6 Rekomendasi Mainan Anak Edukatif

0
473
mainan untuk anak

Menjadi orang tua bukanlah pekerjaan yang mudah. Mendidik anak sedari kecil dan mengajarinya untuk perlahan mengenal dunia pun menjadi salah satu tugas yang harus dilakukan oleh orang tua. Anak yang masih di usia balita pasti sedang senang-senangnya bermain dengan mainan yang dia miliki. Sebagai orang tua, lebih baik memanfaatkan peluang dari kesenangan anak untuk mengasah otaknya, seperti memberikan mainan untuk anak yang edukatif.

Sistem kerja otak kanan dan otak kiri yang pada dasarnya harus tetap seimbang pun bisa dilakukan dengan cara seperti ini. Memberikan anak mainan yang edukatif dapat membantu mereka mengasah ketangkasan berpikir, kreativitas, meningkatkan rasa keingintahuan,  dan juga menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan mereka.

Karena ketika anak bermain, otak kanan anak akan menjalankan imajinasinya dan mengasah kreativitas anak. Didukung dengan permainan edukatif yang membuat otak kirinya akan bekerja mengingat dan juga memainkan logika untuk memikirkan bagaimana cara menyelesaikan permainan tersebut.

Rekomendasi Mainan Untuk Anak Yang Edukatif

Berikut beberapa mainan edukatif untuk anak yang bisa para Bunda jadikan referensi.

1. Balok Kayu Geometri

Top Bright Number Block Wooden Abc

Permainan yang berbahan dasar kayu ini dapat membantu anak mengidentifikasi bentuk-bentuk seperti segitiga, persegi, lingkaran, dan lain sebagainya. Permainan balok kayu geometri ini dapat melatih motorik anak dan mengajarkan anak mengenal bentuk-bentuk yang ada di lingkungan sekitar.

Dalam memainkannya, permainan balok kayu geometri terbilang mudah, sang anak hanya perlu memasukkan balok dengan berbagai bentuk kedalam box yang tutupnya sudah didesain sesuai dengan macam bentuk balok yang tersedia. Permainan ini masih cocok digunakan untuk anak seusia 3 tahun.

2. Puzzle

Sumber : pixabay.com

Mainan yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, tidak hanya orang dewasa yang bisa menyusun Puzzle, ternyata anak yang masih dibawah umur pun bisa lho. Potongan-potongan puzzle yang membuat anak dituntut untuk menyusunnya hingga terlihat gambar yang sama sebelum puzzle dibongkar. Dalam permainan ini, logika anak akan bekerja sehingga otak kananpun ikut bekerja. Di ikuti dengan gambar yang seolah membuat sang anak sedang memecahkan teka-teki akan menimbulkan sifat keingintauan sang anak dan belajar untuk berpikir kritis.

3. Stacking Toys

Tomindo Mainan Tumpuk Stacking Burger

Stacking Toys adalah permainan yang dimainkan dengan cara disusun dari ukuran terbesar hingga terkecil. Dalam permainan ini, para Bunda bisa sekaligus mengajarkan anak untuk mengenal berbagai bentuk dan warna. Anak akan berpikir bagaimana cara untuk menyusun masing-masing dari mainan agar sesuai dengan bentuk, ukuran, dan warna. Cara berpikir anak akan perlahan terlatih untuk mencari solusi dari berbagai persoalan yang terjadi, hal ini juga bisa membuat anak open minded dan juga berpikir kritis.

4. Pasir Kinetik

Tomindo Mainan Pasir Ajaib Pasir Kinetik – Magic Sand Kebunku

Untuk mainnya yang satu ini sepertinya tidak memandang usia, semua orang boleh memainkan pasir kinetik ini. Untuk anak-anak, pasir kinetik yang cara bermainnya dengan ditelan dan membuat suatu bentuk sesuai apa yang diinginkan oleh sang anak, akan membuat kemampuan motorik anak bekerja. Kreativitas sang anak juga bisa diasah dengan memainkan pasir kinetik ini. Mungkin beberapa orang tua akan waspada ketika sang anak memainkan pasir kinetik ini, karena cara bermainnya yang diremas dan ditekan yang melibatkan tangan mungil si kecil, membuat cemas para orang tua jika tiba-tiba sang anak memasukkannya kedalam mulut. Oleh karena itu, pengawasan dari orang tua juga sangat dibutuhkan.

5. Plastisin

Sumber : pixabay.com

Memiliki cara bermain yang sama dengan pasir kinetik, plastisin memiliki tekstur yang lebih padat daripada pasir kinetik. Memainkan plastisin bagi anak akan melatih fokus, ketelitian, dan ketelatenan sang anak. Selain itu, bermain plastisin juga mengasah kreativitas sang anak dan membuat anak menjadi mahir untuk berkarya. Dengan melatih anak untuk berkarya sejak kecil, para Bunda sama saja sudah memberikan sedikit bekal untuk memudahkan aktivitas anak dimasa yang akan datang.

6. Cleanser Set

Playcircle Mainan Vacuum Cleaner

Peribahasa mengatakan ‘Bersih Pangkal Sehat’, dan sepertinya untuk mewujudkan lingkungan yang bersih maka kita harus rajin membersihkan lingkungan sekitar. Untuk menumbuhkan kesadaran akan kebersihan sejak dari kecil, mainan cleanser set ini bisa dijadikan solusi yang tepat. Sang anak yang pada masa kecilnya akan lebih sering menirukan perilaku orang dewasa, bisa diajarkan untuk mulai membersihkan lingkungan yang ada di sekitar sang anak menggunakan cleanser set ini. Jika pemahaman akan kebersihan lingkungan sudah tertanam sejak dini, maka perilaku tersebut akan terbawa hingga sang anak besar.

Beberapa contoh mainan edukasi anak diatas bisa dijadikan referensi mainan untuk sang buah hati. Selain itu juga bisa dijadikan solusi cara mendidik anak yang baik dan benar. Jika bisa memberikan mainan yang sekaligus bisa mengasah otak dan keterampilan sang anak, kenapa tidak? Mendidik anak sedari kecil dan membuat mereka paham akan lingkungan sekitar juga menjadi tanggung jawab dan faktor terpenting dalam tumbuh kembang anak.

Dapatkan mainan untuk anak yang edukatif dari Ruparupa. Ruparupa menyediakan berbagai kebutuhan yang lengkap dan sesuai untuk siapa saja, termasuk anak-anak. Beli sekarang juga.