15 Fakta Anjing Pitbull, Wajib Tahu Sebelum Memelihara!

0
10375
fakta anjing pitbull

Anda tertarik untuk memelihara anjing pitbull ? Pitbull memang merupakan anjing yang terlihat gagah dan sangat kuat. Tetapi, banyak sekali orang yang menganggap pitbull sebagai anjing yang menyeramkan dan ganas. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Sebelum memelihara anjing jenis ini, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan agar dapat merawatnya dengan benar.

anjing yang aktif
Sumber : unsplash.com

15 Fakta Anjing Pitbull

Berikut 15 fakta terkait anjing pitbull yang wajib Anda ketahui sebelum memeliharanya di rumah :

Memiliki banyak jenis

Ternyata anjing pitbull terdiri dari banyak jenis loh. Nama pitbull sering menjadi sebutan untuk beberapa ras anjing yang memiliki tampilan yang mirip dengannya, yaitu American Staffordshire Terrier, Staffordshire Bull Terrier, American Pit Bull Terrier, Dogo Argentino, dan berbagai ras campuran lainnya. Hal ini terjadi karena orang-orang sering kesulitan membedakan jenis anjing dengan postur tubuh yang serupa. 

Terlahir untuk menjadi seekor anjing petarung

Anjing pitbull memiliki tubuh yang berotot dan gagah. Selain itu, mereka juga memiliki fisik dan mental yang kuat. Mereka juga dapat menahan rasa sakit yang luar biasa seperti luka berat. Wajar saja kalau pitbull sering menjadi anjing petarung. Anjing ini juga dapat melindungi majikannya dari bahaya. Mereka akan menyerang siapa pun yang menyakiti majikannya. 

Memiliki rahang kuat dan mengunci

Pitbull memiliki rahang yang kuat sehingga jika ia menggigit, akan sangat sulit melepasnya karena gigitannya bersifat mengunci. Hal inilah yang membuat pitbull sering mendapat julukan sebagai anjing ganas. Saat bertarung atau menyerang, anjing pitbull akan mengandalkan rahangnya ini untuk melawan musuhnya.

Baca Juga:   Kucing Manx: Karakter, Warna, Sejarah, & Jenis

Setia pada majikan

pitbull setia pada majikan
Sumber : pexels.com

Walaupun mendapat julukan sebagai anjing yang ganas, pitbull ternyata sangat setia kepada majikannya, loh. Mereka akan selalu berusaha melindungi dan ingin terus dekat dengan majikannya. Saking setianya, anjing ini bisa mengikuti sifat dari pemiliknya. Jangan heran jika pitbull Anda ingin tidur bersama atau tidak akan membiarkan Anda sendirian kemana-mana.

Anjing yang keras kepala

Pitbull memiliki sifat yang keras kepala dan sulit dikontrol. Karena sifatnya yang sangat setia, anjing pitbull hanya akan mendengarkan dan melakukan arahan dari majikannya. Mereka tidak akan memedulikan orang lain di sekitarnya. 

Ramah terhadap anak-anak

anjing pitbull ramah pada anak kecil
Sumber : boredomtherapy.com

Siapa yang bilang pitbull itu selalu ganas? Ternyata, anjing satu ini sangat ramah terhadap anak-anak, bahkan mereka sering digunakan sebagai anjing pengasuh yang baik dan mau menemani anak-anak bermain. Namun, Anda perlu melatihnya dengan benar. Hal ini terjadi karena pitbull memiliki naluri keibuan yang sangat kuat.

Tidak menyerang tanpa sebab

Banyak orang yang sering ketakutan walau hanya melihat anjing pit bull dari kejauhan. Padahal, pitbull tidak sembarangan menyerang orang tanpa alasan yang jelas. Mereka  akan menyerang jika merasa kesakitan atau terprovokasi, misalnya saat mereka atau majikannya diganggu. Pitbull hanya menyerang untuk melakukan pertahanan diri dari sesuatu yang mereka anggap mengancam. 

Anjing yang aktif

Pitbull merupakan anjing yang sangat aktif dan bersemangat. Mereka akan mendapatkan energi yang tinggi jika diajak melakukan hal kesukaan mereka. Apalagi, jika mereka berada pada halaman yang luas, mereka akan bermain dengan sangat senang. 

Kurang dapat bergaul dengan anjing lain

pitbull sulit bergaul
Sumber : unsplash.com

Walaupun memiliki sifat penyayang, ternyata pitbull tidak begitu suka bergaul dengan anjing lain, loh. Jika ingin memeliharanya, Anda harus melatihnya dengan benar untuk bersikap baik dengan orang dan hewan lainnya. 

Anak anjing pitbull memiliki dahi berkerut

Ketika masih anak-anak, anjing ini memiliki dahi yang berkerut, tetapi saat sudah dewasa, keriput tersebut akan hilang. Kulitnya akan tumbuh membentang dan menjadi permukaan yang halus. 

Baca Juga:   6 Obat Covid Isolasi Mandiri yang Berbahaya

Merupakan anjing pemanjat terbaik

Pitbull memiliki tubuh yang atletis dan kekar. Wajar saja jika mereka sangat ahli dalam memanjat. Inilah yang membuat pitbull menjadi anjing pemanjat terbaik di dunia, loh

Mudah dilatih

Pitbull juga memiliki sifat yang gigih  sehingga mudah untuk melatihnya dengan hal-hal baru. Selain itu, kesetiaannya membuat mereka mau mendengarkan apa saja arahan Anda dan berusaha semaksimal mungkin untuk menyenangkan majikannya. Anda dapat melatihnya untuk bersikap baik terhadap orang dan hewan lainnya, juga melakukan hal-hal pintar, seperti mengambil suatu barang.

Hewan peliharaan atletik yang wajib diajak berolahraga

Kebanyakan pemilik anjing ini memiliki treadmill di rumah mereka untuk melatihnya. Soalnya, pitbull perlu  sering diajak berolahraga untuk melatih kekuatan dan kelincahannya. Selain itu, olahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anjing ini. Jika Anda ingin memiliki hewan peliharaan yang dapat menemani Anda berolahraga, pitbull jawabannya! 

Mampu menarik beban yang berat

Dari postur tubuhnya saja, kita pasti tahu kalau pitbull merupakan anjing yang kuat. Mereka dapat melakukan pekerjaan yang sangat berat, misalnya menarik beban hingga 2 ton. Anda dapat melatihnya untuk membantu pekerjaan berat Anda di rumah. 

Senang bermain

Jika Anda sedang bosan, pitbull dapat menjadi teman bermain yang seru, loh. Anjing ini  sangat suka bermain, seperti lempar tangkap benda, kejar-kejaran, dan Anda juga bisa melatihnya dengan hal-hal baru.Anda juga dapat membeli mainan untuk mereka, seperti bola atau tulang mainan. Inilah alasan mengapa pitbul sangat cocok untuk menjadi salah satu anjing peliharaan di rumah. 

Nah, itu dia 15 fakta dari anjing pitbull yang wajib Anda ketahui sebelum memeliharanya di rumah. Pada dasarnya, pitbull itu tidak galak, kok, jika Anda melatihnya dengan baik. Jadi, apakah Anda tertarik memelihara pitbull? Yuk, klik disini untuk membeli beberapa mainan untuk membantu Anda melatih anjing kesayangan Anda.

Simak juga beberapa rekomendasi produk berikut ini yang dapat Anda beli di Ruparupa.com : 

Paws N Tail Mainan Hewan Lateks Babi
Paws N Tail Mainan Anjing Lateks Babi beli di Ruparupa.com.
Mainan yang memiliki desain khusus dengan bahan dasar karet yang aman untuk melatih kemampuan anjing menggigit, mengurangi tartar dan plak, juga untuk kekuatan rahangnya.
Paws N Tail Mainan Anjing Bola Led Dengan Suara
Paws N Tail Mainan Anjing Bola Led Dengan Suara beli di Ruparupa.com.
Mainan bola lucu ini dapat membantu Anda melatih kelincahan anjing kesayangan Anda.
Kinetic Magnetic Treadmill Manual
Kinetic Magnetic Treadmill Manual beli di Ruparupa.com.
Treadmill ini dapat membantu Anda melatih kelincahan dan kekuatan anjing Anda. Selain itu, dengan mengajak anjing Anda berolahraga dengan treadmill ini, kesehatannya juga akan lebih terjamin.