Penggunaan karpet dalam ruangan kadang menjadi pilihan terbaik untuk memberikan suasana yang nyaman bagi pengunjung. Fungsi karpet bermacam-macam, mulai dari penambah estetika, meredam suara, memberikan pengamanan ekstra, atau sebagai alas duduk dan bermain bersama keluarga.

Nyamannya karpet tentunya harus diiringi dengan kualitas kebersihannya. Karpet yang tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik justru bisa jadi sarang kuman penyakit. Perawatan karpet memang memerlukan penanganan khusus, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan sendiri ya.

Berikut tahapan cara membersihkan karpet yang bisa dilakukan di rumah:

tips membersihkan karpet1. Bersihkan karpet secara berkala

Bersihkan karpet secara berkala menggunakan sikat atau sarung tangan karet. Terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan yang bebas berkeliaran di dalam rumah. Lakukan pembersihan setiap hari. Jika anda tidak memiliki, Anda bisa memanfaatkan sikat dan sarung tangan karet, karena kedua benda ini dapat mengangkat bulu dan rambut dengan mudah, serta mengumpulkan kotoran lainnya.

tips membersihkan karpet2. Gunakan Vacuum Cleaner

Ini adalah cara mudah untuk membersihkan karpet. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet setiap hari, di malam atau pagi hari. Pembersihan harian bisa mengurangi penyebaran penyakit dan memudarnya warna karpet akibat kotoran yang menempel. Gunakan Vacuum Cleaner terbaik untuk membersihkan karpet Anda.

3. Cuci dengan High Pressure Cleaner

tips membersihkan karpetAnda juga bisa mencuci sendiri karpet kesayangan Anda. Gunakan High Pressure Cleaner untuk mencuci karpet. Dengan tekanan udara yang tinggi, maka kotoran akan terlepas dari karpet. Agar lebih maksimal, gantungkan karpet pada jemuran, dan mulai semprot dengan High Pressure Cleaner. Gunakan semprotan yang fokus pada 1 titik dan sikat dengan sikat halus untuk membersihkan noda membandel.

tips membersihkan karpet4. Jangan menggosok noda

Jika tanpa sengaja menumpahkan cairan, hindari menggosok noda pada karpet, karena akan membuat noda semakin luas. Gunakan kain untuk menyerap kotoran dengan cara ditekan-tekan. Atau jika Anda memiliki steamer, arahkan uap panas pada noda, lalu tekan dengan kain bersih. Tapi cara membersihkan karpet yang satu ini hanya untuk noda yang baru ya.

Selain keempat cara diatas, Anda tentunya harus menjaga kebersihan karpet. Misalnya dengan tidak menginjak karpet saat menggunakan alas kaki atau tidak meletakkan karpet di dekat pintu masuk ataupun rak sepatu. Meskipun sedikit lebih rumit, namun usaha untuk menjaga kebersihan karpet akan sesuai dengan keamanan dan kenyamanan yang diberikan.

Cek juga koleksi karpet berkualitas dengan aneka ukuran dan motif dari Ruparupa.com ya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here