6 Kesalahan Memilih Brankas yang Bikin Cepat Rusak

0
3910
kesalahan memilih brankas

Memang, brankas jadi tempat penyimpanan yang paling aman untuk menyimpan barang berharga di rumah, mulai dari uang hingga surat tanah. Meskipun demikian, masih banyak orang yang menerapkan kesalahan dalam memilih brankas sehingga penggunaannya tidak maksimal.

Yap! Sebelum membelinya, kita perlu mempertimbangkan berbagai hal penting dahulu, seperti bahan hingga sistem penguncian. Soalnya, brankas merupakan investasi jangka panjang untuk perlengkapan keamanan.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Memilih Brankas?

Nah, kami sudah merangkum beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari jika ingin memilih brankas yang tepat. Yuk, simak!

1. Tidak Mempertimbangkan Kebutuhan

Apakah kamu sudah menentukan jenis barang yang ingin disimpan di dalam brankas? Misalnya, sertifikat rumah, dokumen kelahiran seperti akta, emas batangan, perhiasan, uang tunai, atau koleksi barang antik.

Jika kamu tidak memikirkan kebutuhan dasarnya, bisa-bisa malah membeli brankas yang kekecilan atau bahkan kebesaran. Misalnya, jika ingin menyimpan uang tunai saja maka kamu gunakan cash box, sedangkan untuk dokumen serta emas batangan bisa di jenis brankas yang tahan api, seperti di bawah ini.

kesalahan memilih brankas
Krisbow Brankas Tahan Api 49.6 X 39 X 35.4 Cm

Beli di sini

2. Tidak Mempertimbangkan Kualitas

Tentu, kualitas dari brankas sangatlah penting. Pastikan kamu memilih brankas yang dilapisi dengan material bagus, seperti baja dan logam kokoh yang tahan terhadap api ataupun air.

Jadinya, bila terjadi bencana, seperti banjir atau kebakaran, brankas pun bisa tetap berfungsi dengan baik. Soalnya, jika air dan api masuk ke dalam brankas, hal tersebut bisa merusak barang yang ada di dalam serta membuat bahannya jadi berkarat.

kesalahan memilih brankas
Pilih brankas yang bahannya besi kokoh agar tahan terhadap bencana

3. Tidak Memperhatikan Sistem Penguncian

Setiap brankas tentunya memiliki sistem penguncian yang cukup beragam, seperti keypad digital, manual, atau bahkan keduanya. Mengingat brankas merupakan salah satu barang yang tak selalu kita buka, maka bisa saja kita lupa letak kunci ataupun kata sandinya.

Tidak jarang pula, fitur penguncian canggih yang menggunakan keypad numerik akan mengalami error, terutama ketika terlalu lama tidak digunakan. Solusinya, kamu bisa menggunakan brankas tipe kunci ganda yang lebih aman di saat darurat, seperti berikut ini.

4. Ukuran yang Tidak Sesuai

Pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pilih brankas dengan ukuran 20 cm untuk menyimpan perhiasan kecil. Namun, pilih yang ukurannya 45-60 cm jika kamu ingin meletakkan seluruh barang berharga sekaligus.

Soalnya, jika kamu memilih brankas portabel yang kecil untuk menyimpan banyak barang hingga sulit untuk ditutup, kunci pengaitnya bisa rusak akibat tekanan yang terlalu besar.

5. Tidak Memperhatikan Lokasi Penyimpanan

Cari lokasi penempatan brankas yang mampu menopang bebannya. Apalagi, bobot tempat penyimpanan ini bisa mencapai 30kg.

Jika kamu berencana meletakkannya di rak yang tinggi, maka pertimbangkan juga cara mengambilnya agar tidak jatuh atau terbanting. Bila kamu memiliki anak kecil di rumah, pilih tempat yang sulit dijangkau agar mereka tidak bermain dengan tombol-tombol brankas.

Soalnya, setiap brankas memiliki batas maksimal kesalahan memasukkan kode. Jadi, lebih baik diletakkan di lokasi yang benar daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ‘kan?

kesalahan memilih brankas
Lemari bisa menjadi tempat terbaik untuk menyimpan brankas

7. Tidak Mempertimbangkan Fleksibilitas

Semakin berat bobot brankas, tentunya akan semakin sulit untuk kita pindahkan lokasinya. Memang, cara ini bisa meminimalisir kemungkinan pencuri membawanya kabur ke tempat lain, tetapi kamu juga perlu memastikan fleksibilitasnya.

Bila kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk pindah ke beberapa kota dalam waktu dekat, sebaiknya pertimbangkan jenis brankas portabel yang jauh lebih ringan dan mudah di bawa.

Soalnya, brankas besi yang berat bisa cepat rusak jika dibawa kemana-mana karena risiko jatuhnya pun besar.

Rekomendasi Brankas Terbaik

Jadi, kamu sudah waspada terhadap beberapa kesalahan yang perlu dihindari untuk membeli brankas, bukan? Maka dari itu, kami ingin membagikan beberapa rekomendasi brankas terbaik yang bisa didapatkan, seperti berikut ini.

1. Brankas Krisbow Portabel

Kotak brankas portabel rilisan Krisbow memiliki desain simpel dengan jumlah partisi yang banyak. Kotak penyimpanan ini dilengkapi dengan fitur kunci pengaman manual serta ada kunci cadangan khusus.

Baca Juga:   7 Tempat Terbaik Menyimpan Barang Berharga di Rumah

Kamu bisa memanfaatkan brankas portabel ini sebagai tempat penyimanan uang ataupun dokumen penting yang bisa dibawa kemana-mana.

kesalahan memilih brankas
Krisbow 20 Cm Cash Box – Putih

Beli di sini

2. Brankas Krisbow Digital

Brankas mini persembahan dari Krisbow menjamin keamanan barang yang berada di dalamnya. Konstruksi lapisan material besi solid dari brankas ini mampu tahan terhadap api selama satu jam.

Tidak hanya memiliki metode penguncian digital, brankas ini juga dilengkapi dengan kunci darurat sehingga tidak perlu diragukan lagi sistem keamanannya. Berikut rekomendasi brankas digital yang bisa kamu miliki.

Krisbow Brankas Tahan Api 38.8x48x34.4 Cm

Beli di sini

kesalahan memilih brankas
Sentry Safe Brankas Tahan Api & Air Dengan Kunci Tubular – Hitam

Beli di sini

3. Brankas Klaz Layar Sentuh

Brankas eksklusif dan modern rilisan dari Klaz terbuat dari material steel berkualitas tinggi dan mampu tahan di suhu yang lembab sekalipun. Tidak hanya itu, brankas ini juga sudah mengusung teknologi layar sentuh, finger print, serta sistem auto locking, yang aman sebagai pengunci utama.

kesalahan memilih brankas
Klaz 45x38x23 Cm Brankas Layar Sentuh – Hitam

Beli di sini

Brankas Lucell Tahan Api

Lucell merupakan brand terpercaya dari Korea yang menawarkan koleksi brankas modern dan minimalis. Meskipun demikian, mereka juga menghadirkan sistem keamanan yang canggih.

Pertama, brankas ini memiliki sensor sidik jari beserta kombinasi angka untuk penguncian ganda. Kemudian, ada sistem kamera keamanan pada sisi depan dan juga sensor alarm yang akan berbunyi jika ada guncangan. Jadinya, kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan barang penting di dalamnya.

kesalahan memilih brankas
Lucell Brankas Tahan Api Lu-3000 – Hitam

Beli di sini

kesalahan memilih brankas
Lucell Brankas Tahan Api Lu-3000 – Merah

Beli di sini

Nah, itu dia rekomendasi brankas terbaik dari ruparupa.com yang dapat kamu pertimbangkan untuk menjaga keamanan barang-barang penting di rumah.

Dapatkan potongan harga untuk pembelian brankas yang tahan api dan air dengan KLIK DI SINI.

Situs belanja ruparupa.com juga menyediakan berbagai perabotan rumah tangga yang lengkap lho, mulai dari set tempat tidur, sofa, hingga perlengkapan kantor yang berasal dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.