Ketahui Fungsi Alat Penyedot Dahak atau Phlegm Suction

0
14679
sowell phlegm suction alat penyedot dahak

Apakah Anda pernah mendengar alat ini ? Phlegm suction atau yang biasa dikenal dengan sebutan alat penyedot dahak ini ternyata sangat berguna loh. Apalagi saat Anda memiliki bayi atau ada keluarga yang sedang sakit dalam keadaan kurang kesadaran. 

Pengertian dan Kegunaan Phlegm Suction atau Alat Penyedot Dahak 

Alat Penyedot Dahak Sowell Portable Phlegm Suction
Dapatkan alat penyedot dahak atau phlegm suction berkualitas hanya di Ruparupa.com

Seperti namanya, alat ini merupakan sebuah perangkat medis untuk menghilangkan halangan berupa lendir, dahak, dan air liur dari rongga bagian tubuh tertentu, khususnya saluran pernapasan. 

Ruparupa Banner

Tenaga medis seringkali menggunakan alat ini kepada pasien mereka yang dalam keadaan tidak sadarkan diri atau kekurangan kesadaran. Alat ini akan membantu mengeluarkan lendir atau dahak pada saluran pernapasan mereka sehingga dapat membantu para pasien bernapas dengan normal walaupun dalam keadaan kurang kesadaran. 

Tenaga medis juga menggunakan phlegm suction atau alat penyedot dahak untuk beberapa hal berikut : 

  • Membantu pasien yang muntah saat mengalami kejang atau tidak sadarkan diri
  • Membersihkan darah dari saluran pernapasan
  • Mengeluarkan benda asing dari tenggorokan atau paru-paru
  • dan lain-lain. 

Alat penyedot dahak seringkali memegang peran penting untuk membantu menyelamatkan jiwa orang-orang. Pihak rumah sakit sering menggunakan alat ini untuk membantu keadaan darurat untuk membuka saluran pernapasan atau melancarkan sirkulasi napas pasien mereka. Selain itu,  bagi orang yang mengalami overdosis dengan muntahan di saluran pernapasannya juga akan memakai alat ini. Pada beberapa rumah sakit juga memiliki alat penyedot dahak ini yang terpasang di dinding kamarnya untuk membantu penyakit terkait sinus dan tonsilektomi. 

Baca Juga:   9 Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha di Rumah

Bagi ibu-ibu yang memiliki bayi di rumahnya, alat ini juga akan sangat membantu. Ibu-ibu seringkali kesulitan saat ingin mengeluarkan ingus atau dahak dari saluran pernapasan bayi mereka, sehingga terkadang mereka terpaksa harus menyedotnya sendiri menggunakan mulut mereka. Dengan adanya phlegm suction atau alat penyedot dahak ini, ibu-ibu tidak perlu lagi kesulitan dan bingung mengeluarkan ingus atau dahak bayinya. Cukup dengan menggunakan alat ini, bayi Anda akan dapat bernapas dengan lega. 

Cara kerja Phlegm Suction

Mesin ini bekerja dengan menghasilkan tekanan dan kemudian menyalurkannya melalui tabung penghubung khusus. Tekanan ini kemudian akan menciptakan efek vakum yang dapat menarik lendir, dahak, atau sekresi serupa keluar dari saluran pernapasan. Sekresi tersebut kemudian akan otomatis masuk ke tabung. 

Setelah digunakan, Anda juga harus membersihkan alat ini dengan benar agar tidak menjadi kotoran yang malah membahayakan tubuh. Gunakan kain basah dengan cairan desinfektan untuk membersihkan unit tubuh dan lubang vakum, lalu keringkan dengan kain bebas serat. Pastikan tidak ada cairan yang masuk ke dalam mesin. Pastikan juga mesin benar-benar kering sebelum Anda menyimpan atau menggunakannya kembali. 

Baca Juga:   Ear Thermometer Sebagai Alat Ukur Suhu Tubuh

Saat ini, banyak platform atau ecommerce yang sudah menjual phlegm suction sehingga Anda dapat membelinya dengan mudah. Alat ini akan sangat berguna jika dirumah Anda sedang ada bayi atau juga keluarga yang sedang sakit dalam keadaan kurang kesadaran. Apalagi jika ada keluarga anda itu tidak melakukan rawat inap di rumah sakit, namun hanya di rumah saja. 

Sowell Portable Phlegm Suction Srb-270 info
Sowell Portable Phlegm Suction Srb-270 info beli di Ruparupa.com

Jika Anda ingin membeli phlegm suction dengan kualitas yang bagus, Anda dapat mencoba produk dari merek Sowell. Sowell Portable Phlegm Suction memiliki daya hisap maksimal hingga 0,075 MPa dan tidak menimbulkan rasa sakit saat menggunakannya. Alat penyedot dahak dari Sowell ini dapat mengalirkan udara maksimal 20 hingga 22 liter per menit dan dapat beroperasi selama 30 menit. 

Alat ini dapat mengumpulkan cairan yang tersedot hingga 1000ml. Cara penggunaannya pun sangat praktis dan mudah. Anda dapat menggunakannya untuk keluarga Anda dan dapat menjadi pertolongan pertama di rumah Anda. Temukan berbagai produk kesehatan dari Sowell yang berkualitas hanya di Ruparupa.com