4 Tips Memilih Lemari Penyimpanan Dokumen Berharga Untuk Perusahaan

0
296
lemari penyimpanan
Promo payday

Keberadaan lemari penyimpanan atau pengarsipan dokumen bagi suatu perusahaan adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Dokumen perusahaan rata-rata adalah dokumen penting yang harus disimpan di tempat yang aman dan tidak sembarang orang bisa mengaksesnya. Lemari penyimpanan dokumen dikatakan penting karena dokumen-dokumen tersebut akan disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama sesuai dengan standar operasional prosedur masing-masing perusahaan.

4 Tips Memilih Lemari Penyimpanan Dokumen

Artikel ini akan membahas tips memilih lemari penyimpanan dokumen yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang memilih lemari untuk menyimpan dokumen di perusahaan Anda. Silakan simak artikelnya hingga selesai.

1. Besarnya Lemari Penyimpanan Disesuaikan Dengan Ruangan

Thomas Kabinet Sepatu 4 Tingkat & 1 Pintu

Tips pertama sebelum Anda membeli lemari penyimpanan untuk mengarsipkan dokumen perusahaan adalah dengan melakukan pengukuran terhadap ruangan tempat di mana lemari tersebut akan diletakkan. Pengukuran ruangan yang tepat dan presisi akan menentukan Langkah selanjutnya yaitu memperhitungkan besar lemari yang akan Anda beli untuk disimpan di ruangan tersebut.

Tanpa adanya spesifikasi ruangan, Anda akan kebingungan menentukan lemari dengan ukuran seperti apa yang cocok untuk mengisi ruangan tersebut. Jadi, tips pertama ini penting ya untuk dilakukan.

2. Memilih Material Lemari yang Awet dan Aman

Mile Kabinet Sepatu – Oak

Pemilihan material lemari yang akan digunakan untuk mengarsipkan dokumen penting perusahaan juga merupakan hal yang krusial. Anda harus memilih material lemari yang dapat digunakan hingga bertahun-tahun lamanya, serta aman dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan sehingga dokumen perusahaan akan tetap terselamatkan ketika ada kejadian di luar dugaan seperti kebakaran atau gempa bumi.

Beberapa rekomendasi material terbaik untuk lemari penyimpanan dokumen adalah besi, particle board dan kayu. Kelebihan dan keutamaan dari lemari dengan material besi adalah keawetan dan kekuatannya yang sudah teruji. Besi yang terbuat dari bahan metal terkenal kuat untuk menahan beban yang cukup berat sehingga cocok untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen berupa file yang cukup berat.

Material lemari penyimpanan yang terbuat dari besi juga tahan dari kobaran api ketika hal yang tidak diinginkan misalkan kebakaran terjadi. Lemari besi memangcenderung terlihat monoton, namun juka Anda lebih memikirkan safety daripada penampilan luar maka lemari ini sangat cocok untuk menjadi pilihan.

Kemudian adalah lemari dengan material kayu. Lemari kayu juga merupakan lemari yang cukup awet dan tahan lama, disamping itu memiliki kelebihan utama yaitu desainnya yang elegan dan terkesan mewah. Namun, lemari kayu ini biasanya memiliki spesifikasi berat yang lebih berat dibandingkan dengan lemari besi dan memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Terakhir adalah lemari bermaterial particle board. Lemari dengan material ini disebut-sebut memiliki harga yang paling murah dibandingkan dengan lemari material yang lain. Kelebihan dari lemari yang menggunakan material particle board adalah bobotnya yang ringan serta desainnya yang variatif.

3. Memilih Tipe Lemari yang Sesuai

Mile Kabinet Sepatu – Cokelat Tua

Tipe lemari dokumen harus disesuaikan dengan kebutuhan sehingga saat Anda menggunakannya, Anda akan menemukan kemudahan dalam mencari dan mengambil dokumen tersebut.

Beberapa tipe lemari penyimpanan dokumen yang dapat menjadi pilihan untuk mengarsip dokumen adalah rak dan laci. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

4. Memilih Lemari Dengan Sistem Keamanan Terbaik

Mile Kabinet Sepatu – Walnut

Karena Anda akan menggunakan lemari ini sebagai tempat mengarsip dokumen penting, sistem keamanan yang diberikan oleh lemari penyimpanan haruslah dipikirkan. Perhatikan jenis kunci yang digunakan pada lemari penyimpanan dokumen berharga Anda.

Sebaiknya, lemari memiliki kunci ganda yang disimpan oleh dua orang yang berbeda dan disimpan di tempat yang aman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik lagi jika lemari penyimpanan dokumen penting perusahaan memiliki sistem password yang hanya dapat dibuka oleh beberapa orang yang berwenang dan bertanggung jawab atas penyimpanan dokumen tersebut.

Tips lainnya adalah sebaiknya ruangan yang digunakan untuk tempat mengarsip dokumen penting perusahaan juga memiliki kunci yang hanya dapat diakses oleh beberapa orang yang dipercaya saja. Hal ini untuk menghindari masuknya orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan menghindari adanya kehilangan dokumen penting dari perusahaan.

Anda dapat memilih dan membeli produk lemari penyimpanan dokumen untuk mengarsip dokumen perusahaan di ruparupa.com. Ruparupa menawarkan berbagai macam pilihan lemari penyimpanan dokumen sehingga Anda dapat memilih dengan bebas lemari yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan.

Di ruparupa, harga yang ditawarkan pun beragam sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan. Anda juga tidakperlu khawatir dengan kualitas produk yang teredia di ruparupa. Semua produk yang dijual di sana merupakan produk berkualitas tinggi dan terpercaya.

Tunggu apalagi? Silakan mampir ke website ruparupa.com dan temukan lemari penyimpanan dokumen pilihan Anda!