6 Penataan Ruang Tamu Minimalis yang Wajib Anda Coba

0
2560
tema terang pada ruang tamu kecil
Sumber: idealhome.co.uk/ cr: David Giles

Ruang tamu merupakan ruangan terpenting di dalam rumah. Untuk kamu yang rumahnya sering kedatangan kerabat, penampilan penataan ruang tamu pasti menjadi bagian terpenting. Selain membuat tampilan terlihat lebih bagus dan rapi, proses berbincang juga akan menjadi nyaman dan betah. Untuk itu, kamu dapat mencoba konsep ruang tamu minimalis yang cantik dan juga nyaman ditempati.

Penataan ruang tamu minimalis

Penggunaan konsep minimalis merupakan salah satu desain yang kini tengah menjadi favorit sejuta umat. Perpaduan warna yang tidak mencolok beserta dekorasi ornamen yang minim membuat pengaplikasikan desain menjadi jauh lebih gampang. Terutama buat kamu yang tidak memiliki ruangan yang cukup luas. Simak terus sejumlah tips penataan ruang tamu minimalis yang dapat kamu aplikasikan di ruang tamu modernmu.

Memilih perabotan secukupnya

Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Agar ruangan tidak terkesan pengap dan padat, pastikan kamu selalu memerhatikan pemilihan furnitur yang berukuran kecil yang sesuai kebutuhan furnitur ruang tamumu. Umumnya kebutuhan ruang tamu dipengaruhi oleh gaya hidup sang pemilik rumah. Namun, terdapat beberapa perabotan wajib yang dimiliki setiap rumah yakni, pemilihan kursi atau sofa, meja, hingga kabinet tempat penyimpanan.

Baca juga 8 Cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil

Baca Juga:   30 Inspirasi Plafon ruang makan Bergaya Minimalis Hingga Klasik

Pemilihan warna dan material yang senada

ruang tamu kecil dengan cahaya
Sumber: unsplash.com/@sidekix

Mencari pemilihan warna finishing pada ruang tamu tergolong susah-susah gampang. Terutama adanya pebedaan preferensi warna pada masing-masing individu. Maka dari itu, untuk kamu yang menyukai warnterang, kamu dapat mencoba mengaplikasikan wana netral untuk perpaduan yang lebih baik. Contohnya furnitur warna netral yang berpaduan dengan konsep dinding berwarna gelap ataupun sebaliknya. Untuk bahan pelengkapnya sendiri, kamu dapat lebih ekspresif dengan permainan kombinasi warna ekstreme.

Pastikan terdapat satu elemen yang dominan agar atmosfer nuansa rumah menjadi memiliki kesan yang khas. Selain itu, pilihlah material lantai yang hangat dan tidak terlalu keras agar terasa nyaman saat dipijak. Pilihan umumnya adalah penggunaan keramik vynil dan lantai parket. Sedangkan jika kamu memiliki budget lebih, tidak ada salahnya mencoba penggunaan material marmer untuk memberikan sentuhan kemewahan pada ruang tamumu.

Pengaturan pencahayaan

tema terang pada ruang tamu kecil
Sumber: idealhome.co.uk/ cr: David Giles

Permainan pencahayaan sangat memiliki peran penting dalam menata ruang tamu. Selain berfungsi sebagai pencahayaan untuk mempermudah aktivitas, bantuan pencahayaan ini juga baik untuk membantu menghidupkan suasana ruang tamu.

Jika kamu memiliki jendela di dalam ruangan, maka kamu dapat memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari untuk membatu menghidupkakn suasana ruang tamu. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan penggunaan pencahayaan dari lampu hias dengan warna yang senada.

Dapatkan Sofa Abu-Abu Terbaru hanya di Ruparupa.com

Memilih ornamen pelengkap secara bijak

Ruang tamu kecil dengan cermin raksasa
Sumber: idealhome.co.uk

Saat melakukan pemilihan dekorasi, pastikan kamu memilih elemen yang tidak hanya fungsional, melainkan juga dapat menunjang kenyamanan pengguna. Misalnya memanfaatkan dekorasi bantal sofa yang empuk ataupun karpet lantai yang membuat suasana berbincang menjadi lebih nyaman. Selain itu, kamu bisa mencoba menggunakan dekorasi artistik seperti cermin dengan kelebihan estetika visual dan pantulan pencahayaan yang dapat menimbulkan efek luas pada ruangan.

Baca Juga:   4 Cara Mudah Menabung

Menambahkan unsur tanaman

Salah satu cara termudah untuk menghidupkan tampilan ruangan minimalis adalah dengan menggunakan tanaman hijau. Kamu tidak harus menggunakan dekorasi tanaman hidup, melainkan kamu dapat memilih tanaman artifisial yang dapat disimpan di ruang tamu dalam jangka yang panjang, tanpa memerlukan perawatan intensif.

Baca juga 14 Tanaman Hias yang Sedang Populer

Dengan memahami sejumlah tips menata ruang tamu minimalis di atas, tentu kamu menjadi mengetahui konsep penataan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain kebutuhan, pastikan pemilihan penataan ruang tamu juga disesuaikan dengan gaya keinginanmu juga. Satu hal lagi, kunci dari penataan ruangan minimalis adalah dengan memilih perabotan dan warna minimalis yang mendominansi ruangan.

Jika kamu sedang mencari inspirasi furnitur kebutuhan rumah tangga, kamu bisa menemukannya di Ruparupa.com. Tidak hanya itu, Ruparupa.com juga menyediakan berbagai barang-barang yang bisa membantu menunjang estetika penampilan ruanganmu seperti sofa, meja, rak, dan lebih banyak lagi. Tunggu apalagi? Yuk buruan langsung cek aja di Ruparupa.com.