Pisau merupakan salah satu peralatan yang paling sering digunakan dalam kegiatan memasak di dapur. Dari ragam jenis pisau yang begitu banyak, tentunya perbedaan bentuk dan ukuran akan mengikuti kepada perbedaan fungsi dan kegunaannya. Mulai dari pisau untuk memotong daging, mengiris sayur-sayuran, memotong roti, hingga mengupas buah. Tentunya pemilihan pisau yang tepat akan mendukung proses pemotongan makanan menjadi sempurna. Sebagai salah satu peralatan dapur yang sering dipakai, sebaiknya Anda memilih pisau dapur yang berkualitas. Akan tetapi, memiliki pisau dapur terbaik tidak menjamin ketahanan kualitasnya jika tidak diiringi dengan perawatan yang benar. Lalu bagaimana cara merawat pisau dapur dengan tepat?

Berikut cara merawat pisau dapur yang tepat agar pisau dapur tajam Anda kualitasnya bertahan lebih lama:

1. Bersihkan pisau dengan tepat

Setiap Anda selesai menggunakan pisau, cuci dan bersihkan setiap sisi pisau dengan sabun pencuci piring, kemudian keringkan dengan kain lap. Hindari penggunaan dishwasher agar pisau Anda tidak cepat rusak. Jika pisau dapur terkena noda yang menempel, gosok dengan minyak sayur. Untuk menghilangkan bau tidak sedap atau amis pada pisau, oleskan pasta gigi. Untuk menghilangkan getah sayuran, oleskan minyak goreng pada pisau, diamkan beberapa saat agar minyak meresap pada getah, lalu cuci dengan menggunakan sabun dan bilas.

2. Simpan pisau di tempat yang kering

Setelah Anda mencuci pisau yang telah digunakan, jangan lupa untuk kembali menyimpan pisau di tempat yang kering dan bebas dari lembab agar tidak cepat berkarat. Sebaiknya sediakan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan pisau sesuai dengan jenis dan kegunaannya.

3. Asah secara rutin   

Pisau perlu diasah untuk menjaga ketajamannya. Seberapa sering pisau harus diasah tergantung pada seringnya pisau digunakan dan jenis pisau. Semakin sering digunakan, maka pisau harus semakin sering diasah. Berdasarkan jenisnya, pisau daging perlu diasah lebih sering dibanding pisau yang digunakan untuk memotong sayur atau buah. Jangan mengasah pisau dengan sembarang pengasah atau permukaan lain karena dapat merusak tekstur mata pisau, sebaiknya gunakan pengasah pisau khusus untuk menjaga pisau dapur tajam selalu.

Jika pisau dapur tidak dirawat dengan baik, maka gagang pisau menjadi rusak, mata pisaunya tumpul, pisau menjadi karatan dan bahkan memiliki bau yang tidak sedap.

Salah satu produk pisau terbaik adalah Scanpan Knives. Scanpan adalah brand dari Denmark yang hadir dengan beragam produk peralatan masak. Scanpan Knives adalah salah satu produk pisau unggulannya yang terbuat dari stainless steel yang mudah dibersihkan. Mata pisaunya tebal dan kuat untuk memotong aneka bahan masakan dengan sempurna, bahkan dengan gerakan yang cepat sekalipun. Scanpan Knives memiliki gagang yang kuat namun nyaman dalam genggaman Anda.

Koleksi pisau  terdiri dari beragam seri untuk beragam kebutuhan dan kegunaan. Scanpan Knives Classic dengan perpaduan warna hitam dan stainless steel untuk kebutuhan profesional, dan ada juga Scanpan Knives Spectrum dengan aneka pilihan warna. Keduanya bisa menjadi pilihan Anda untuk menjadikan kegiatan masak-memasak menjadi lebih mudah.

Temukan beragam produk pisau dapur Scanpan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selamat merawat pisau dapur Anda ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here