm beli di Ruparupa.com.
Letakkan bunga adenium kamu di pot cantik dan kokoh agar dapat membuat tampilannya lebih menawan.

Beli di sini

Krisbow Gunting Dahan 20 Cm
Krisbow Gunting Dahan 20 Cm beli di Ruparupa.com.
Buatlah tanaman hias kamu selalu rapi dan indah dengan memangkasnya saat sudah terlalu rimbun.

Beli di sini

Pupuk Tanaman Ga Premium Bunga
Pupuk Tanaman Ga Premium Bunga beli di Ruparupa.com.
Jika ingin membuat bunga adenium kamu banyak dan rimbun, gunakan pupuk tanaman satu ini. Pasti tanaman kamu akan bermekaran dengan indah.