6 Bahan Bantal Terbaik yang Agar Leher Tidak Sakit

0
992
Bahan bantal tidur

Bantal adalah alas yang biasa digunakan untuk menyangga kepala ketika sedang tiduran. Tidak heran bila bahan bantal, ukuran, bentuk, hingga tingkat kepadatan dibuat berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan.

Apalagi, bantal juga berperan penting untuk kesehatan tubuh bagian atas, seperti kepala, leher, dan tulang belakang. Bila kita memilih bantal yang tepat, maka area lengkungan tulang belakang akan tetap mengikuti bentuk aslinya sehingga dapat meminimalisir nyeri leher.

Ruparupa Banner

Jadi, jika kamu pernah mengalami sakit di bagian leher atau susah menggerakkan kepala saat bangun tidur, kemungkinan bahan bantal yang digunakan kurang tepat.

Lantas, Apa Saja Bahan Bantal yang Baik Untuk Kesehatan?

Dikutip dari Medical News Today, ini dia beberapa bahan bantal yang bisa memberikan pengaruh baik untuk kesehatan tulang belakang.

1. Microfiber

Microfiber adalah bahan bantal yang mengandung serat sintetis, seperti polyester atau nilon. Bahan ini menghasilkan bentuk bantal yang padat, tetapi tidak keras saat menjadi penopang kepala. Jadi, bisa mencegah sakit kepala dan leher.

Dilansir dari Sleep Foundation, microfiber menjadi bahan yang jangka pemakaiannya bisa mencapai 2 tahun dan punya harga terjangkau, seperti di bawah ini.

Bahan bantal microfiber
Informa Sleep 50 X 76 Cm Bantal Microfiber Premium Firm – Putih

Cek di sini

Bantal jenis microfiber
Informa Sleep 50 X 76 Bantal Microfiber Premium Soft – Putih

Cek di sini

2. Memory Foam

Memory foam merupakan bahan busa yang dirancang khusus untuk menahan panas tubuh.Bahan ini juga bisa memberikan bentuk kontur pada kepala, leher, dan tulang belakang dengan tepat.

Baca Juga:   7 Warna Sprei Minimalis Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Jadi, dapat mengurangi risiko adanya sakit leher dan menjaga tulang belakang agar tetap sejajar. Jangka waktu pemakaiannya pun cukup lama, yakni sekitar 2-3 tahun.

Berikut rekomendasi bantal memory foam yang bisa kamu gunakan.

Model bantal memory foam
Arthome 60×40 Cm Bantal Memory Foam – Putih

Cek di sini

Bantal memory foam bentuk kotak
Krishome Set 2 Pcs Bantal Memory Foam

Cek di sini

3. Wol

Hampir mirip dengan katun, bahan bantal dari wol terbilang mudah kempis karena terbuat dari serat wol alami. Namun, serat alami ini mampu mengatur suhu panas di tubuh sehingga kamu tidak akan merasa panas jika menggunakannyal dalam jangka waktu yang lama.

Keuntungan lainnya adalah bahan wol sudah teruji hypoallergenic yang tidak membuat tubuh menjadi alergi, tahan jamur, dan anti tungau.

4. Feather atau Bulu 

Selain baik untuk kesehatan, bahan bantal feather memiliki tingkat kelembutan dan keempukan yang tinggi daripada bahan lainnya.

Maka dari itu, kamu bisa memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas karena bahan ini mampu menopang kepala, baik dari arah belakang maupun saat posisi tidur menyamping.

Namun, kamu perlu mencuci bantal ini secara rutin setiap 3- 6 bulan sekali dan menggantinya setiap 1- 3 tahun sekali karena bahan feather mudah kempis. Berikut ini rekomendasi bantal berbahan bulu atau feather.

Jenis bantal feather
Nature Basics 48×74 Cm Bantal Duck Feather – Putih

Cek di sini

apa saja bahan bantal
Soyeaux 24×103 Cm Guling Duck Feather – Putih

Cek di sini

5. Katun

Bahan katun lebih mudah kempis daripada bahan yang lainnya karena terbuat dari serat alami tanaman kapas sehingga teksturnya pun lebih lembut, tahan lama, dan mudah dibersihkan.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Nakas Modern Minimalis yang Aesthetic dan Multifungsi

Bantal katun juga lebih alami dan baik untuk kesehatan karena bebas dari bahan sintetis serta sudah terbukti hypoallergenic atau mampu mengurangi risiko timbulnya reaksi alergi di tubuh.

6. Lateks

Bantal lateks terbuat dari getah pohon karet yang hampir menyerupai memory foam. Namun, bahan lateks mampu bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 2-4 tahun.

Selain itu, bahan lateks juga tidak menahan gelombang panas saat tidur atau memiliki cooling technology (teknologi pendinginan). Jika kamu menyukai bantal yang terasa sejuk saat tidur, kamu bisa menggunakan bahan satu ini.

Nah, bahan ini sudah anti jamur dan hypoallergenic atau tidak menimbulkan reaksi alergi pada tubuh, lho. Ini dia referensi bantal berbahan lateks yang bisa kamu miliki di rumah.

Bantal latex berkontur
Informa 61.5×40 Cm Bantal Latex Kontur

Cek di sini

Bantal latex
Nature Basics Bantal Latex Kontur Organik – Putih

Cek di sini

Nah, itu dia beberapa bahan bantal yang bisa menjadi pilihan untuk mendukung kesehatan tubuh bagian atas. Kamu bisa mendapatkan berbagai bantal dengan jenis, bahan, ukuran, dan bentuk yang berbeda-beda dengan cara mengunjungi ruparupa.com, lho.

Temukan berbagai promo menarik perlengkapan tidur dengan klik di sini

Selain itu, kamu juga bisa menemukan perlengkapan rumah tangga yang beragam dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group seperti ACE, Selma, Informa, dan yang lainnya.