15 Alat Fitnes Rumahan yang Wajib Dimiliki

1
15026
alat fitnes rumahan

Jika kamu sulit bepergian ke gym, maka kamu bisa memiliki alat fitnes rumahan sendiri. Jadinya, kamu tetap dapat olahraga dari rumah tanpa harus repot bepergian.

Soalnya, hidup yang sehat dimulai dari diri sendiri. Apalagi, rutin berolahraga bisa meningkatkan kesehatan otak kita, mengurangi risiko penyakit, serta memperkuat tulang dan otot.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Alat Fitness Rumahan yang Bisa Kita Gunakan?

Model alat fitnes memang beraneka ragam bentuk dan ukuran, dari yang kecil hingga yang besar. Nah, jika ingin memulai  rutin bergerak dari rumah, kamu hanya perlu memiliki beberapa alat olahraga praktis dan sederhana, seperti berikut ini. 

1. Tali Skipping

Tali skiping adalah alat fitness yang biasa digunakan untuk lompat tali. Dengan melakukan 30 menit lompat tali, kamu sudah bisa membakar 375 kalori. Jumlah kalori ini dua kali lebih banyak dengan berjalan kaki dengan kecepatan 4,8 km/jam, lho.

Manfaat olahraga lompat tali secara rutin lainnya, antara lain bisa menguatkan otot tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan keseimbangan, serta bisa sebagai aktivitas kardio yang efisien. 

alat olahraga
Iron Gym Tali Skipping Nylon Speed

Beli di sini

tali skipiing
Iron Gym Tali Skipping Speed

Beli di sini

2. Dumbbell

Biasanya, dumbbell digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. Ukuran dumbbell pun beraneka ragam, mulai dari berat 1 kg hingga 10 kg.

Namun, pastikan kamu memilih ukuran dumbbell yang sesuai dengan kemampuan agar tidak menimbulkan cedera. 

Pilihlah dumbbell dengan ukuran berat yang tepat

Beli di sini

3. Kettlebell

Kettlebell adalah alat fitness yang dapat melatih bagian tubuh bagian atas, seperti lengan, punggung, hingga kaki. Namun, pastikan kamu memilih bobot yang sesuai dengan kekuatan kamu agar tidak menimbulkan cedera.

Nah, berikut kami memiliki rekomendasi kettlebell yang bisa kamu gunakan di rumah.

alat fitnes rumahan
Berwyn Neoprene Kettlebell 4 Kg

Beli di sini

4. Resistance Band

Biasanya, resistance band berbentuk menyerupai cincin atau karet gelang, yang berfungsi untuk meningkatkan kerja otot, menjaga keseimbangan tubuh, serta bisa membentuk lengan.

Baca Juga:   5 Tempat Terbaik untuk Meletakkan Treadmill di Rumah

Alat satu ini cocok digunakan oleh pemula karena cukup mudah untuk melakukan berbagai gerakan olahraga. 

Kamu hanya perlu membuka kaki lebar, lalu injak ujung resisctance band. Kemudian, gunakan kedua tangan untuk menarik sisi lainnya sampai tangan terasa kencang. Lakukan gerakan ini sebanyak 16 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

alat fitnes rumahan
Kiwikana Set 4 Pcs Short Resistance Band

Beli di sini

alat fitnes rumahan
Resistance Band Tension Gym & Workout Set 3 Pcs

Beli di sini

5. Matras Yoga

Matras yoga biasanya digunakan sebagai alas olahraga. Tujuan dari memakai matras yoga ini adalah untuk mengurangi cedera akibat kaki dan tangan tergelincir saat melakukan gerakan yoga.

Nah, berikut kami punya rekomendasi matras yoga atau yoga mat yang bisa kamu gunakan di rumah. 

alat fitnes rumahan
Berwyn Matras Yoga Single Layer Weave- Pink

Beli di sini

6. Bola Gym

Bola gym atau gym ball biasanya berbentuk bulat seperti bola. Alat olahraga praktis satu ini kerap digunakan untuk membentuk dan mengencangkan otot, seperti otot dada, punggung, perut, dan kaki. 

Kamu pun bisa melakukan berbagai gerakan olahraga dengan gym ball, seperti sit up dan push up. 

bola gym
Iron Gym Bola Fitness 75 Cm

Beli di sini

bola fitnes
Champs Bola Fitness Anti-burst 75 Cm – Merah

Beli di sini

7. Ab Slide Wheel

Untuk melatih otot perut, kamu bisa menggunakan Ab slide wheel roller. Alat ini juga bisa menguatkan otot punggung dan tangan, serta membakar lemak. 

Kamu dapat melakukan beberapa gerakan olahraga dengan alat satu ini, seperti gerakan plank dan knee rollout. Namun, pastikan kamu menggunakan matras yoga agar bagian kaki tetap aman dan tidak terluka. 

ab slide wheel
Champs Dual Ab Slide Wheel – Merah

Beli di sini

alat fitnes rumahan
Champs Ab Slide Wheel – Hitam

Beli di sini

8. Iron Gym Body Toner

Alat satu ini berfungsi untuk melatih kekuatan bokong, paha bagian dalam dan luar, dada, dan lengan. Berikut rekomendasi iron gym body toner yang bisa kamu gunakan di rumah. 

alat fitnes rumahan
Iron Gym Body Toner

Beli di sini

9. Elliptical

Jika kamu ingin menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kekuatan otot, maka alat fitness Elliptical ini sangat tepat untuk kamu. Mesin multifungsi ini bisa kamu gunakan sebagai treadmill, sepeda, dan stepper. 

alat fitnes rumahan
Kinetic Elliptical 601e

Beli di sini

Baca Juga:   5 Tips Dekorasi Meja Makan Minimalis Buat Perayaan Imlek

10. Body Trimmer

Body trimmer termasuk alat olahraga yang  praktis dan efektif membentuk otot perut, lengan, dan kaki. Umumnya, alat ini terbuat dari material yang memiliki elasitas tinggi.

alat fitnes rumahan
Champs Soft Body Trimmer – Hitam Kuning

Beli di sini

11. Multi Gym

Bila kamu memiliki ruang yang cukup besar, kamu bisa menggunakan alat fitnes multi gym. Alat ini biasa digunakan untuk membentuk otot lengan, bahu, punggung, dan dada.

Biasanya, alat ini dilengkapi dengan pull bar dan lat bar, yang bisa digunakan untuk latihan high pulley, leg developer, shoulder press, biceps pad, serta low pulley. 

 

alat fitnes rumahan
Tunturi Multi Gym Hg 20 – Hitam

Beli di sini

12. Soft Wrist

Alat fitnes rumahan berikutnya yang tidak boleh dilupakan adalah soft wrist. Biasanya, alat ini digunakan untuk mencegah pergelangan tangan terkilir saat berolahraga. 

alat fitnes
Champs Penopang Pergelangan Tangan Soft Wrist – Hitam/biru

Beli di sini

alat fitnes
Champs Pemberat Pergelangan Kaki Atau Tangan 1 Kg – Hitam/abu Abu

Beli di sini

13. Sepeda statis

Sepeda statis menjadi alat fitness rumahan yang bisa membangun kekuatan kaki dan tubuh bagian bawah jika menggunakannya secara konsisten. Selain itu, alat ini juga bisa melatih otot punggung.

alat fitnes rumahan
Kinetic Sepeda Statis 515b – Orange abu-abu

Beli di sini

14. Push-up bar

Dibandingkan push up dengan tangan kosong, penggunaan push up bar mampu meningkatkan kekuatan pergelangan tangan sehingga genggamannya jadi lebih baik.

Dengan begitu, kamu bisa mengembangkan otot tubuh bagian atas, seperti lengan, bahu, dan dada secara maksimal.

alat fitnes rumahan
Iron Gym Push Up Bars

Beli di sini

alat fitnes rumahan
Iron Gym Alat Push Up Dengan Rotating Grip

Beli di sini

15. Pull-up bar

Pull-up menjadi jenis latihan yang paling bermanfaat untuk memperkuat otot punggung, lengan, bahu, dan melatih kekuatan cengkeraman. Oleh sebab itu, pull-up bar bisa menjadi alat fitnes rumahan untuk membangun otot-otot tubuh.

alat fitnes rumahan
Iron Gym Pull Up Bar

Beli di sini

alat fitnes rumahan
Champs Door Way Chinning Bar Tiang Pull Up

Beli di sini

Itu dia berbagai jenis alat fitnes rumahan yang bisa kamu miliki. Kamu dapat membeli alat fitnes berkualitas hanya melalui ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan aneka kebutuhan kesehatan & olahraga, gym & fitnes yang beragam, seperti alat yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot tangan hingga alat latihan untuk perut.

Kamu pun bisa mendapatkan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Grup, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. 

1 KOMENTAR