6 Produk untuk Menghilangkan Goresan Pada Mobil

1
1307
Menghilangkan Goresan

Bagi pemilik mobil, goresan yang tampak pada mobil tampak sangat mengganggu. Terlebih jika goresan tersebut menyisakan goresan yang dalam dan nyata pada mobil kesayangan Anda. Menghilangkan goresan pada mobil sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan goresan yang terjadi tidak terlalu dalam hingga mengenai lapisan cat dasar mobil.

Apa saja produk yang dibutuhkan untuk menghilangkan goresan pada mobil?

Tak peduli seberapa hati-hatinya kita ketika mengendarai mobil, dan goresan itu akan tetap timbul. Seperti ketika terkena ranting pepohonan, kerikil selama perjalanan, goresan dari lap yang kasar. Selain itu pada tempat tertentu, seperti handle pintu, sangat mungkin terjadi goresan yang berasal dari kunci rumah atau mobil yang digenggam saat membuka pintu mobil.

Sebelum mulai membahas bagaimana cara menghilangkan goresan, kita perlu mengidentifikasi jenis goresan yang ada pada mobil Anda. Untuk goresan ringan dan sedang, masih mungkin Anda melakukan perawatan sendiri dengan bermodalkan beberapa produk berkualitas. Sedangkan untuk goresan yang dalam hingga ke lapisan dasar, memang sebaiknya Anda membayar jasa profesional dan lakukan pengecatan.

Produk yang dibutuhkan

hilangkan goresan mobil

1. T-UP Automotive Paint

T-UP Automotive Paint ini mampu memperbaiki goresan tipe halus, sedang dan dalam dan menutup goresan pada permukaan mobil. T-UP Touch Up hadir dengan berbagai pilihan warna yang harus disesuaikan dengan merek, tipe dan tahun keluaran mobil. Pastikan Anda memilih produk yang tepat agar warna yang dihasilkan dapat sesuai dan menghasilkan warna natural pada mobil Anda.

cara hilangkan goresan mobil

2. Nu Finish Scratch Doctor

Scratch Doctor dari NU Finish ini mampu menghapus goresan halus atau goresan melingkar dengan efektif.

cara hilangkan goresan mobil

3. Turtle Wax Premium Polishing Compound

Dengan formula nanoteknologi kelas premium polishing compound dari Turtle Wax ini mampu mengatasi oksidasi ringan hingga membandel. Serta mampu melindungi permukaan cat dari sinar UV.

cara hilangkan goresan mobil

4. Soft 99 Creamy Shampoo Mobil

Shampoo mobil ini tidak mengandung wax sehingga tidak meninggalkan bekas pada body kendaraan. Menghasilkan busa lebih banyak untuk mengurai kotoran dan membersihkan lebih cepat dibanding pencucian konvensional.

274431_3

5. Meguiars Wax Paste Ultimate

Pasta Wax ini terbuat dari bahan sintetis hydrophobic wax yang mampu memberikan proteksi lebih lama dengan efek refleksi.

cara hilangkan goresan mobil

6. Spons Polishing

Spons polishing ini berbentuk bundar, terdiri dari 2 buah spons dengan material terry dan polyester.

 

Cara Menghilangkan Goresan sedang dan dalam dengan T-UP Automotive Paint

1. Bersihkan permukaan mobil yang ingin dicat dari kotoran dan debu menggunakan lap kering dan halus. Lalu kocok botol T-UP Automotive Paint selama kurang lebih 1 menit agar komposisi cat tercampur rata.

2. Oleskan goresan yang ada pada permukaan mobil dengan T-UP Automotive Paint menggunakan kuas yang tersedia. Lalu diamkan hingga mengering sekitar 30 menit. Jangan khawatir jika timbul tonjolan pada permukaan cat setelah mengering.

3. Pastikan cat telah benar-benar kering, lalu gunakan Premium Polishing Compound dari Turtle Wax untuk meratakan permukaan mobil. Tuangkan polishing compound pada spons halus, dan lakukan gerakan memutar pada seluruh permukaan mobil, terutama pada bagian yang telah di cat. Proses ini mungkin perlu Anda lakukan berulang kali hingga didapat hasil yang diinginkan.

4. Cuci mobil menggunakan Creamy Shampoo dari Soft 99 untuk menghilangkan sisa-sisa residu dan mengangkat kotoran. Creamy shampoo mobil menghasilkan busa lebih banyak sehingga lebih efektif mengangkat kotoran yang tertinggal di permukaan mobil Anda. Gunakan spons halus untuk membersihkan seluruh permukaan mobil, lalu keringkan seluruh permukaan mobil.

5. Setelah permukaan mobil kering sempurna, lapisi permukaan mobil dengan Wax Paste Ultimate dari Meguiars. Aplikasikan wax ini menggunakan kain microfiber yang tersedia dalam kemasan. Ambil wax menggunakan kain microfiber, dan aplikasikan ke seluruh permukaan mobil dengan gerakan memutar. Selain memberikan perlindungan, wax ini juga mampu memberikan efek refleksi mengkilap.

Cara Menghilangkan Goresan ringan dan goresan melingkar dengan Nu Finish Scratch Doctor

  • Bersihkan permukaan mobil yang ingin dicat dari kotoran dan debu menggunakan lap kering dan halus. Lalu gunakan spons untuk mengaplikasikan Nu Finish Scratch Doctor. Aplikasikan dengan gerakan melingkar dan berulang-ulang hingga didapat hasil yang diinginkan.
  • Lalu ikuti langkah ke 3, 4 dan 5 seperti di atas untuk mendapatkan hasil yang sempurna dengan efek mengkilap pada body mobil Anda.

Demikian 5 langkah mudah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah saat terdapat goresan pada body mobil Anda. Dengan melengkapi produk perawatan mobil, maka Anda tidak lagi harus merogoh kocek dalam untuk mengatasi goresan-goresan pada mobil Anda.
Jangan lupa bahwa proses waxing dan polishing mungkin harus dilakukan berulang kali hingga didapat hasil yang diinginkan. Tergantung dari kedalaman dan besaran goresan yang terjadi pada mobil Anda. Dan bila goresan cukup besar dan dalam, Anda mungkin harus membayar jasa profesional.

Temukan beragam produk perawatan mobil disini!

Selamat mencoba!