5 Kesalahan Memilih Brankas yang Bikin Cepat Rusak

0
104

Meski jarang orang menggunakan brankas, tetapi benda satu ini merupakan tempat yang paling  aman untuk menyimpan barang berharga di rumah, loh. Selain lebih terjaga, brankas juga dapat membantu melindungi barang berharga dari bencana, seperti kebakaran ataupun banjir. Untuk itulah, kesalahan memilih brankas harus kita minimalisir agar barang tetap tersimpan dengan baik.

Ini Dia Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Memilih Brankas

Tingkat keamanan brankas memang tidak perlu Anda ragukan lagi. Berbagai barang berharga, seperti uang, perhiasan, bahkan logam mulia bisa Anda simpan di dalam rumah. Tidak heran bila ukuran brankas cukup beragam sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan tempat penyimpanan di rumah.

Sayangnya, dibalik semua kelebihan yang ditawarkan, tentu saja brankas juga memiliki sejumlah kelemahan yang jarang disadari oleh pembeli. Untuk itulah, jangan sampai salah memilih brankas, seperti berikut ini.

1. Tidak mempertimbangkan kualitas

Hal paling penting dalam memilih brankas adalah kualitas dari brankas tersebut. Walau berfungsi untuk melindungi benda penting, tetapi bukan berarti tidak ada brankas berkualitas buruk. Pastikan Anda memilih brankas yang dilapisi dengan material bagus, seperti ketahanan akan api maupun air.

Jadinya, bila terjadi bencana, seperti banjir di rumah Anda, brankas pun tidak akan terkena air. Jika air masuk ke dalam brankas, tidak hanya merusak benda berharga di dalamnya, tetapi juga jadi mudah berkarat. Jika permasalahan ini tidak segera diatasi, maka bisa-bisa justru merusak sistem penguncian dari brankas tersebut.

2. Tidak memperhatikan sistem penguncian

Setiap brankas tentunya memiliki tipe kunci yang cukup beragam, seperti keypad digital, manual, atau bahkan keduanya. Nah, mengingat brankas merupakan salah satu barang yang tak selalu kita buka, maka bisa saja Anda kelupaan peletakan kunci ataupun password yang Anda miliki. Tidak jarang pula, mesin elektronik seperti keypad numerik akan mengalami error, terutama ketika terlalu lama tidak digunakan. Solusinya, Anda bisa menggunakan tipe kunci ganda ataupun dial yang jauh lebih aman di saat-saat darurat.

3. Ukuran dan lokasi yang tidak sesuai

Pastikan Anda memilih varian ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertama, buat daftar  barang yang akan Anda simpan di dalam brankas. Kemudian, cari lokasi penempatan brankas, yang mampu menopang kapasitas beban dari brankas.Apalagi, bobot tempat penyimpanan ini bisa mencapai 30kg.

Baca Juga:   Mengapa LuCell LU-2000 Layak Menjadi Brankas Pilihan?

Nah, jika Anda berencana meletakkannya di atas rak yang tinggi, maka Anda harus mempertimbangkan cara mengambilnya.  Jangan sampai brankas terjatuh atau terbanting. Bisa-bisa ini justru merusak fisik brankas beserta isi di dalamnya juga, terutama untuk tipe brankas digital.

Selain itu, bila Anda memiliki anak kecil di rumah, tak menutup kemungkinan mereka akan bermain dengan tombol-tombol brankas. Apalagi, setiap brankas memiliki batas maksimal kesalahan memasukkan kode. Kalau sudah begini, Anda membutuhkan kunci manual untuk membukanya. Wah, tentunya ini akan sangat memusingkan, bukan?

4. Daya tampung yang tidak sesuai

Meskipun terkesan sepele, tetapi kapasitas dan kualitas setiap brankas berbeda-beda. Jika Anda tidak memilih ukuran daya tampung yang sesuai, maka fungsi keamanannya pun bisa saja luntur.

Misalnya, ketika Anda memilih menggunakan brankas portabel untuk menyimpan barang sampai memaksa proses penutupan di brankas. Jika dilakukan secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan kunci pengait bisa rusak akibat tekanan yang terlalu besar. Untuk itu, pastikan Anda memilih ukuran yang sesuai, ya! Bila membutuhkan banyak tempat penyimpana, gunakan ukuran brankas yang lebih besar.

5. Tidak Memperhatikan Lokasi Penyimpanan

Semakin berat brankas, tentunya akan semakin sulit untuk memindahkannya ke mana pun. Memang cara ini bisa membantu mengurangi kemungkinan pencuri membawanya kabur ke tempat lain, tetapi Anda juga perlu memastikan kegunaan dari brankas yang digunakan.

Bila Anda berencana untuk rutin mengganti posisi perabotan di dalam rumah ataupun sering melakukan pemindahan antar kota, maka sebaiknya pertimbangkan jenis brankas portabel, yang jauh lebih ringan dan mudah di bawa. Pasalnya, bila terlalu sering berpindah dan terbanting karena bobotnya yang berat, tentu saja brankas jadi lebih cepat rusak.

Nah, itu dia kesalahan memilih brankas yang harus Anda hindari. Agar hal seperti ini tidak terjadi, Anda bisa membeli brankas berkualitas dengan kemampuan tingkat keamanan terbaik hanya di Ruparupa.com. Jangan sampai Anda memilih brankas sembarangan untuk melindungi benda yang Anda sayangi.

Baca Juga:   LuCell, Interior Design Safe

Berikut beberapa rekomendasi brankas yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di Ruparupa.com.

Brankas Krisbow Portabel

memilih brankas portabel

Beli di sini

Kotak brankas portabel rilisan Krisbow ini memiliki desain simpel dengan jumlah partisi yang banyak. Kotak penyimpanan ini dilengkapi dengan fitur kunci pengaman manual, serta ada kunci cadangan khusus. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan brankas portabel ini sebagai tempat penyimanan uang ataupun dokumen penting.

Brankas Krisbow Digital

memilih brankas digital

Dapatkan di sini

Brankas mini persembahan dari Krisbow ini menjamin keamanan barang yang berada di dalamnya. Konstruksi lapisan material besi solid dari brankas ini mampu tahan terhadap api selama satu jam. Tidak hanya memiliki metode penguncian digital, brankas ini juga dilengkapi dengan kunci darurat yang jauh lebih aman.

Brankas Klaz Layar Sentuh

memilih brankas layar sentuh

Beli di sini

Brankas eksklusif dan modern rilisan dari Klaz terbuat dari material steel berkualitas tinggi, yang mampu tahan di suhu yang lembab sekalipun. Tidak hanya itu, brankas ini juga dilengkapi dengan kecanggihan sistem layar sentuh, finger print, serta sistem auto locking, yang aman sebagai pengunci utama.

Brankas Lucell Tahan Api

brankas modern

Beli di sini

Brand terpercaya dari Korea ini memiliki fitur modern untuk menjaga tampilan fisik punya level keamanan yang baik. Pertama, brankas ini memiliki sensor sidik jari beserta kombinasi angka untuk penguncian ganda. Kemudian, dilengkapi dengan sistem kamera keamanan pada sisi depan. Brankas ini juga memiliki sensor alarm, yang akan berbunyi saat adanya guncangan. Jadinya, Anda tidak perlu khawatir lagi keamanan barang penting di dalamnya.

Nah, itu dia rekomendasi brankas yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjaga keamanan barang penting di rumah. Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com dan dapatkan berbagai pilihan model brankas terlengkap hanya di sini. Selamat berbelanja!