9 Produk Rumah Tangga Ramah Lingkungan yang Aman

0
18586
https://unsplash.com/photos/_kB9NKpErH4

Belakangan ini, isu pencemaran lingkungan tengah menarik perhatian masyarakat secara global. Sebagai salah satu cara untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan memilih jenis produk rumah tangga yang eco-friendly atau ramah lingkungan.

Umumnya, produk rumah tangga mengandung bahan kimia yang keras, sehingga dapat membahayakan kesehatan tubuh maupun lingkungan.

Ruparupa Banner

Nah, untuk itulah belakangan ini semakin banyak produk rumah tangga ramah lingkungan yang mudah kita jumpai.

Lantas, Apa Saja Produk Ramah Lingkungan?

Berikut beberapa produk ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan sehari-hari.

1. Sedotan Re-useable

produk ramah lingkungan
Ataru Set Sedotan Silikon & Sikat Pembersih – Biru

Cuma Rp20 ribuan

Meskipun praktis, tetapi sedotan plastik menyumbang limbah plastik. Maka dari itu, sejumlah kedai minuman telah meniadakan penggunaan sedotan plastik ini.

Nah, agar lebih ramah lingkungan, kamu bisa menggunakan sedotan yang terbuat dari besi, stainless steel, bambu, ataupun silikon.

Tenang saja, sedotan ini biasanya sudah sepaket dengan wadah penyimpanan dan sikat pembersih khusus agar memudahkanmu dalam merawatnya.

2. Wadah Tempat Makan

produk eco-friendly
Appetite Set 3 Pcs Aria Wadah Makananan Round

Cuma Rp130 ribuan

Daripada menggunakan wadah makanan sekali pakai, cobalah beralih ke tempat makan yang terbuat dari plastik, stainless steel, keramik, ataupun kaca.

Selain ramah lingkungan, penggunaan produk tempat makan bisa menjaga kualitas makanan yang kita simpan. Hal paling penting adalah pilih kotak makan yang sudah bebas BPA.

Selain itu, jika kamu suka menyimpan makanan ke dalam lemari pendingin, kamu bisa memilih produk tempat makan dengan tutup silikon agar kedap udara.

3. Pembalut dari Kain atau Menstrual Cup

produk ramah lingkungan
Sumber: pexels.com

Faktanya, sampah pembalut sekali pakai termasuk ke dalam sampah anorganik yang sulit terurai 100%. Untuk mengurangi sampah ini, kamu bisamenggunakan pembalut yang terbuat dari bahan kain dan menstrual cup.

Selain ramah lingkungan, pembalut bahan kain biasanya terbebas dari zat kimia, sehingga bisa menjadi solusi bagi wanita yang kulitnya sangat sensitif. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga higienitas produk pembalut, ya.

tas belanja
Ataru Tas Belanja Lipat – Cokelat

Cuma Rp30 ribuan

Penggunaan plastik secara berlebihan memang dapat membahayakan kualitas air dan juga tanah. Pasalnya, sampah plastik ini memiliki kandungan kimia yang sulit untuk terurai dan di daur ulang.

Oleh sebab itulah hampir semua supermarket dan pasar tradisional meniadakan penggunaan kantong plastik sekali pakai dan menggantinya dengan kantong belanja kanvas

Kamu juga bisa membawa produk tas belanja lipat kemanapun kamu pergi. Selain muat lebih banyak, tas ini juga bisa kamu simpan dengan mudahnya ketika sudah tidak digunakan.

5. Loofah atau Gambas Kering

spons bahan alami
Sumber: pexels.com

Loofah atau spons alami terbuat dari tanaman gambas yang dikeringkan. Meskipun memiliki tekstur yang sedikit kasar dibandingkan bahan spons pada umumnya, loofah ini dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan tubuh dengan lebih maksimal.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengganti spons cuci piring untuk membersihkan noda membandel yang menempel.

6. Pencuci Piring dari Sabut Kelapa

produk eco-friendly
Proclean Set 3 Pcs Spons Cuci Piring Sisal – Merah

Cuma Rp20 ribuan

Salah satu produk yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti spons cuci piring adalah sabut kelapa. Tenang saja, meskipun terlihat tipis dan sangat ramah lingkungan, produk ini juga memiliki daya bersih yang sama dengan spons biasa.

Bila produk sabut kelapa sudah rusak, kamu bisa menjadikannya sebagai kompos tanpa perlu khawatir akan mencemari lingkungan.

Selain itu, jika kamu merasa sabut kelapa sekarang sulit untuk ditemmukan, kamu juga bisa menggunakan spons dari sisal fiber sebagai alternatif.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Produk Ramah Lingkungan Berkualitas

7. Tumbler

produk ramah lingkungan
Ataru 510 Ml Botol Vacuum Flask – Hijau

Cuma Rp90 ribuan

Kamu sering takeaway atau membeli minuman kemasan? Nah, lebih baik kamu mulai membawa botol minummu sendiri kemanapun kamu pergi.

Selain menghemat biaya,  botol minum ini sudah food safe grade. Bahkan, ada juga botol minum dengan material tahan panas, seperti tumbler. Jadi, kamu bisa menikmati kopi dan teh hangat lebih lama.

8. Sabun dan Shampo Bebas Karbon 

dispenser sabun
Kanala 270 Ml Dispenser Sabun Cair

Cuma Rp30 ribuan

Bila kamu memiliki kulit sensitif, gunakanlah pembersih tubuh ramah lingkungan seperti sabun atau shampo yang bebas karbon. Pasalnya, produk ini tidak mengandung senyawa kimia yang berbahaya.

Agar lebih hemat biaya sekaligus membuat kamar mandi terlihat lebih estetik, kamu bisa menyiapkan dispenser sabun dan cukup diisi dengan sabun refill.

9. Set Alat Makan

set alat makan
Kris Set Alat Makan Tin Box – Silver

Cuma Rp60 ribuan

Produk ramah lingkungan berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah set alat makan. Alih-alih menggunakan yang sekali pakai, lebih baik kamu membawa set alat makan sendiri dari rumah.

Selain memiliki bahan yang lebih kokoh, bobotnya juga ringan dan memiliki bentuk yang praktis. Biasanya, set alat makan ini dijual lengkap dengan wadah penyimpanan sehingga  lebih higienis.

Nah, itu dia berbagai produk ramah lingkungan untuk melengkapi keperluan rumah tanggamu. Kamu bisa mendapatkan produk ramah lingkungan tersebut melalui situs belanja online ruparupa.

Temukan berbagai produk ramah lingkungan lainnya hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai  produk home living dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu Informa, ACE, Selma, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.